SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : I
Tema : 3. Kegiatanku
Subtema : 3. Kegiatan Sore Hari
Pembelajaran : 2
Semester : I (Ganjil)
Alokasi
|
Kompetensi Dasar |
|
|
Materi |
|
|
|
|
|
||
Bahasa Indonesia |
|
Anggota tubuh dan |
|||
3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta |
|
|
|||
|
perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan |
|
|
|
|
|
sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan. |
|
|
|
|
4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh |
|
|
|
||
|
dan pancaindra serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia |
|
|
|
|
|
dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis. |
|
|
|
|
PJOK |
|
Gerak melempar dan |
|||
3.3 Memahami pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, |
|
menangkap bola |
|||
|
usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, |
|
|
|
||
|
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan |
|
|
|
|
|
sederhana dan atau tradisional. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tujuan Pembelajaran
Melalui contoh peserta didik dapat mempraktikkan gerak melempar dan menangkap; menyusun huruf menjadi kosakata sore hari dengan benar dan percaya diri.
Alat/Media
Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting antara guru, orang tua, dan siswa Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka
1
Gambar dan Video
Penilaian
(1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya, dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Anakanak hebat, kemarin kita sudah menyebutkan beberapa kegiatan di sore hari, sebagai bentuk aturan di rumah juga. Nah, sekarang kita akan belajar tentang salah satu kegiatan di sore hari, yaitu olah raga
Masih masa pandemi seperti ini, kita harus rutin berolahraga.
Olahraga merupakan bentuk perawatan tubuh, agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.
Seperti kegiatan yang dilakukan udin dan teman-temannya di sore hari.
Mereka berolahraga sambil bermain, yaitu lempar dan tangkap bola.
Bagaimana ya, gerakannya?
Anak-anak perhatikan, ya!
https://www.youtube.com/watch?v=wGetY5ovZ0
Anak-anak boleh mempraktikkan lempar dan tangkap bola di rumah bersama anggota keluarga di rumah, ya!
Selamat
· Bagi siswa yang tidak menggunakan smartphone simpan dulu tugasnya, nanti tunjukkan ke Bapak/Ibu guru kalau sudah masuk sekolah.
Kegiatan 2
Tadi anak-anak bersama udin menyusun huruf menjadi kata dan membacanya.
Sekarang anak-anak susun huruf-huruf berikut menjadi kosa kata kegiatan sore hari, jangan lupa dibaca, ya!
Selamat mengerjakan anak-anak!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa besok!
2
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN 1 Dadiharja
NIP. 19610827 198109 1 001 Download File Wordnya Disini |
Dadiharja, 13 Oktober 2020 Guru Kelas
WIWI WIDANINGSIH, S.Pd.SD NIP. 19660907 200801 2 002 |
No comments:
Post a Comment