BAB IV
HASIL PENELITIAN
DAN PEMBAHASAN
4.3
Hasil Penelitian
4.3.1
Profil SMK N 1 Rancah
4.3.1.1 Sejarah Berdiri SMK N 1 Rancah
SMK Negeri 1 Rancah yang
berlokasi di jalan raya Rajadesa No. 412, memiliki 20 ruangan yang berdiri
diatas tanah seluas 13.415 m2 dan
merupakan sekolah kejuruan pertama yang
berada di Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. SMK Negeri 1 Rancah berdiri pada
tanggal 14 mei 2007 dan mulai beroprasi pada tahun pelajaran 2007/2008 dengan
SK pendirian Nomor : 421.5/ 1006/ Disdik/ 2007 oleh Bupati Ciamis.
Identitas Sekolah
1.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMK Negeri 1 Rancah
|
2.
|
NSS
|
:
|
341021417019
|
3.
|
NIS
|
:
|
340190
|
4.
|
Alamat
|
:
|
Jalan Raya Rancah - Rajadesa No. 412 Telepon (0265) 2732615
|
|
|
|
Dusun Cileungsir, Desa Cileungsir, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis.
Provinsi Jawa Barat.
|
5.
|
SK Pendirian
|
:
|
Nomor : 421.5/1006/Disdik/2007
|
|
Sekolah
|
|
Tanggal : 14 Mei 2007 oleh Bupati Ciamis
|
6.
|
Bidang
|
:
|
1. Bisnis dan Manajemen
|
|
Keahlian
|
|
2. Teknik Informatika
|
|
|
|
3. Teknik Elektro
|
|
|
|
4. Teknik Otomotif
|
7.
|
Kompetensi
|
:
|
1. Multimedia
|
|
Keahlian
|
|
2. Akuntansi
|
|
|
|
3. Pemasaran
|
|
|
|
4. Teknik Audio Video
|
|
|
|
5. Teknik Kendaraan Ringan (Dibuka Tahun ini)
|
8.
|
Tanah
|
|
|
|
a. Luas Tanah
|
:
|
13.415 m2
|
|
b. Stataus kepemilikan
|
:
|
Pemerintah KabupatenCiamis ( Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis )
|
9.
|
NPWP
|
:
|
00.706.808.3-442.000
|
10.
|
Nama Kepala
|
:
|
Drs. H. JOKO MARYOTO
|
|
Sekolah
|
|
|
|
NIP
|
:
|
19641028 198803 1 005
|
11.
|
Ketua Komite
|
:
|
H.O.S. Masdiana
|
|
Sekolah
|
|
|
4.3.1.2 Visi Misi SMK N 1 Rancah
Dalam menjalankan kegiatan sekolahnya, SMK N 1 Rancah memiliki Visi dan
Misi. Visi dan Misi SMK N 1 Rancah sebagai berikut:
a.
VISI
“Melalui
pengembangan IMTAQ dan IPTEK, SMK N 1 Rancah menjadi sekolah yang menghasilkan
lulusan berkompetensi tinggi dan dapat bersaing dalam era globalisasi”.
b.
MISI
1.
Mewujudkan lulusan yang kokoh dalam IMTAQ dan unggul dalam IPTEK
2.
Meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas kinerja, tanggap dal
perubahan dan simpatik dalam layanan
3.
Melaksanakan sistem manajemen mutu berdasar ISO 9001-2008
4.
Membangun kemitraan dengan dunia kinerja bertaraf Nasional dan
Internasional
5.
Merealisasikan berbagai jenis bantuan sesuai dengan peruntukannya.
4.3.1.3 Struktur Organisasi SMKN 1 Rancah
STRUKTUR ORGANISASI
SMK NEGERI 1 RANCAH
TAHUN PELAJARAN 2015-2016
KOMITE SEKOLAH : H.O.S. Masdiana
KEPALA SEKOLAH : Drs. H. JOKO MARYOTO
KEPALA TATA USAHA : SURYANA, S.IP.
WAKIL KEPALA SEKOLAH :
1. BIDANG KURIKULUM : Drs. SARSIM, M.M.
2. BIDANG KEPESERTA
DIDIKAN : IWA TARSIWA, S.Pd.
3. BIDANG HUMAS : KUSNADI, S.Pd.
4. BIDANG SARANA PRA
SARANA : EPAN SUPANDI, S.Pd.
