|
SOP PELAYANAN KB |
|
||
SOP |
No. Dokumen |
|
||
No. Revisi |
|
|||
Tanggal Terbit |
|
|||
Halaman |
|
|||
UPTD Puskesmas Tambaksari |
|
|
|
H. Iim Ibrahim, SKM NIP. 196410201984121001 |
1. Pengertian |
Keluarga Berencana adalah tindakan yang membantu individu atau pasangan suami isteri untuk menghindari kelahiran yang tidak diinginkan, mendapat kelahiran yang diinginkan, mengatur interval diantara kelahiran, mengontrol waktu saat kelahiran dalam hubungan dengan umur suami isteri, menentukan jumlah anak dalam keluarga. |
2. Tujuan |
Sebagai acuan dalam memberikan pelayanan Keluarga Berencana di unit KIA-KB |
3. Kebijakan |
Surat keputusan Kepala Puskesmas telagasari No. ............. tentang Penyelenggaraan Pelayanan KIA-KB |
4. Referensi |
1. Permenkes No.75 tahun 2014 tentang Puskesmas 2. Standar Pelayanan Kebidanan |
5. Prosedur |
1. Petugas memanggil pasien berdasarkan nomor urutan 2. Petugas mencocokan identitas pasien dengan identitas dalam rekam medis 3. Jika tidak sesuai petugas melakukan konfirmasi ulang ke bagian pendaftaran dan rekam medis, sampai terjadi kesesuaian 4. Petugas melakukan anamnesa terhadap pasien 5. Petugas melakukan pemeriksaan antropometri berat badan dan memeriksa tekanan darah pasien 6. Jika pasien merupakan akseptor baru petugas memberikan konseling KB dengan menggunakan ABPK (Alat Bantu Pengambilan Keputusan), jika pasien merupakan pasien lama petugas menanyakan keluhan utama 7. Petugas melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui kesesuaian alat kontrasepsi yang diinginkan pasien dengan keadaan fisik 8. Petugas melakukan penapsian/ pengkajian 9. Pada pasien baru jika terdapat ketidaksesuaian pilihan pasien dengan penapsian petugas meka kembali ke langkah 6. Jika tidak ada masalah petugas memberi inform concel pada pasien untuk pemberian jenis kontrasepsi yang dipilih 10. Petugas memberikan kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi dan pilihan pasien 11. Petugas memberikan konseling setelah pemberian alat kontrasepsi 12. Petugas menulis dan memberi resep bila perlu 13. Petugas mencatat di Rekam Medis KB, kartu KB, dan buku register 14. Petugas menjelaskan mengenai kunjungan ulang |
6. Hal-hal yang perlu diperhatikan |
Mengetahui adanya keadaan patologi pada ibu |
7. Unit terkait |
1. Unit pendaftaran 2. Unit BPU 3. Unit Farmasi 4. Unit Laboratorium |
8. Rekam Histori Perubahan
No. |
Yang Dirubah |
Isi Perubahan |
Tanggal Mulai Diberlakukan |
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment