BAHAN AJAR PPG
Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengelompokkan Benda
Berdasarkan Warna dan Ukuran
TEMA : TANAMAN
SUB TEMA : TANAMAN HIAS
SUB-SUB TEMA : BUNGA MELATI
Oleh :
Sakura
A. Pendahuluan
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dikelas.Bahan yang dimaksud bias berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.Bahan ajar secara garis besar terdiri atas pengetahuan,keterampilan dan sikap yang harus dipelajari peserta didik dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan.
Bagaimana cara menentukan materi ajar,diantaranya harus sesuai dengan tuntutan kurikulum,sesuai karakteristik sasaran / anak(STPPA),dan berdasarkan tema/sub tema dan berbasis masalah/ Problem Based Learning(PBL) yang real dihadapi guru atau anak kemudian diaplikasikan dalam proses belajar untuk memecahkan masalah tersebut.
Untuk materi bahan ajar kali ini diambil berdasarkan masalah yang terjadi di TK PGRI BAKTI PERTIWI yaitu kemampuan kognitif anak yang masih rendah dalam mengelompokan benda berdasarkan warna dan ukuran.anak kurang antusias dalam melaksanakan kegiatan,kurangnya strategi dan media pembelajaran yang menarik sehingga anak merasa bosan,metode pembelajaran yang kurang bervariasi.berdasarkan permasalahan tersebut,guru membuat materi ajar dengan tema tanaman,sub tema tanaman hias,sub-sub tema bunga melati.
Setelah ditemukan permasalahan tersebut guru akan menyusun rencana pembelajaran atau bahan ajar berbasis masalah,sehingga dalam proses pembelajaran kali ini guru akan membuat rancangan materi ajar dengan mengambil tema tanaman,sub tema tanaman hias,sub-sub tema bunga melati.
1. Deskripsi
Pada saat melakukan pembelajaran,guru menganalisis mengenai kemampuan kognitif anak yaitu mengelompokan warna dan ukuran.Namun kebanyakan anak masih belum bisa mengelompokan warna dan ukuran.anak terlihat masih bingung dengan mengelompokan warna dan ukuran.
Setelah ditemukan permasalahan tersebut guru akan menyusun rencana pembelajaran atau bahan ajar berbasis masalah,sehingga dalam proses pembelajaran kali ini guru akan membuat rancangan materi ajar dengan mengambil tema tanaman,sub tema tanaman hias,sub-sub tema bunga melati.
Guru mengajak anak untuk mengelompokan warna bunga dengan cara anak diberi gambar bunga berbeda warna,anak disuruh menggunting pola gambar tersebut lalu hasil guntingan nya di tempelkan pada LKA sesuai dengan warna bunga.contohnya hasil guntingan gambar bunga melati warna putih ditempel pada kotak yang untuk warna putih,hasil guntingan gambar bunga melati warna merah ditempel pada kotak warna merah,dan untuk warna lain pun sama seperti itu.lalu untuk kegiatan ke dua yaitu mengurutkan ukuran gambar bunga melati dari yang terbesar ke yang terkecil dengan menuliskan angka dibawah gambar.
2. Kompetensi Dasar
Dengan materi bahan ajar mengenai Tema Tanaman,sub tema tanaman hias,sub-sub tema bunga melati kita dapat menerapkan indicator yaitu:
Ø Nilai agama dan moral
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungn sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
Ø Sosial emosional
2.2 Memiliki prilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
Ø Kognitif
3.6 Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat,
suara, tekstur fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6 Menyampaikn tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya.
