SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : I
Tema : 3. Kegiatanku
Subtema : 3. Kegiatan Sore Hari
Pembelajaran : 3
Semester : I (Ganjil)
Alokasi
|
Kompetensi Dasar |
|
|
Materi |
|
|
|
|
|
||
Bahasa Indonesia |
|
Anggota tubuh dan |
|||
3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta |
|
|
|||
|
perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan |
|
|
|
|
|
sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan. |
|
|
|
|
4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh |
|
|
|
||
|
dan pancaindra serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia |
|
|
|
|
|
dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis. |
|
|
|
|
|
|
Aturan di rumah |
|||
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah |
|
|
|
||
4.2 Menuliskan cerita tentang kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam |
|
|
|
||
|
kehidupan sehari-hari di rumah |
|
|
|
|
Matematika |
|
Perbandingan dua bilangan |
|||
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan |
|
|
|
||
kumpulan benda- benda konkret. |
|
|
|
||
4.3 Mengurutkan bilangan bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke |
|
|
|
||
bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda |
|
|
|
||
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
Tujuan Pembelajaran
Melalui cerita peserta didik dapat mengidentifikasi aturan di rumah dan perawatan tubuh; membandingkan benda dengan benar dan percaya diri.
Alat/Media
Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting antara guru, orang tua, dan siswa
1
Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka
Bahan/Materi
Gambar dan Video
Penilaian
(1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya, dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Anak-anak kita sudah belajar banyak tentang kegiatan sore hari.
Anak-anak juga sudah bercerita tentang kegiatan anggota keluarga di sore hari.
Kali ini kita mau belajar dari cerita Beni nih.
Ceita tentang kegiatan keluargamya di sore hari sesuai dengan aturan yang ada di rumah Beni.
Anak-anak simak ceritanya, ya!
https://www.youtube.com/watch?v=hxSTgE-WORA&t=25s
Sekarang anak-anak boleh menuliskan aturan yang ada di rumah teman-teman saat sore hari dalam merawat tubuh.
Contoh:
Aturan di rumah Beni sore hari
1. Mandi sore
2. Cuci tangan sebelum makan
3. Mengulang pelajaran
4. Dan lain-lain
Selamat
· Bagi siswa yang tidak menggunakan smartphone simpan dulu tugasnya, nanti tunjukkan ke Bapak/Ibu guru kalau sudah masuk sekolah.
Kegiatan 2
Dicerita Beni tadi, anak-anak bersama Beni belajar membandingkan benda dengan benda-benda di sekitar. Nah, sekarang anak-anak bandingkan benda-benda berikut, ya!
Namun sebelum dilanjutkan belajar kita tepuk Pramuka Yuk! Masih ingat, bukan tepuk Pramuka?
Bola lebih … dari pada mobil-mobilan.
16 ……………. dari 14
14 ……………. dari 16
Penghapus lebih … dari pada rautan.
19 ……………. dari 17
17 ……………. dari 19
Selamat mengerjakan anak-anak!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda
yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 2
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN 1 Dadiharja
NIP. 19610827 198109 1 001 |
Dadiharja, 14 Oktober 2020 Guru Kelas
YULIA NURAZIZAH, S.Pd
|
Download File Word Disini
No comments:
Post a Comment