5. MANAJEMEN MUTU : ANDI SUARDI, S.Pd.
KETUA PROGRAM KEAHLIAN :
1. MULTIMEDIA : ANDRY KURNIAWAN, S.Kom.
2. AKUNTANSI : DENA WAHYUDESTIANA, S.E.
3 PEMASARAN : SUPRIADI, M.M.
4. AUDIO VIDEO : IWAN KURNIAWAN, S.Pd.
5. TEKNIK SEPEDA MOTOR : YUDI, S.Pd.
WALI KELAS :
XXX
4.3.2
Deskripsi Variabel Penelitian
4.3.2.1 Hasil Penelitian Tentang Perbedaan Tingkat Hasil Belajar Peserta didik Yang
Menggunakan Model Pembelajaran Type Make A Match (Mencari Pasangan) Pada
Pengukuran Awal (Pretest) dan Pengukuran Akhir (Posttest) Pada Mata Pelajaran
Akuntansi Kelas X AK di SMK N 1 Rancah
Untuk mengetahui perbedaan tingkat hasil belajar peserta
didik yang menggunakan model pembelajaran kooperative type Make A Match pada
pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) (eksperimen) dalam
hal ini penulis menggunakan rumus N-Gain digunakan untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar melalui pretest ke posttest. Dalam penelitian ini nilai yang diambil
berasal dari nilai pretest dan nilai posttest yang dilaksanakan sebanyak 3
(tiga) kali dari 3 (tiga) kali pertemuan tatap muka pada materi mencatat
transaksi ke dalam jurnal yang hasilnya dirata – ratakan. Langkah – langkah
untuk mengetahui N-Gain kelas eksperimen adalah sebagai berikut:
1.
Mengumpulkan data hasil pretest dan posttest
Tabel 4.1
Hasil Pretest
dan Posttest
Kelas Eksperimen (X AK 1)
No
|
Nilai Pretest Ke
|
Nilai rata-rata
Pretest
|
Nilai Posttest Ke
|
Nilai rata - rata
Posttets
|
||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
50
|
40
|
45
|
45,00
|
80
|
85
|
80
|
81,67
|
2
|
30
|
30
|
40
|
33,33
|
85
|
80
|
85
|
83,33
|
3
|
5
|
30
|
30
|
21,67
|
90
|
80
|
75
|
81,67
|
4
|
30
|
50
|
60
|
46,67
|
75
|
75
|
80
|
76,67
|
5
|
10
|
30
|
50
|
30,00
|
75
|
80
|
75
|
76,67
|
6
|
25
|
35
|
40
|
33,33
|
90
|
80
|
80
|
83,33
|
7
|
40
|
20
|
35
|
31,67
|
75
|
85
|
100
|
86,67
|
8
|
20
|
60
|
50
|
43,33
|
90
|
80
|
90
|
86,67
|
9
|
30
|
40
|
30
|
35,00
|
85
|
100
|
100
|
95,00
|
10
|
20
|
50
|
40
|
36,67
|
75
|
90
|
75
|
80,00
|
11
|
5
|
40
|
60
|
35,00
|
80
|
85
|
80
|
81,67
|
12
|
10
|
30
|
30
|
23,33
|
95
|
80
|
85
|
86,67
|
13
|
20
|
20
|
40
|
26,67
|
85
|
90
|
90
|
88,33
|
14
|
35
|
40
|
40
|
38,33
|
90
|
100
|
80
|
90,00
|
15
|
70
|
50
|
20
|
46,67
|
90
|
90
|
90
|
90,00
|
16
|
30
|
30
|
40
|
33,33
|
85
|
80
|
90
|
85,00
|
17
|
10
|
40
|
50
|
33,33
|
80
|
80
|
80
|
80,00
|
18
|
60
|
50
|
45
|
51,67
|
95
|
70
|
90
|
85,00
|
19
|
60
|
30
|
40
|
43,33
|
75
|
90
|
100
|
88,33
|
20
|
50
|
40
|
50
|
46,67
|
95
|
100
|
70
|
88,33
|
21
|
30
|
30
|
40
|
33,33
|
85
|
80
|
85
|
83,33
|
22
|
5
|
30
|
30
|
21,67
|
90
|
80
|
75
|
81,67
|
23
|
30
|
50
|
60
|
46,67
|
75
|
75
|
80
|
76,67
|
24
|
10
|
30
|
50
|
30,00
|
75
|
80
|
75
|
76,67
|
25
|
25
|
35
|
40
|
33,33
|
90
|
80
|
80
|
83,33
|
26
|
40
|
20
|
35
|
31,67
|
75
|
85
|
100
|
86,67
|
27
|
5
|
40
|
60
|
35,00
|
80
|
85
|
80
|
81,67
|
28
|
10
|
30
|
30
|
23,33
|
95
|
80
|
85
|
86,67
|
29
|
20
|
20
|
40
|
26,67
|
85
|
90
|
90
|
88,33
