Wednesday, June 9, 2021

KARYA TULIS EKONOMI

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Ekonomi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu  “oikos” yang berarti keluarga atau rumah tangga dan  “nomos” yang berarti peraturan, aturan, hukum. Maka Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai aturan rumah tangga  atau  manajemen rumah tangga.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ekonomi berarti ilmu yangmengenai asas –asas produksi, distribusi, dan pemakaina barang – barang serta kekayaan (seperti keuangan, perindustrian, dan perdagangan (KBBI,1996 :251)

Berdasarkan beberapa pengertian di atas,maka dapat disimpulkanbahwa SosiaEkonomi adaah segala  sesuatu yang berkaitan denagn pemenuhan kebutuhan masyarakat yang mencangkup antara lain sandang, pangan, pendidikan, kesehatan, dan pemenuhan kebutuhan yang berkaitan dengan penghasilan.

B.     Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah :

1.      Bagaimana pengertian Taman Pintar ?

2.      Bagaimana fungsi Taman Pintar bagi masyarakat ?

3.      Bagaimana pengaruh Taman Pintar bagi masyarakat ?

C.    Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

1.      Menjelaskan pengertian Taman Pintar yang baik dan benar.

2.      Menjelaskan fungsi Taman Pintar dengan baik dan rinci.

3.      Menjeaskan pengaruh Taman Pintar bagi masyarakat.

 

 

 

D.    Ruang Lingkup Penelitian

Adapun ruang lingkup penelitian ini adalah sebagai berikut :

1.      Pengertian Taman Pintar

2.      Fungsi Taman Pintar

3.      Pengaruh Taman Pintar Bagi Masyarakat

E.     Manfaat Peneitian

Adapun manfaat peneitian ini adaah sebagai berikut :

1.      Manfaat Bagi Penulis

a.       Dapat menambah wawasan tentang fungsi Taman Pintar terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat sekitar.

b.      Dapat memenuhi salah satu syarat UN

c.       Dapat melakukan penelitian /observasi langsung

2.      Manfaat Bagi Pembaca

a.       Menambah wawasan tantang fungsi Taman Pintar terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat sekitar.

b.      Mwnjadi sumber inspiratif daam bidang  pengetahuan  bagi para pembaca khususnya tentang Taman Pintar.

 

F.     Sistematika Penulisan

 

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

B.     Rumusan Masalah

C.     Tujuan Penelitian

D.    Ruang Lingkup Penelitian

E.     Manfaat Penelitian sistematika Penelitian

            BAB II LANDASAN TEORI

A.      Pengertian Sosial Ekonomi

B.     Sumber Pendapatan Untuk Perekonomian Masyarakat Sekitar dari adanya Taman Pintar

           BAB III METODOLOGI PENELITIAN

A.   Metode dan Teknik Penelitian

B.    Prosedur Penelitian

           BAB IV PEMBAHASAN

A.    Pengertian Taman Pintar

B.     Fungsi Taman Pintar

C.     Pengaruh Taman Pintar Bagi Masyarakat

           BAB V PENUTUP

A.    Kesimpulan

B.     Saran

           DAFTAR PUSTAKA

           LAMPIRAN

           RIWAYAT HIDUP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

LANDASAN TEORI

A.    Pengertian Sosial Ekonomi

Sosial ekonomi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat antara lain sandang, pangan, perumahan, pendidikan, kesehatan, da lain - lain. Hal ini disesuaikan dengan penelitian yang sudah dilakukan untuk melihat kedudukan sosial ekonomi Melly G. Tan menyatakan adalah pekerjaan, penghasilan,dan pendidikan. Berdasarkan ini, masyarakat dapat digolongkan kedalam kedudukan sosial ekonomi rendah, sedang, dan tinggi.(Koentjaningrat,1981: 35)

B.     Sumber PendapatanUntuk Perekonomian Masyarakat Sekitar dari adanya Taman Pintar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

A.    Metode dan Teknik Pengumpulan Data

Dalam mencari atau memperoleh data untuk laporan ini, penulis menggunakan beberapa metode yaitu :

1.      Mengadakan pengamatan langsung ke lapangan dengan mengamati objek yang diteliti guna mendapatkan data yang lengkap.

2.      Wawancara, yaitu dengan melakukan percakapan dengan narasumber.

3.      Pemanfaatan media informasi untuk menambah bahan – bahan materi yang penulis bperlukan guna melengkapi karya tulis ilmiahini penulis menggunakan media informasi internet.

B.     Jenis Penelitian

Jenis Penelitian yang telah ditemukan penulis dalam meakukan pengamatan ini menggunakan langkah – langkah sebagai berikut :

1.      Memilih masalah

2.      Pengumpulan data

3.      Menentukan sumber data

4.      Mengelola data

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

PEMBAHASAN

A.    Pengertian Taman Pintar

Taman Pintar Yogyakarta ( TPY ) adalah salah satu wisata pendidikan atau wisata edukasi paling banyak di kunjungi di Yogyakarta.

Rasanya belum lengkap bila mengunjungi kota Yogyakarta tidak menyempatkan diri bermain ke Taman Pintar Yogyakarta bersama keluarga dan anak-anak. Pada bangunannya menampilkan nuansa moderen dan tradisional yang mempunyai keindahan tersendiri.

