BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan profesional seorang guru, diperlukan pendidikan, pengetahuan, keterampilan dan latihan secara sistematis sehingga diperlukan suatu pengalaman khusus serta keterlibatan berbagai pihak yang berwenang.
Program studi PG-PAUD di STKIP Sebelas April Sumedang adalah salah satu wadah yang berperan untuk menyiapkan calon-calon pendidik anak usia dini yang professional dan berkualitas, sehingga dperlukan suatu pengelolaan khusus agar mencapai tujuan yang diinginkan. Sala satunya adalah dengan melaksanakan kegiatan Praktek pengalaman lapangan Kependidikan ini.
Praktek Pengalaman Lapangan kependidikan bagi mahasiswa S-1 PAUD ini adalah sebuah usaha menumbuh kembangkan serta membina kemampuan dasar untuk menjalankan tugas keprofesionalannya sebagai guru. Melalui program PPLK ini, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung mengenai berbagai pengelolaan administrasi kelas dan yang berkenaan dengan interaksi belajar mengajar sesuai dengan ketentuan dari sekolah yang bersangkutan.
1.2. LANDASAN KEGIATAN PPLK
Kegiatan PPLK ini dilaksanakan dengan beberapa alasan, adalah :
1. Untuk membentuk keterampilan seorang guru, diperlukan berbagai pelatihan khusus melalui praktek pengalaman langsung ini.
2. Untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di STKIP Sebelas April Sumedang.
1.3. TUJUAN PPLK
Dengan mengikuti program PPLK ini, diharapkan :
1. Mahasiswa dapat menyusun rencana program pengajaran dan alat evaluasi yang relevan dalam proses belajar mengajar.
2. Mampu mengelola kelas dalam proses belajar mengajar serta semua faktor atau komponen sebagai suatu sistem.
3. Mampu menyampaikan dan menyajikan materi dengan baik, yaitu mampu menguasai materi dengan menerapkan metode dan media sesuai dengan kondisi kelas.
4. Mampu melaksanakan tes dan evaluasi dengan baik.
5. Mampu membuat dan melaksanakan program bimbingan yang diperlukan bagi siswa.
6. Mampu menemukan dan memupuk aspek-aspek dan kepribadian yang positif, seperti :
- Mampu untuk mempercayai diri sendiri
- Mampu bekomunikasi dengan baik. Berkomunikasi dengan semua pihak yang terlibat.
1.4. PROSEDUR PELAKSANAAN PPLK
Kegiatan PPLK ini dilaksanakan di RA An-Nuur yang beralamat di dusun Buni Hilir, Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis. Sebelum menjalani kegiatan PPLK ini, mahasiswa mengawalinya dengan melakukan observasi terlebih dahulu yang dilaksanakan pada tangga 1-3 Agustus 2018.
Tujuan dilaksanakannya observasi ini adalah untuk mengetahui medan yang akan dihadapi, yaitu bagaimana keadaan lembaga RA An-Nuur tersebut, bagaimana akses jalan menuju lokasi dan bagaimana program-program yang dipakai di lembaga tersebut. Sehingga mahasiswa dapat merencanakan semua kegiatan PPLK ini sesuai dengan aturan-aturan yang diberlakukan di lembaga tersebut.
Adapun rencana program pengajaran yang disusun oleh mahasiswa dalam menjalankan kegiatan PPLK ini antara lain :
1. Penyusunan RPPH
2. Konsultasi RPPH
3. Pembuatan media pembelajaran
4. Pembuatan instrument penilalian
5. Mengajar di kelas
6. Penilaian harian
Mahasiswa bertugas mengajar di kelas menjadi guru utama sebanyak 6 kali pertemuan. Selalin itu, mahasiswa juga bertugas menjadi guru pendamping dalam pembelajaran ketika mahasiswa lain bertugas menjadi guru utama.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PROFIL RA AN-NUUR
2.1.1 Identitas Sekolah
Nama RA : RA An-nuur
Alamat RA : Jln. Saninten RT. 03 RW. 033, Dusun Buni Hilir,
Desa Situmandala, kecamatan Rancah, Kabupaten
Ciamis
Izin operasional : kd.10.07/02/pp.004/1246/2005
NPSN : 69736358
NSS : 101232070227
Visi : Bersama RA An-nuur menjadikan anak didik kami yang beriman, bertaqwa, cerdas, berbudi luhur, dan berperilaku sopan, disiplin dan mandiri juga berkualitas dan berkeprbadian yang tangguh.
