SKENARIO PEMBELAJARAN
Tema : 3. Tugasku Sehari-hari
Subtema : 3. Tugasku Sebagai Umat Beragama
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar |
Materi |
PPKn |
Keberagaman agama |
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di |
|
sekolah |
|
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di |
|
sekolah |
|
Bahasa Indonesia |
Huruf kapital pada awal kalimat dan |
3.6 Mencermati penggunaan huruf kapital serta tanda titik dan tanda |
nama agama. |
tanya dalam kalimat yang benar |
|
4.6 Menulis teks dengan menggunakan huruf kapital serta tanda titik dan |
|
tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar |
|
Matematika |
Kesetaraan pecahan mata uang |
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang |
|
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai |
|
kesetaraan pecahan mata uang |
|
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menuliskan keberagaman berdasarkan agamanya di kelas, menuliskan kalimat dengan huruf kapital pada kalimat, serta dapat menjelaskan kesetaraan pecahan mata uang dengan benar.
Alat/Media
Whatsapp group (WAG) antara guru, orangtua, dan siswa.
Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka.
Bahan/Materi
Video Cerita tentang Budaya Gotong Royong
Penilaian
(1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja
1
Anak-anak sudah siap belajar? Anak-anak kemarin kita sudah belajar tentang budaya kerukunan beragama dan salamnya. Hari ini kita akan belajar tentang budaya gotong royong antar umat beragama. Dari cerita ini kita akan belajar tentang keberagaman agama yang ada di sekolah, kemudian kita juga akan belajar penggunaan huruf kapital pada kalimat, serta belajar lagi tentang kesetaraan pecahan mata uang. Mari kita awali dengan mencuci tangan kemudian membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.
Kegiatan 1
Anak-anak, kemarin kita sudah belajar tentang budaya kerukunan beragama. Hari ini kita akan melihat budaya gotong royong. Banyak sekali budaya-budaya di Indonesia yang harus kita lestarikan ya. Pernahkan anak-anak melakukan gotong royong?
Mari kita lihat contoh kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh Siti dan teman-teman. https://youtu.be/CKE5zj30UZY
Setelah melihat video tadi, jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apakah yang dimaksud dengan gotong royong?
________________________________________
2. Tuliskan contoh kegiatan gotong royong yang pernah kalian lihat atau lakukan! _____________
3. Ceritakan kembali cerita Siti bekerja bakti dengan
T bahasa sendiri! Jangan lupa perhatikan penulisan huruf kapital dan tanda baca yang benar!
________________________________________
________________________________________
4. Sebutkan agama kalian pada WA grup kelas. Catat hasil pengamatan tentang keberagaman agama di kelas kalian pada tabel berikut ini!
Agama Jumlah
5. Jelaskan sikap kalian terhadap teman yang berbeda agama! ___________________________
Kegiatan 2
Anak-anak, pada video tadi kita juga melihat Siti dan Dayu yang melakukan permainan tukar uang.
Dayu dan Siti menukar pecahan uang dengan pecahan lain dengan jumlah yang sama. Anak-anak juga bisa menukarkan pecahan uang dengan pecahan lain dengan menjawab soal-soal di bawah ini!
1. Siti mempunyai dua lembar uang dua ribuan. Siti ingin menukarkan uangnya dengan uang logam
lima ratusan. Berapa keping uang lima ratusan yang di dapat oleh Siti? ____________________
2. Dayu mempunyai uang Rp5.000,00. Dayu ingin menukarnya dengan pecahan seribuan. Berapa uang seribuan yang Dayu dapatkan? __________
· Bagi siswa yang tidak menggunakan smartphone simpan dulu tugasnya,nanti tunjukkan ke Bapak/Ibu guru kalau sudah masuk sekolah kembali.
2
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN 1 Dadiharja
NIP. 19610827 198109 1 001 |
Dadiharja, 14 Oktober 2020 Guru Kelas
YULIA NURAZIZAH, S.Pd
|
Download File Wordnya Disini
RPP Kelas 1 Download Disini
No comments:
Post a Comment