Ø Bahasa
3.11 memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11 menunjukan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
Ø Fisik motoric(motoric kasar)
3.3 mengenal anggota tubuh,fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motoric kasar dan motoric halus
4.3 menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motoric kasar dan halus
Ø Seni
3.15 mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 menunjukan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
B. Uraian materi
PEMETAAN BAHAN AJAR
Tanaman melati termasuk tumbuhan golongan tingkat tinggi karena memiliki biji tertutup. Tumbuhan dikotil ini memiliki batang yang berkayu dan berakar tunggang yang bisa membesar karena memiliki kambium.Ada lebih dari 100 spesies bunga melati dan kebanyakan berupa semak belukar yang dapat tumbuh setinggi 2–5 meter. Namun, ada juga yang tergolong jenis tumbuhan merambat yang bisa tumbuh hingga 20 meter.Nama latin bunga melati adalah Rosa sp dari genus Rosaceae dengan taksonomi sebagai berikut.
Beberapa spesies bunga melati dapat menghasilkan buah yang dikenal dengan nama rose hips. Karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi, rose hips banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan produk perawatan kecantikan.
Bunga melati berasal dari dataran Eropa Timur, Timur Tengah, dan Cina. Meski sepanjang batangnya ditumbuhi duri, kecantikan bunganya membuat melati menjadi tanaman hias yang dengan cepat menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Ø Bagian-bagian Bunga Melati
a. Kelopak bunga (sepal)
Sepal (kelopak Bunga) adalah bagian bunga yang berupa kuncup saat bunga belum mekar. kelopak bunga berfungsi membantu menjaga bunga yang belum mekar. Saat bunga sudah sedikit mekar, maka kelopak bunga akan ikut membuka, serta membiarkan bunga tersebut mekar. saat bunga sudah mekar degan sempurna, kelopak bunga akan membentuk seperti bagian dasar sebuah bunga.
b. Benang sari (stamen)
Benang Sari adalah bagian yang sering disebut sebagai alat kelamin jantan sebuah bunga. Stamen berfungsi untuk membantu proses reproduksi dan juga perkembang biakan di sebuah bunga, yang nantinya dapat menumbuhkan tanaman baru. Stamen (Benang sari) terdiri dari 3 bagian utama. yaitu Tangkai sari (filament), Serbuk sari (polen), Kepala sari (antheral).
c. Mahkota bunga (Corolla)
Corolla merupakan salah satu bagian bunga yang seringkali direpresentasikan sebagai bunga itu sendiri. karena mahkota bunga merupakan bagian paling luar dari sebua struktur keseluruhan bunga, yang biasanya memiliki warna yang cerah dan juga menarik. Mahkota bunga juga memilki susunan dan juga bentuk yang berbeda pada setiap bunga, sehingga sering djadikan indikator utama dari keindahan dankecantikan dari sebuah bunga
Ø Warna-warna Bunga Melati
1. Melati Kuning
2. Melati Pink
3. Melati Putih
4. Melati Merah
Ø Manfaat Bunga Melati
2) untuk Kesehatan
3) bisa dijual
4) sebagai hiasan
Alat dan Bahan
Berikut adalah alat dan bahan yang Anda perlukan untuk menanam melati dengan stek batang, selain batang dari melati itu sendiri.
1. Pisau atau gunting tanaman
2. Pot atau wadah tanam lainnya
3. Media tanam (tanah, pupuk kandang, kompos – 1:1:1)
4. Pohon Bunga melati yang akan di tanam.
Langkah-langkah Penanaman :
Tahapan dalam menanam stek batang melati (rose cuttings) adalah sebagai berikut.