|
30
|
35
|
40
|
40
|
38,33
|
90
|
100
|
80
|
90,00
|
31
|
70
|
50
|
20
|
46,67
|
90
|
90
|
90
|
90,00
|
32
|
10
|
40
|
50
|
33,33
|
80
|
80
|
80
|
80,00
|
33
|
60
|
50
|
45
|
51,67
|
95
|
70
|
90
|
85,00
|
34
|
60
|
30
|
40
|
43,33
|
75
|
90
|
100
|
88,33
|
35
|
50
|
40
|
50
|
46,67
|
95
|
100
|
70
|
88,33
|
|
1070
|
1290
|
1465
|
1066,67
|
2965
|
2965
|
2955
|
2961,68
|
30,57
|
36,85
|
41,85
|
30,47
|
84,71
|
84,71
|
84,42
|
84,61
|
2.
Membuat tabel perhitungan N-Gain
Berdasarkan nilai rata – rata pretest dan posttest,
langkah selanjutnya adalah menghitung nilai N-Gain peserta didik yang menjadi
sampel di kelas eksperimen. Untuk menentukan nilai N-Gain menggunakan rumus :
N-Gain =
Hake (dalam alawiyah, 2013:41)
Selanjutnya membuat
kategori N-Gain dengan ketentuan sebagai berikut:
g-tinggi : Nilai 0,8-1,0
g-sedang : Nilai 0,4-0,7
g-rendah : Nilai g ≤ 0,30
Hasil perhitungan N-Gain
kelas eksperimen adalah sebagai berikut:
Tabel 4.2
Hasil perhitungan N-Gain kelas Eksperimen
Sampel
|
Nilai
|
Gain
|
Kategori
|
|
Pretest
|
Posttets
|
|||
1
|
45,00
|
81,67
|
0,7
|
Sedang
|
2
|
33,33
|
83,33
|
0,7
|
Sedang
|
3
|
21,67
|
81,67
|
0,8
|
Tinggi
|
4
|
46,67
|
76,67
|
0,6
|
Sedang
|
5
|
30,00
|
76,67
|
0,7
|
Sedang
|
6
|
33,33
|
83,33
|
0,7
|
Sedang
|
7
|
31,67
|
86,67
|
0,8
|
Tinggi
|
8
|
43,33
|
86,67
|
0,8
|
Tinggi
|
9
|
35,00
|
95,00
|
0,9
|
Tinggi
|
10
|
36,67
|
80,00
|
0,7
|
Sedang
|
11
|
35,00
|
81,67
|
0,7
|
Sedang
|
12
|
23,33
|
86,67
|
0,8
|
Tinggi
|
13
|
26,67
|
88,33
|
0,8
|
Tinggi
|
14
|
38,33
|
90,00
|
0,8
|
Tinggi
|
15
|
46,67
|
90,00
|
0,8
|
Tinggi
|
16
|
33,33
|
85,00
|
0,8
|
Tinggi
|
17
|
33,33
|
80,00
|
0,7
|
Sedang
|
18
|
51,67
|
85,00
|
0,7
|
Sedang
|
19
|
43,33
|
88,33
|
0,8
|
Tinggi
|
20
|
46,67
|
88,33
|
0,8
|
Tinggi
|
21
|
33,33
|
83,33
|
0,7
|
Sedang
|
22
|
21,67
|
81,67
|
0,8
|
Tinggi
|
23
|
46,67
|
76,67
|
0,6
|
Sedang
|
24
|
30,00
|
76,67
|
0,7
|
Sedang
|
25
|
33,33
|
83,33
|
0,7
|
Sedang
|
26
|
31,67
|
86,67
|
0,8
|
Tinggi
|
27
|
35,00
|
81,67
|
0,7
|
Sedang
|
28
|
23,33
|
86,67
|
0,8
|
Tinggi
|
29
|
26,67
|
88,33
|
0,8
|
Tinggi
|
30
|
38,33
|
90,00
|
0,8
|
Tinggi
|
31
|
46,67
|
90,00
|
0,8
|
Tinggi
|
32
|
33,33
|
80,00
|
0,7
|
Sedang
|
33
|
51,67
|
85,00
|
0,7
|
Sedang
|
34
|
43,33
|
88,33
|
0,8
|
Tinggi
|
35
|
46,67
|
88,33
|
0,8
|
Tinggi
|
|
1066,67
|
1145,02
|
26
|
|
|
30,47
|
32,71
|
0,8
|
Tinggi
|
Berdasarkan tabel 4.2
diatas, dapat diketahui bahwa jumlah peserta didik yang memiliki kategori
N-Gain tinggi berjumlah 19 (sembilan belas) peserta didik, kategori N-Gain
sedang berjumlah 16 (enam belas) peserta didik, sedangkan peserta didik yang
memiliki kategori N-Gain rendah tidak ada. Sehingga berdasarkan perhitungan
N-Gain perbedaan tingkat hasil belajar peserta didik pada materi mencatat
transaksi kedalam jurnal dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada peserta didik kelas
eksperimen setelah melaksanakan pretest ke postest bernilai 0,8 dengan kategori
tinggi dengan peningkatan sebesar 131%.
