Monday, July 30, 2018

Contoh LPJ BOP BAB II


BAB II
HASIL YANG DICAPAI

A.      Pelaksanaan Program
Untuk memenuhi standar kebutuhan minimal biaya operasional, maka Pemanfaatan DAK Non Fisik dan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD) yang diterima Kelompok Bermain (Kober) AL FADLILIYAH akan sangat bermanfaat dan akan menunjang pelaksanaan program kerja dan pengembangan strategis yang dimaksud. Rencana pengembangan Tahun Anggaran 2018 yang diantaranya :
1)      Pengembangan Strategi Utama
a.         Mengenalkan dan menulis huruf latin dan arab Serta mengenalkan angka dan berhitung secara tidak langsung melalui objek/gambar dan APE.
b.         Menggambar, menggunting dan melipat
c.         Menghafalkan surat-surat pendek AL-Qur’an, Hadits, dan doa-doa sehari-hari
d.         Bermain, bernyanyi, bercerita dan berolahraga.
2)      Pengembangan Strategi Tambahan
a.         Pengembangan Strategis Unggulan
-       Sains dan pengenalan potensi alam sekitar
-       Berkebun/bercocok tanam sederhana
-       Pembelajaran secara audio visual
-       Mengenalkan Bahasa Inggiis
-       Kegiatan Wisata Kuliner
b.         Pengembangan Strategis Penunjang
ü Program Incidental
-          Renang
-          Outbond sederhana di sekitar sekolah
-          Lomba kreativitas anak
-          Peringatan Hari Besar Islam dan Nasional
-          Memeriahkan acara kenaikan kelas/akhir tahun ajaran
ü Outclass Activity
Merupakan kegiatan pengenalan lingkungan sekitar secara langsung sesuai tema yang diangkat (misal anak diajak mengunjungi tempat praktek dokter, kantor pos, kantor polisi, stasiun radio, bengkel, pabrik, swah, dsb) yang dilakukan dua bulan sekali pada minggu ke 1.
ü Field Trip/wisata Pendidikan
Metode ini bertujuan untuk menambah wawasan anak, menurnbuhkan kemandirian dan kerja sama anak serta keeratan hubungan antara pendidik, orang tua dan  anak, yang dilaksanakan setiap akhir semester I.

B.  Manfaat Bagi Proses Pembelajaran
1.    Proses pembelajaran di Kelompok Bermain (Kober) AL FADLILIYAH menjadi lebih bersifat aktif, kreatif dan efektif dan menyenangkan bagi anak dengan tersedianya sarana/media pembelajaran yang memadai.
2.    Proses pembelajaran di Kelompok Bermain AL FADLILIYAH lebih dapat memperhatikahkebutuhan, minat dan karakteristik anak dengan adanya media pembelajaran yang bervariasi.
3.    Proses Pembeajaran Kober AL FADLILIYAH dapat dilakukan secara bertahap berkesinambungan dan bersifat pembiasaan melalui media pembelajaran yang tersedia.
4.    Mampu mengintegrasikan variable kesehatan, gizi, pendidikan dan perlindungan melalui kegiatan peningkatan gizi (Pemberian Makanan Tambahan/PMT) dan pemantauan kesehatan anak_
5.    Menambah kompetensi pembelajaran melalui penigkatan mutu pendidik Kober AL FADLILIYAH melalui kegiatan KKG maupun seminar dan pelatihan.

C.  Manfaat Bagi Peserta Didik
1.      Anak mampu memilih  jenis permainan sesuai dengan rninat dan keinginannya sehingga belajar menjadi menyenangkan bagi anak di Kober AL FADLILIYAH.
2.      Memupuk  kemampuan imajinasi dan mengekspresikan pikiran anak dengan adanya variasi media pembelajaran.
3.      Tingkat perkembangan, kesehatan, gizi dan perlindungan anak akan dapat terdeteksi dan menjadi bahan pertimbangan evaluasi kesehatannya.
4.      Terpenuhinya.gpenambahan/peningkatan gizi bagi anak melalui kegiatan pemberian  makanan tainbahan dan deteksi awal tumbuh kembang anak di Kober AL FADLILIYAH.
5.      Terciptapnya   lingkungan yang nyaman untuk merangsang pertumbuhan fisik dan kecerdasan anak di Kober AL FADLILIYAH.

D.      Manfaat Bagi Pendidik
1.      Pendidik Kober AL  FADLILIYAH yang mengikuti KKG baik itu melalui pertemuan yang dilaksanakan oleh Gugus Kabupaten maupun Kecamatan Ciamis dapat   bertukar pengalaman tentang pendidikan anak usia dini di daerah masing-masing dan pendidik PAUD lebih terorganisisr kegiatannya dengan baik serta mempererat persaudaraan diantara pendidik.
2.      Pendidik KOBER AL FADLILIYAH lebih melaksanakan pembelajarannya terhadap anak dengan tersedianya media/pembelajaran yang memadai.
3.      Pendidik Kober AL FADLILIYAH dapat memperoleh penilaiannya terhadap anak didiknya melalui pertimbangan pemantauan kesehatan anak secara berkesinambungan.


E.       Manfaat Bagi Orang Tua dan Masyarakat
1.      Pembiayaan operasional pendidikan dioptimalkan sesuai dengan kemampuan anggaran yang diperoleh sehingga tidak membebankan sepenuhnya kepada orang tua siswa Kober AL FADLILIYAH.
2.      Mendapat sosialisasi tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kober AL FADLILIYAH baik secara langsung maupun tidak langsung serta menumbuhkan sikap kepedulian terhadap masa depan anak melalui pendidikan.
3.      Memotivasi orang tua dan masyarakat tentang pentingnya pendidikan anak sejak dini.
4.      Memperluas layanan PAUD bagi anak usia 0-6 tahun.

No comments:

Post a Comment