1. Potong Batang
2. Masukkan Ke dalam Air
3. Siapkan Tanah dan Pupuk Masukkan Ke dalam Pot
4. Tancapkan batang ke media tanam
Ø Cara Memelihara Tanaman Bunga Melati
1. Sinar Matahari Harus Cukup
2. Pemberian Pupuk
3. Penyiraman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BELAJAR DARI RUMAH (DARING)
TAHUN PEMBELAJARAN 2020-2021
Semester/ Minggu : 1/6
Hari/tanggal. :
Kelompok/usia. : B (5-6 tahun)
Tema/sub tema. : tanaman/tanaman hias/bunga melati
KD :
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
2.2 Memiliki prilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motoric kasar dan motoric halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motoric kasar dan halus
3.6 Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna,bentuk,ukuran,pola,sifat,suara,tekstur,fungsi,dan ciri-ciri lainnya)
4.6 Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11 Menunjukan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
3.15 Mengenl berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
Materi pembelajaran :
Bunga melati (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana (ADIKSIMBA) bagian-bagian bunga melati,warna-warna bunga melati, cara menanam bunga melati, manfaat bunga melati, cara memelihara tanaman bunga melati
WAKTU |
AKTIVITAS |
MEDIA & SUMBER BELAJAR |
||
GURU |
ORANG TUA / WALI |
ANAK |
||
3 Menit |
PEMBUKAAN (DARING)
Menyapa dan memberi salam (sosem) Mengajak anak untuk berdoa sebelum belajar (Nam)
Apersepsi Bercakap-cakap tentang tanaman bunga melati: bagian-bagian bunga melati,warna-warna bunga melati,cara menanam bunga melati,manfaat bunga melati dan cara memelihara tanaman bunga melati. menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari ini yaitu bermain mengelompokan warna dan ukuran pada tanaman bunga melati(BHS)
Mengajak bernyayi dan menari tentang bunga melati dan bunga melati (seni dan fisik motorik)
|
PEMBUKAAN (DARING)
Menyimak dan mendampingi anak mengikuti kegiatan pembukaan
Menyimak dan mendampingi anak saat mendengarkan penjelasan Kegiatan Inti
Memberikan pertanyaan dan tanggapan/respon
|
PEMBUKAAN (DARING)
Menyimak dan menjawab sapaan dan salam Guru Berdoa sebelum belajar
Menjawab pertanyaan guru
Bernyanyi
|
Video Call Whatsapp
|
5 Menit |
· Mengajak anak untuk melihat dan mengamati vidio bunga melati · Kegiatan bermain hari ini mengurutkan ukuran bunga melati(kognitif) · Mengajak anak untuk mengelompokan bunga melati berdasarkan warna |
|
Mendengarkan dan menyimak penjelasan Kegiatan Inti
Memberikan pertanyaan dan tanggapan/respon terhadap penjelasan guru
Mengusulkan ide baru untuk pengembangan kegiatan
Melaksanakan kegiatan ditemani orang tua |
Video tutorial
Lembar LKPD
Lembar LKPD,Lem,gunting,gambar bunga melati |
2 Menit |
Memberikan penguatan, motivasi dan pesan pada anak saat belajar di rumah Bersama orang tua
Memberikan motivasi kepada orang tua untuk bekerjasama melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan sesuai prosedur
Memberikan informasi tentang Teknik penilaian yang akan dilakukan dan mengingatkan orang tua untuk mengirim video atau foto atau catatan penting terkait kegiatan |
Menyimak dan mendampingi anak saat mendengarkan penjelasan Guru
Memberikan pertanyaan dan tanggapan
Memberikan pertanyaan dan tanggapan
|
Mendengarkan dan menyimak penjelasan Guru
Memberikan pertanyaan dan tanggapan/respon terhadap penjelasan guru
Memberikan pertanyaan dan tanggapan /respon terhadap penjelasan guru
|
Format Daftar Checklist Pelaksanaan Kegiatan
Format Evaluasi Pembelajaran |
30 Menit |
PELAKSANAAN KEGIATAN INTI (LURING)
Mempersilakan orangtua untuk mendampingi anak belajar
|
PELAKSANAAN KEGIATAN INTI (LURING)
Membimbing anak mengamati bunga melati, melaksanakan tanya jawab dengan anak tentang bagian-bagian bunga melati,warna-warna bunga melati,cara menanam bunga melati, manfaat bunga melati,dan cara memelihara tanaman bunga melati,mengelompokan warna bunga melati,mengurutkan ukuran bunga melati LKPD(kognitif,fisik motoric halus dan bahasa)
