Thursday, September 21, 2023

NASKAH PIDATO TENTANG STUNTING

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb

 

Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji dan Syukur ke hadirat Allah SWT, atas ijinnya kita semua dapat bertemu berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat walafiat.

Sholawat beserta salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi Besar kita, Nabi Muhammad SAW.

Yang saya hormati :

-          Bapak Kepala Puskesmas Tambaksari

-          Kasubag TU

Tak lupa hadirin tamu undangan kader semua yang sama saya hormati dan saya banggakan, ada pepatah tak kenal maka tak sayang, pertama izinkan saya untuk memperkenalkan diri .

Nama saya         : Rini Purbasari

Saya perwakilan kader posyandu Desa Tambaksari pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit berbagi mengenai stunting

Apa itu stunting ?

Stunting selalu identik dikatakan pendek atau kerdil, stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan energi kronis dan infeksi berulang. Yang ditandai dengan berat badan dibawah standar, terutama di 1000 hari pertama kehidupan dari anak masih dalam kandungan sampai anak usia 2 tahun.

Sekarang saya akan membahas sedikit :

-          Apa penyebab stunting lalu ciri-ciri stunting dan bagaimana cara pencegahan stunting.

Yang pertama penyebab stunting, penyebab stunting diantaranya :

1.      Pola asuh yang kurang baik

2.      Kurangnya akses terhadap air bersih dan sanitasi

3.      Kurangnya akses terhadap makanan bergizi.

Ciri-ciri stunting :

1.      Tumbuh kembangnya yang lambat

2.      Wajah tampak lebih muda dari anak seusianya.

3.      Berat badan tidak naik bahkan cenderung menurun.

4.      Kemampuan fokus dan memori belajarnya yang tidak baik.

5.      Anak cenderung lebih pendiam

Apakah stunting bisa dicegah ? tentu saja bisa ya bu !

1.      Pemberian tablet FE pada remaja

2.      Ibu hamil mengkonsumsi tablet tambah darah minimal 90 tablet selama masa kehamilan.

3.      Balita.

-            Jangan lupa berikan IMD (inisiasi menyusu dini)

-            9 bulan pertama berikanlah ASI exslusif dan jangan lupa pergi ke posyandu untuk mendapatkan imunisasi secara rutin dan agar tumbuh kembang anak bisa terpantau dengan baik.

4.      Gaya hidup bersih dan sehat.

Anak berhak untuk tinggal dilingkungan yang layak dimana rumah haruslah memiliki jamban yang sehat dan sanitasi air minum yang bersih.

Maka lakukan 5 pilar

-          Stop BAB sembarangan

-          Cuci tangan pakai sabun

-          Kelola makanan dan minuman

-          Air limbah

-          Kelola sampah dengan baik

5.      Beri olahan protein hewani pada MP-ASI adapun startegi percepatan stunting di Kabupaten Ciamis, yaitu P4 KSA

1.      Pola asuh

2.      Pola konsumsi

3.      Pendekatan keluarga

4.      Promosi, berbasis budaya

5.      Kebersihan pribadi

6.      Sosial budaya

7.      Akses pelayanan kesehatan.

Pencegahan stunting adalah tanggung jawab kita semua, pemerintah, Dinas-dinas kesehatan untuk itu mari kita cegah stunting demi masa depan Kabupaten Ciamis yang gemilang.

Cegah stunting itu penting

Cukup sekian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf pasti masih ada kesalahan dan kekurangan yang baru saya sampaikan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment