SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas Tema Subtema Semester
: II
: 3. Tugasku Sehari-hari
: 1. Tugasku Sehari-hari di Rumah
: I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar |
Materi |
PPKn |
Perilaku sesuai sila Pancasila di |
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam |
rumah |
lambang negara “Garuda Pancasila” |
|
4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila |
|
Pancasila |
|
Matematika |
|
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang |
|
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai |
|
kesetaraan pecahan mata uang |
|
Bahasa Indonesia |
Huruf kapital pada nama orang, |
3.6 Mencermati penggunaan huruf kapital, serta tanda titik dan tanda |
nama jalan, dan nama tempat |
tanya dalam kalimat yang benar |
|
4.6 Menulis teks dengan menggunakan huruf kapital, serta tanda titik dan |
|
tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar |
|
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menjelaskan perilaku sesuai sila Pancasila di rumah, dan dapat mengurutkan pecahan mata uang, serta dapat menulis huruf kapital dengan menyusun kata menjadi kalimat yang benar.
Alat/Media
Whatsapp group (WAG) antara guru, orangtua, dan siswa.
Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka.
Bahan/Materi
Video tugas dan kegiatan Siti di rumah, perbandingan pecahan uang.
Penilaian
(1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja
1
Anak-anak, sudah siap belajar? Hari ini kita akan belajar tentang tugas dan kegiatan di rumah yang sesuai dengan sila pancasila, kemudian kita juga aka belajar tentang pecahan mata uang, khususnya mata uang kertas, lalu dilanjutkan dengan belajar penulisan huruf kapital dengan menyusun kata-kata menjadi kalimat yang benar. Mari kita awali mencuci tangan kemudian membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.
Kegiatan 1
Anak-anak, kemarin kita sudah melihat letak rumah Siti dan kegiatannya dengan Ali di rumah. Siti adalah anak yang berbakti, selain rajin menemani Ali belajar, Siti juga sering menemani Ibu pergi ke pasar. Apakah anak-anak juga pernah menemani Ibu pergi ke pasar? Apa saja yang bisa kita lakukan ketika menemani Ibu berbelanja di pasar?
Mari kita lihat apa saja yang Siti lakukan ketika menemani Ibu berbelanja di pasar. https://youtu.be/RRzmIUVUIag
Kegiatan 2
Anak-anak dalam video tadi kita sudah melihat
kegiatan Siti dan Ibu yang berbelanja di pasar.
Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang
sesuai dengan memperhatikan penulisan huruf
Contoh:
gula – Ibu – di – toko – membeli jawab: Ibu membeli gula di toko.
1. di – pasar – membeli – Siti- wortel
TadiJawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Kegiatan apa yang dilakukan keluarga Siti setiap pagi yang sesuai dengan sila kesatu pancasila?
_______________________________________
2. Tuliskan tugas Siti di rumah setiap minggu pagi!
________________________________________
T
Perhatikan harga barang-barang di bawah ini!
3. Barang apa yang harganya paling murah?
_______________________________________
4. Barang apa yang harganya paling mahal?
_______________________________________
5. Urutkan barang-barang di atas dari harga yang paling murah!
______________________________________
________________________________________
2. belanja – membantu – Siti – Ibu
________________________________________
3. membeli – Ibu – buah – di – pasar – mangga
________________________________________
4. garam – Siti – di – toko – membeli
________________________________________
5. di – toko – membeli – beras – Ibu
________________________________________
Tulis dengan rapi pada buku tulis kalian, lalu foto kemudian kirim hasilnya kepada bapak/Ibu guru ya
· Bagi siswa yang tidak menggunakan smartphone simpan dulu tugasnya,nanti tunjukkan ke Bapak/Ibu guru kalau sudah masuk sekolah kembali.
2
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN 1 Dadiharja
NIP. 19610827 198109 1 001 |
Dadiharja, 30 September 2020 Guru Kelas
YULIA NURAZIZAH, S.Pd
|
Download File Wordnya Disini
No comments:
Post a Comment