Melaksanakan kegiatan pengayaan terhadap anak dengan cara menanam tanaman bunga melati(STEAM) |
PELAKSANAAN KEGIATAN INTI (LURING)
Melaksanakan aktivitas bersama orang tua, sesuai prosedur kegiatan
Melaksanakan pengembangan kegiatan (melaksanakan aktivitas kreatif , inovatif secara mandiri atau berkolaborasi, sesuai minat ) |
LKPD Lem,gunting,gambar bunga melati |
5 Menit |
PENUTUP (DARING)
Mengontak orang tua untuk mengumpulkan dokumentasi penilaian
Memberikan reward, motivasi dan afirmasi pada orang tua |
PENUTUP (DARING)
Mengisi daftar checklist kegiatan, mengirim video atau foto atau catatan penting terkait kegiatan |
PENUTUP (DARING)
Melaksanakan aktivitas sesuai kemampuan dan minatnya |
Daftar checlist terisi Photo kegiatan Video kegiatan |
Penilaian :
Proses penilaian dilakukan dengan menggunakan daftar checklist pelaksanaan kegiatan, dokumen photo, video dan atau catatan penting terkait kegiatan anak (learning story)
Ciamis , April 2021
Kepala TK, |
|
Guru Kelas, |
........................ |
|
.................... |
|
Dosen Pembimbing,
................................ |
|
C. Penutup
1. Rangkuman
Materi ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematik baik tertulis maupun tidak tertulis. Selain itu materi ajar memiliki pengertian sebagai informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan aspek perkembangan kognitif terkait dengan mengelompokan warna dan ukuran ,maka didapatkan solusi dan rencana aksi yaitu mengelompokan gambar berdasarkan warna dan ukuran dengan bahan loose part.dimana kegiatan tersebut akan dikemas melalui tema tanaman, sub tema tanaman hias, sub-sub tema bunga melati. Dalam kegiatannya anak mengelompokan warna dengan menggunting pola bunga melati lalu mngelompokan sesuai warnanya, dan hasil dari pengelompokan tersebut ditempel pada kotak yang disebiakan berdasarkan warna. Kegiatan kedua anak diajak mengurutkan ukuran gambar bunga melati dari yang terbesar ke yang terkecil dengan menuliskan angka dibawah gambar.
2. Rencana penilaian
FORMAT PENILAIAN BELAJAR DARI RUMAH
NAMA ANAK :
KELOMPOK :
HARI TANGGAL |
KEGIATAN |
PENGAMATAN |
INDIKATOR PENCAPAIAN KD |
CAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK |
1. |
Berdo’a sebelum dan sesudah belajar |
Do’a sebelum belajar |
Ø Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari (3.1-4.1) |
|
2. |
Bercakap-cakap tentang tanaman bunga melati |
Bertanya bagian-bagian bunga melati, warna-warna bunga melati,cara menanam bunga melati,manfaat bunga melati,dan cara memelihara tanaman bunga melati |
Ø Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)(3.11-4.11) |
|
3. |
Bernyanyi dan menari lagu bunga maear bunga melati |
Bernyanyi dan menari lagu bunga melati dan bunga melati |
Ø Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni(3.15-4.15) Ø Mengenal anggota tubuh ,fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motoric kasar dan motoric halus(3.3-4.3) |
|
4. |
Hasil karya Mengelompokan warna bunga melati |
Menggunting gambar bunga melati |
Ø Mengenal anggota tubuh,fungsi,dan gerakannya untuk pengembangan motoric kasar dan motoric halus(3.3-4.3) |
|
Mengelompokan warna bunga melati |
Ø Mengenal benda-benda disekitarnya (nama,warna,bentuk,ukuran,pola,sifat,suara,tekstur,fungsi,dan ciri-ciri lainnya)(3.6-4.6) |
|
||
Menempelkan potongan gambar bunga melati yang sudah dikelompokan menurut warna |
Ø mengenal anggota tubuh, fungsi , dan gerakannya untuk pengembangan motoric kasar dan motoric halus(3.3-4.3) |
|
||
5. |
Mengurutkan ukuran gambar bunga melati |
Mengurutkan ukuran gambar bunga melati dari yang terbesar ke yang terkecil dengan menuliskan angka |
Ø Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) (3.6-4.6)
|
|
DAFTAR CHEKLIS CAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK BERDASARKAN PENGAMATAN ORANG TUA
CATATAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK MINGGUAN
Nama Peserta Didik :....................................... Kelompok :..........
NO |
HARI/ TANGGAL |
KEGIATAN PEEMBELAJARAN |
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK |
PENGEMBANGAN KARAKTER |
CAPAIAN PERKEMBANGAN KARAKTER |
TAANDA TANGAN |
1 |
KE I |
Mengelompokan warna bunga melati |
o Tidak Mau Mengerjakan o Mengerjakan Selalu Di Bantu o Mengerjakan Dg Sedikit Bantuan o Mengerjakan Tanpa Bantuan |
Tanggung jawab |
o tidak pernah o mealkukan dengan bantuan o malekukan tanpa bantuan o konsisten dalam melakukan |
ORANG TUA |
2 |
|
Mengurutkan ukuran gambar bunga melati |
o Tidak Mau Mengerjakan o Mengerjakan Selalu Di Bantu o Mengerjakan Dg Sedikit Bantuan o Mengerjakan Tanpa Bantuan |
Tanggung jawab |
|
|
3 |
|
|
o Tidak Mau Mengerjakan o Mengerjakan Selalu Di Bantu o Mengerjakan Dg Sedikit Bantuan o Mengerjakan Tanpa Bantuan |
|
|
GURU |
4 |
|
|
o Tidak Mau Mengerjakan o Mengerjakan Selalu Di Bantu o Mengerjakan Dg Sedikit Bantuan o Mengerjakan Tanpa Bantuan |
|
|
|
5 |
|
|
o Tidak Mau Mengerjakan o Mengerjakan Selalu Di Bantu o Mengerjakan Dg Sedikit Bantuan o Mengerjakan Tanpa Bantuan |
|
|
|
RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING
A. Nama Media |
: |
Video Pembelajaran (bunga melati) |
B. Sasaran |
: |
Anak usia 5-6 tahun (Kelompok B) |
C. Manfaat/Kegunaan |
: |
§ Mengetahui bagian-bagian bunga melati,warna-warna bunga melati,cara menanam bunga melati, manfaat bunga melati , dan cara memelihara tanaman bunga melati (STEAM) § Mengetahui bagaimana cara menanam tanaman bunga melati(HOTS) § Memahami informasi bunga melati(Literasi digital) § Melatih kemandirian anak (PPK) |
D. Spesifikasi/alat dan Bahan |
: |
§ Kamera digital / kamera HP § Treepot § Foto bunga melati § Perlengkapan lain yang diperlukan § Bahan lain yang diperlukan |
E. Cara membuat |
: |
§ Guru membuat video secara mandiri (by design) atau bantuan orang lain atau content youtube yang sudah ada (by utilization) |
F. Cara menggunakan |
: |
§ Guru memberikan video kepada orang tua/wali melalui aplikasi berbasis android § Guru menyimpan video pembelajaran secara mandiri di cannel youtube atau aplikasi lain yang dapat diakses oleh orang tua/wali § Anak memperhatikan content video pembelajaran |
G. Sumber Media Daring |
: |
Chanel youtube |
H. Lampiran Media Daring |
: |
Bagian-bagian Bunga Melati : https://youtu.be/LcPoqHra-RQ Warna-warna Bunga Melati :
|
I. Desain/Gambar |
: |
Potongan-potongan scene video bagian-bagian bunga melati dan warna-warna bunga melati
|
Desain/Gambar tanaman bunga melati
Scene Video Pembelajaran Edukasi tanaman bunga melati
D. DAFTAR PUSTAKA
Arti bunga melati : https://id.wikipedia.org
Bagian-bagian Bunga Melati : https://bobo.grid.id
Warna-warna Bunga Melati : https://www.kompas.com
Manfaat bunga melati : https://www.rexona.com
Cara menanam dan memelihara : https://selasar.com
No comments:
Post a Comment