a.
Membandingkan
nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05
dengan uji dua pihak dengan menggunakan rumus sebagai berikut: dk= n – 2
b.
Mencari
nilai thitung dari ttabel kemudian dibandingkan antara
hasil thitung dengan ttabel dengan ketentuan sebagai
berikut.
Selanjutnya untuk mengetahui apakah hasil pretest homogen atau tidak maka
nilai thitung dengan ttabel
dibandingkan melalui kriteria sebagai berikut:
a.
Jika thitung
> ttabel maka hitungan tersebut signifikan, dan artinya
hipotesis diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar pada peserta didik
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan hasil belajar pada peserta didik
yang menggunakan metode pembelajaran tutor
sebaya.
b.
Jika thitung
< ttabel maka hitungan tersebut non signifikan, dan
artinya hipotesis ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan hasil belajar pada
peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan hasil belajar pada peserta didik
yang menggunakan metode pembelajaran tutor
sebaya.
3.3 Tempat dan Waktu Penelitian
3.3.1 Tempat Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Rancah.
Penulis Memilih SMK Negeri 1 Rancah sebagai lokasi penelitian berdasarkan
pertimbangan, model pembelajaran kooperatif tipe make a match belum pernah
diterapkan di SMK N 1 Rancah dan diperkirakan metode kooperatif tipe make a match lebih cocok diterapkan di SMK N 1
Rancah.
1.3.2
Waktu Penelitian
Kegiatan ini dilakssanakan dengan melalui beberapa tahapan
kegiatan, diantaranya:
1.
Persiapan
2.
Pengumpulan
data
3.
Pelaksanaan
pengumpulan data
4.
Analisis
data
5.
Penyusunan
laporan
6.
Berdasarkan
tahapan kegiatan diatas maka agenda penelitian disajikan pada tabel di bawah
ini:
Tabel 3.8
|
|||||||||
Agenda Penelitian
|
|||||||||
NO
|
Kegiatan
|
Minggu ke
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pengumpulan data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pelaksanaan penumpulan data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Analisis data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Penyusunan laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment