Monday, July 30, 2018

Contoh LPJ BOP PAUD BAB I


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian stimulasi/rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmanj dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Kebutuhan akan pendidikan semakin dirasakan seiring dengan perkembangan zaman, kualitas sumber daya manusia menjadi prioritas utama dalam pembangunan. Demikian pula tuntunan globalisasi di bidang pendidikan, memacu agar hasil pendidikan nasional dapat bersaing dengan hasil pendidikan di Negara- Negara maju, pengolahan pendidikan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan untuk meningkatkan suatu kondisi yang lebih baik.
Kebutuhan masyarakat terhadap layanan Pendidikan Anak Usia Dini di Lingkungan PAUD AL FADLILIYAH cukup besar. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengikutsertakan anak-anaknya pada program PAUD. Namun demikian, masih banyaknya anak usia 0-6 tahun yang perlu dilayani di program Pendidikan Anak Usia Dini.
Dalam rangka memfasilitasi dan menstimulasikan tumbuh kembang anak secara optimal melalui peluang, kesempatan dan tantangan yang melatih kebiasaan yang bermanfaat. PAUD kami pun memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut terkadang sulit ditangguhkan atau diselesaikan, bahkan sewaktu-waklu dapat menjadi hambatan dalam kegiatan Proses Pembelajaran Anak. Adapun Kelemahan tersebut diantaranya ketersediaan dana operasional yang kurang memadai guna menunjang program pengembangan peserta didik serta kelengkapan Alat Permainan Edukatif baik yang in door maupun out door yang belum memadai dalam penunjangan kegiatan pembelajaran anak usia dini.
Hal lain didasarkan pula pada kondisi nyata yang berdasarkan hasil observasi, Pendidikan Anak Usia Dini AL FADLILIYAH dihadapkan pada keadaan atau kekuatan ekonomi keluarga peserta didik, dengan latar belakang mata pencaharian masyarakat secara umum sebagai menimbulkan pengaruh terhadap keberlangsungan maupun perkembangan pendidikan. Dengan demikian, dengan adanya Dana Bantuan Operasional PAUD, keberadaan lembaga pendidikan anak usia dini dalam hala ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat akan layanan pendidikan anak usia dini sehingga tidak ada lagi keterbatasan dalam memperoleh akses layanan pendidikan.

F. Target ( Kinerja Satuan )
No.
Kegiatan
Waktu
1
Persiapan
1 bulan
2
Pengerjaan
5 bulan
3
Pelaporan
1 bulan

C.    Permasalahan Yang Dihadapi
Dalam rangka memfasilitasi dan menstimulasi tumbuh kembang anak secara optimal melalui peluang, kesempatan dan tantangan yang melatih kebiasaan yang bermanfaat, PAUD kami pun memiliki beberapa kekurangan Kelemahan tersebut terkadang sulit ditangguhkan atau diselesaikan, bahwa sewaktu-waktu dapat menjadi hambatan dalam kegiatan Proses Pembelajaran anak.
Adapun kelemahan tersebut diantaranya ketersediaan dana operasional yang kurang memadai guna menunjang program pengembangan peserta didik serta kelengkapan Alat Permainan Edukatif baik yang indoor maupun outdoor yang belum memadai dalam penunjang kegiatan pembelajaran anak usia dini.
1.      Faktor Penghambat
Berdasarkan hasil observasi di lapangan, Kelompok Bermain AL FADLILIYAH dihadapkan pada keadaan atau kekuatan ekonomi keluarga peserta didik. Dari jumlah seluruh siswa, bisa mencapai angka lebih dari 60 %, mereka berasal dari keluarga kurang mampu. Mata pencaharian orang tua peserta didik umumnya bertani dan sebagian besar lainnya merupakan buruh harian lepas dengan penghasilan yang kurang memadai.
2.      Faktor Pendukung
Pendidikan Anak Usia Dini AL FADLILIYAH berkedudukan di wilayah Dusun Desa RT 01 VRW 01 Desa Kawunglarang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Dari letak Geografis, PAUD AL FADLILIYAH sangat berpotensi untuk pengembangan sekolah ke jenjang selanjutnya yaitu Taman Kanak-kanak. Hal itu dikarenakan PAUD AL FADLILIYAH bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Desa Kawunglarang dan sekitarnya dengan berprinsip pada orientasi kebutuhan anak. Pendidikan Anak Usia Dini diselenggarakan atas rasa peduli terhadap kebutuhan anak akan pendidikan sejak dini.
3.      Upaya Pemecahan Masalah
Berawal dari latar belakang kekuatan ekonomi orang tua peserta didik yang secara umum berada pada golongan keluarga kurang marnpu, akan tetapi motivasi dan dorongan orang   untuk menyekolahkan anaknya yang didasarkan atas kepedulian terhadap   anak akan pendidikan sejak dini, sedangkan yang menjadi permasalahan utamanya adalah ketersediaarn biaya operasional kepada pihak yang memiliki tanggungjawab dan kepedulian atas pendidikan anak sejak dini baik itu lembaga pemerintah maupun perorangan.

D.    Hasil Yang Diperoleh
Dengan adanya Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD, keberadaan lembaga pendidikan anak usia dini dalam hal ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan masayarakat aan layanan pendidikan.
Sehingga pembiayaan operasional pendidikan dioptimalkan sesuai dengan kemampuan anggaran yang diperoleh dengan tidak membebankan sepenuhnya kepada orang tua siswa.

No comments:

Post a Comment