SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : I
Tema : 3. Kegiatanku
Subtema : 1. Kegiatan Pagi Hari
Pembelajaran : 3
Semester : I (Ganjil)
Alokasi
|
Kompetensi Dasar |
|
|
Materi |
|
|
|
|
|
||
Bahasa Indonesia |
|
Bunyi vokal dan konsonan |
|||
3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia |
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau |
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
Simbol sila Pancasila |
|||
3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”. |
|
|
|
||
4.1 Menuliskan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda Pancasila. |
|
|
|
||
Matematika |
|
Bilangan 11-20 |
|||
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 50 dan nilai tempat |
|
|
|
||
|
penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 50 yang menyatakan banyak |
|
|
|
||
|
anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat |
|
|
|
Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat mengidentifikasi simbol pancasila; menentukan huruf vokal dan konsonan; menghitung benda sampai bilangan 20 dengan benar dan percaya diri.
Alat/Media
Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting antara guru, orang tua, dan siswa Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka
1
Gambar dan Video
Penilaian
(1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya, dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Masih dalam semangat pagi. Untuk memulai kegiatan hari ini, kita tepuk pramuka, yuk!
Anak-anak kita pernah melafalkan bunyi Pancasila.
Masih ingat kan? Nah, kali ini kita mau belajar tentang simbol-simbol Pancasila.
Wah, bagaimana ya, bentukya? Anak-anak perhatikan video berikut, ya!
https://www.youtube.com/watch?v=VxwMpZk-9Ek&t=5s
Sekarang anak-anak boleh menggambar simbol-simbol Pancasila dan tulis namanya, ingat bedakan huruf vocal dan konsonnya!
Selamat
Contoh:
Sila ke 1 dilambangkan dengan bintang
Sila ke 2 dilambangkan dengan ….
Sila ke 3 dilambangkan dengan …
Sila ke 4 dilambangkan dengan …
Sila ke 5 dilambngkan dengan ….
Kerjakan di buku tulis kalian, ya!
· Bagi siswa yang tidak menggunakan smartphone simpan dulu tugasnya, nanti tunjukkan ke Bapak/Ibu guru kalau sudah masuk sekolah.
Kegiatan 2
Hebat! Anak-anak sudah tahu simbol-simbol Pancasila.
Kali ini kita mau belajar mengitung benda-benda dan menuliskan bilangannya. Kita akan belajar angka 11 sampai 20.
Bagaimana ya,
Anak-anak saksikan video berikut ya!
https://www.youtube.com/watch?v=kE9ZorZH9mk kerjakan latihan berikut!
Selamat
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa besok!
2
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN 1 Dadiharja
NIP. 19610827 198109 1 001 |
Dadiharja, 30 September 2020 Guru Kelas
WIWI WIDANINGSIH, S.Pd.SD NIP. 19660907 200801 2 002 |
Download File Wordnya Disini
No comments:
Post a Comment