Misi :
- Menciptakan budaya sekolah dengan salam, sapa, senyum dan santun pada diri siswa dan semua komponen sekolah
- Menciptakan lingkungan sekolah yang penuh dengan keakraban dan kekeluargaan
- Melatih anak untuk mandiri
- Memfasilitasi metode pembelajaran yang menyenangkan
2.1.2 Struktur Organisasi
KETUA YAYASAN : ASEP M ALI NURDIN S.Pd
KEPALA : SITI NURASIAH
EKERTARIS : NURHAYATI
BENDAHARA : DEDE TARDINAJAYA
GURU KEL A : SITI NURASIAH
GURU KEL B : NURHAYATI
GURU BIDANG : DEDE TARDINAJAYA
TU : DEDE TARDINAJAYA
2.1.3 Data guru
RA An-nuur memiliki 2 ruang kelas yang dikelola oleh 3 orang pendidik, terdiri dari Kepala sekolah dan 2 guru kelas. Namun di RA An-nuur tidak memiliki karyawan lain sehingga semua pekerjaan dilakukan oleh pendidik. Adapun data pendidik di RA An-nuur antara lain sebagai berikut
No. |
Nama pendidik |
L/P |
Guru Kelompok |
Lulusan |
1. |
Siti Nurasiah |
P |
Kepala Sekolah |
Sedang menempuh S1 |
2. |
Nurhayati |
P |
A |
|
3. |
Dede Tardinajaya |
L |
B |
SLTP |
2.1.4 Data anak
Adapun jumlah peserta didik di RA An-nuur ada 12 anak yang terbagi menjadi 2 rombongan belajar. Rombel A terdiri dari 4 anak, 3 putera dan 1 puteri. Rombel B terdiri dari 8 anak, 4 putra dan 4 putri.
No |
Nama Anak |
Tempat Tanggal Lahir |
Jenis Kelamin |
Kelompok |
1. |
Icha Sri Meilani |
Ciamis,18-05-2013 |
P |
A |
2. |
Adhitya A P |
Bandung,04-05-2013 |
L |
A |
3. |
Raissa Rachel A |
Ciamis,19-05-2013 |
P |
A |
4. |
Rieska Dwiyanti |
Ciamis,17-03-2013 |
P |
A |
5. |
Reno Tri Wahyudi |
Ciamis,09-12-2012 |
L |
B |
6. |
Raisya Nurpajri R |
Ciamis,04-02-2013 |
P |
B |
7. |
Rafa Darmawansyah |
Ciamis,06-07-2012 |
L |
B |
8. |
Rina Sri Yuningsih |
Ciamis,09-12-2012 |
P |
B |
9. |
Silvia Anggraeni |
Ciamis,03-06-2013 |
P |
B |
10. |
Tristan Nugraha |
Kuningan,16-06-2013 |
L |
B |
11. |
Nanang Nurahman |
Ciamis, 04-06-2013 |
L |
B |
12. |
Nisa Dwie Nugraha |
Ciamis,02-07-2013 |
P |
B |
2.1.5 Sarana dan prasarana
no |
Bangunan |
Jumlah |
keterangan |
1. |
Ruang kelas |
2 |
Baik |
2. |
Ruang guru |
1 |
Baik |
3. |
Toilet |
1 |
Kurang baik |
4. |
Halaman |
|
Baik (luas) |
a. Kondisi fisik RA An-nuur
RA An-nuur memiliki bangunan yang cukup baik. Terdiri dari ruang kelas yang digunkan untuk kegiatan pembelajaran, yaitu kelas untuk rombel A dan untuk rombel B, ruang guru dan toilet.
Adapun sarana belajar yang dimiliki RA An-nuur adalah meja dan kursi, papan tulis, buku-buku majalah anak, serta beberapa jenis APE yang masih dalam keadaan baik. Hal itu dikarenakan setiap mendapatkan Bantuan Operasional RA dari pemerintah, sebagian besar selalu digunakan untuk memenuhi serta memperbaharui sarana belajar anak di kelas. Selain sarana belajar diatas, RA An-nuur juga memiliki beberapa barang-barang yang digunakan untuk keperluan berjalannya kegiatan belajar mengajar, diantaranya : lemari untuk menyimpan barang-barang, jam dinding, dan alat-alat kebersihan.
b. Administrasi
Administrasi merupakan hal yang penting di RA An-nuur ini, karena RA sudah termasuk sekolah formal di bawah naungan kementrian agama sehingga selalu dituntut untuk memenuhi berbagai pendataan sebagai bukti tertulis dari proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan. Namun karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM) di RA AN-nuur ini, kegiatan administrasi (seperti RPPM, RPPH, penilaian prestasi siswa, data siswa, kepegawaian, administrasi keuangan dll.) belum terlaksana dengan maksimal. Maka, diharapkan dengan program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini akan dapat membantu dalam pengelolaan administrasi di RA An-nuur.
c. Alat permainan
Alat permainan yang dimiliki RA An-nuur diantaranya adalah alat permainan di luar kelas dan di dalam kelas. Adapun alat permainan di luar kelas, RA An-nuur hanya memiliki sebuah perosotan, sedangkan alat permainan yang ada di dalam kelas adalah alat peraga,angklung, puzzle, balok, congklak, bola kecil, leggo, dan lain-lain.
d. Kegiatan belajar mengajar RA An-nuur
Kegiatan pembelajaran di RA An-nuur dilaksanakan setiap hari senin – sabtu mulai jam 7.30 – 11.00 .