B.     Fungsi Taman Pintar

1.      Fungsi Rekreatif

Fungsi ini di miliki Taman Pintar karena pada dasarnya memang di pergunakan untuk rekreasi, baik bagi anak-anak, remaja, dewasa, bahkan untuk segala jenis usia. Tempat ini memiliki banyak wahana yang menghibur misalnya saja Taman mencari yang di gunakan anak-anak sebagai tempat bermain air.

2.      Fungsi Edukatif

Fungsi edukatif sangat besar posisinya juga disini karena sesuai dengan tujuan di bangunya Taman Pintar yakni memberikan wahana yang rekreatif namun juga edukatif yang dapat membantu mengembangkan dan menambah khasanah pengetahuan pengunjung. Fungsi edukatif yang menonjol disini memang dalam ilmu pengetahuan alam, namun terdapat pengetahuan tentang antaribsa, astronomi, sejarah, bahkan pendidikan karakterpun diterapkan disini. Dimana ada beragam tulisan yang mengingatkan bahwa kita tidak boleh menginjak rumput yanh berarti kita harus menghargai  makhluk hidup ciptaan Tuhan.

C.    Pengaruh Taman Pintar Bagi Masyarakat

Adapun beberapa dampak sosial, budaya, dan ekonomi adanya objek wisata Taman Pintar adalah :

1.      Memberitahu wahana bermain sekaligus belajar yang representatif bagi anak.

2.      Menjadikan pilihan objek wisata keluarga yang bermanfaat.

3.      Memberikan pilihan tempat belajar yang menarik bagi pendidik, karena disini anak-anak akan disuguhi keaneragaman permainan yang menambah khasanah pengetahuan.

4.      Taman Pintar juga bisa di jadikan sebagai tujuan wisata potensial untuk para wisatawan khususnya pelajar.

5.      Menambah pilihan mata pencaharian bagi penduduk sekitar dengan menjadi pedagang, petugas parkir, maupun petugas kebersihan.

6.      Menambah pendapatan kota Yogyakarta dari kunjungan pariwisata baik yang wisatawan asing maupun wisatawan mancanegara.

7.      Taman Pintar juga dapat di gunakan sebagai wahana pembelajaran pendidikan karakter yang kini banyak digembar-gembarkan.

Selain dampak positif terkadang persaingan antar pedagang, atau pengelola juga menimbulkan gesekan-gesekan tersendiri di objek wisata tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

PENUTUP

A.    Kesimpulan

            Dari pembahsan yang trlah di sampaikan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :

1.      Taman Pintar Yogyakarta ( TPY ) adalah salah satu wisata pendidikan atau wisata edukasi paling banyak di kunjungi di Yogyakarta . Pada bangunannya menampilkan nuansa moderen dan tradisional yang mempunyai keindahan tersendiri

2.      Taman Pintar mempunyai fungsi, yaitu fungsi rekreatif dan fungsi edukatif.

B.     Saran

Dari hasil penelitian ini, penulis ingin memberikan saran di antaranya :

1.      Kepada pengunjung agar mematuhi peraturan yang sudah di tetapkan.

2.      Penulis berharap agar Taman Pintar lebih berkembang lagi supaya pengunjung yang datang menambah wawasan yang sangat luas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

KBBI.1996:251

http://www.njogja.co.id/kota-yogyakarta/taman-pintar-yogyakarta/

http://sitinurwahyunis.blogspot.co.id/2012/11analisis-fenomena-sosial-di-taman-pintar-7921.html?m=1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Penulis bernama lengkap Farid Hidayat, lahir di Ciamis pada tanggal 1 Juli 1999. Penulis di lahirkan dari seorang ibu yang bernama Ocoh dan ayah yang bernama Jenal. Penulis merupakan anak ke tujuh dari enam bersaudara. Penulis sekarang brdomisli  di Dusun Cisema RT 04 RW 24 Desa Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis.

Adapun jenjang pendidikan yang telah penulis tempuh adalah sebagai berikut :

1.      Pendidikan Dasar di MI CISEMA 2007 dan lulus pada tahun 2012.

2.      Melanjutkan study ke MTs RANCAH pada tahun 2012 dan lulus pada tahun 2015.

3.      Melanjutkan ke Madrasah Aliyah Negeri 6 Ciamis pada tahun 2015 sampai sekarang dan mengambil dan mengambil jurusan  Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ).

Demikian riwayat hidup penulis, semoga Alloh SWT memberi rohmat dan hidayahnya .Amin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

DAFTAR HADIR BIMBINGAN

 

PRAKTEK KERJA LAPANGAN

 

YOGYAKARTA

 

No

Nama Pembimbing

No

Nama Peserta

1.

Ice Tince, S.S.Pd

1.

Dodi

 

 

2.

Dhimas Ilham Sya’bani

 

 

3.

Eva siti Maspuraoh

 

 

4.

Farid Hidayat

 

 

DAFTAR HADIR PESERTA

PRAKTEK KERJA LAPANGAN


YOGYAKARTA

 

No

Nama

Tempat

Paraf

1.

Dodi

Candi Borobudur

 

2.

Dhimas Ilham Sya’bani

 

 

3.

Eva Siti Maspuroh

Candi Borobudur

 

4.

Farid Hidayat

Taman Pintar

 

 

No comments:

Post a Comment