Dari hasil observasi yang mahasiswa lakukan, kegiatan belajar mengajar di RA An-nuur ini masih berpusat pada guru, dimana semua kegiatan belajar mengajar harus selalu mengikuti arahan dari guru. Padahal pada kurikulum yang dipakai saat ini, pembelajaran harus berpusat pada kebutuhan anak, dimana pembelajaran dapat dieksplor dari minat dan bakat anak yang berbeda-beda, dan guru hanya memfasilitasinya. Namun dengan alasan masih kurangnya media dan kesiapan ruang dan alat, pembelajaran yang diharapkan belum terealisasi dengan baik.
2.2.1 Dosen Pembimbing
2.3.1 Guru Pamong
Guru pamong dalam kegiatan PPLK di RA An-Nuur ini adalah Bapak DEDE TARDINAJAYA.
2.4.1 Masalah dan Penanggulangan selama proses PPLK
Dalam menjalankan kegiatan PPLK ini tentunya ada masalah-masalah yang dihadapi, baik itu di dalam proses pembelajaran maupun sarana dan prasarana di lembaga yang dirasa prnting untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.
Adapun masalah-masalah yang dihadapi, antara lain :
1. Kurangnya media pembelajaran di kelas untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar
2. Kurangnya penguasaan materi dan penguasaan kelas oleh guru kelas di lembaga RA An-nuur ini.
3. Kurangnya APE sebagai penunjang kegiatan anak di kelas.
Melalui kegiatan PPLK ini, mahasiswa merasa perlu untuk menemukan solusi-solusi dari permasalahan yang ditemukan di lembaga RA An-Nuur ini.
Adapun solusinya, antara lain :
1. Membuat berbagai media pembelajaran sebagai penunjang peoses kegiatan belajar mengajar (KBM)
2. Merubah metode pembelajaran di lembaga RA An-Nuur yang monoton menjadi lebih variatif
3. Menambah APE sehingga menumbuhkan semangat belajar anak melalui kegiatan bermain bersama teman-temannya.
BAB III
KEGIATAN PPLK
3.1 RPPM
Rencana program pelaksanaan pembelajaran mingguan disusun sebelum pelaksanaan kegiatan PPLK dimulai. RPPM disusun sesuai administrasi yang digunakan di lembaga RA An-Nuur tersebut. Penyusunan RPPM dilakukan bersama yang kemudian dikonsultasikan kepada kepala sekolah RA An-Nuur.
-RPPM terlampir.
3.2 RPPH
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dilskukan bersama dan dikonsultasikan kepada kepala sekolah RA An-Nuur.
RPPH dibuat satu hari sebelum kegiatan belajar mengajar di laksanakan.
- RPPH terlampir.
3.3 Kegiatan PPLK
Kegiatan yang dilakukan dalam program PPLK ini antara lain :
1. Kegiatan belajar mengajar di kelas
2. Posyndu
3. Kegiatan lomba memperingati HUT RI
4. Perpisahan PPLK
BAB IV
PENUTUP
4.1. KESIMPULAN
Kegiatan praktek penglaman lapangan dilakukan pada tanggal 6 agustus 2018 dan berakhir pada tanggal 4 September 2018. Kegiatan praktek pengalaman lapangan ini hanya berfokus pada kegiatan mengajar yang terlaksana selama 6x tatap muka untuk setiap mahasiswa secara bergantian antara kelompok A dan kelompok Bkegiatan belajar mengajar di RA An-nuur ini dilaksanakan setiap hari senin sampai hari sabtu. Kegiatan-kegiatan rutin yang dilakukan antara lain :
- Persiapan mengajar
Penyusunan RPPM dan RPPH, konsultasi RPPH, pembuatan media pembelajaran, pembuatan instrument penilaian
- Kegiatan pembiasaan
Kegiatan pembiasaan yang rutin dilakukan antara lain : upacara bendera, senam pagi, pendampingan iqro, hafalan juz ‘amma, hafalan Asma’ul husna,dll.
4.2.SARAN
1. Bagi sekolah
a. Bagi para pendidik dan pengelola RA An-nuur, untuk dapat terus berusaha meningkatkan mutu pendidikan RA An-nuur agar setiap peserta didik dapat berkembang sebagaimana mestinya.
b. Guru lebih memberi contoh disiplin yang baik pada anak dalam setiap tindakan.
c. Komunikasi antar kepala sekolah, guru dan pengelola lebih ditingkatkan.
d. Pembuatan media pembelajaran yang lebih menarik. Sehingga mampu menarik minat belajar anak.
2. Bagi orang tua/ wali murid
a. Bagi orang tua/ wali murid diharapkan dapat lebih bekerja sama dengan sekolah dalam menstimulasi perkembangan anak sejalan dengan tujuan pembelajaran RA An-nuur.
b. Orang tua lebih aktif dalam memahami perkembangan anak dan memantau setiap perkembangannya.
3. Bagi mahasiswa
a. Bagi TIM PPL PG-PAUD STKIP SEBELAS APRIL SUMEDANG 2018 untuk dapat lebih mengembangkan program-program pengajaran bagi setiap lembaga sekolah masing-masing. Sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
b. Mahasiswa lebih kreatif dan lebiih aktif dalam mengajar.
c. Mahasiswa lebih kompeten dalam menyusun kegiatan pembelajaran, sehingga dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang meyenangkan dan mampu mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri.
No comments:
Post a Comment