4.3.2.2 Hasil Penelitian Tentang Perbedaan Tingkat Hasil Belajar Peserta didik Yang
Menggunakan Metode pembelajaran Tutor Sebaya Pada Pengukuran Awal (Pretest) dan
Pengukuran Akhir (Posttest) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X AK di SMK N 1
Rancah
Untuk mengetahui perbedaan tingkat hasil belajar peserta
didik yang menggunakan metode tutor sebaya pada pengukuran awal pengukuran awal
(pretest) dan pengukuran akhir (posttest) (kelas kontrol) dalam hal ini penulis
menggunakan rumus N-Gain digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
melalui pretest ke posttest. Dalam penelitian ini nilai yang diambil berasal
dari nilai pretest dan nilai posttest yang dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali
dari 3 (tiga) kali pertemuan tatap muka pada materi mencatat transaksi ke dalam
jurnal yang hasilnya dirata – ratakan. Langkah – langkah untuk mengetahui
N-Gain kelas eksperimen adalah sebagai berikut:
1.
Mengumpulkan data hasil pretest dan posttest
Tabel 4.3
Hasil Pretest
dan Posttest
Kelas Kontrol (X AK 3)
No
|
Nilai Pretest Ke
|
Nilai rata-rata
Pretest
|
Nilai Posttest Ke
|
Nilai rata - rata
Posttets
|
||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
40
|
40
|
35
|
41,67
|
75
|
80
|
75
|
76,67
|
2
|
35
|
30
|
40
|
35,00
|
80
|
75
|
80
|
78,33
|
3
|
10
|
10
|
35
|
18,33
|
80
|
75
|
75
|
76,67
|
4
|
25
|
40
|
55
|
40,00
|
70
|
75
|
80
|
75,00
|
5
|
20
|
40
|
30
|
30,00
|
75
|
75
|
70
|
73,33
|
6
|
30
|
30
|
40
|
35,00
|
80
|
80
|
75
|
78,33
|
7
|
35
|
25
|
30
|
28,33
|
75
|
85
|
90
|
83,33
|
8
|
25
|
35
|
50
|
43,33
|
80
|
90
|
85
|
85,00
|
9
|
30
|
30
|
40
|
33,33
|
85
|
85
|
95
|
88,33
|
10
|
50
|
30
|
35
|
38,33
|
80
|
90
|
75
|
81,67
|
11
|
15
|
25
|
45
|
28,33
|
80
|
75
|
80
|
78,33
|
12
|
10
|
40
|
30
|
26,67
|
75
|
80
|
85
|
80,00
|
13
|
20
|
30
|
30
|
26,67
|
85
|
90
|
85
|
86,67
|
14
|
35
|
35
|
30
|
33,33
|
90
|
90
|
95
|
91,67
|
15
|
60
|
50
|
25
|
45,00
|
80
|
90
|
85
|
85,00
|
16
|
30
|
30
|
40
|
33,33
|
85
|
85
|
90
|
86,67
|
17
|
20
|
20
|
55
|
31,67
|
80
|
80
|
75
|
78,33
|
18
|
50
|
50
|
50
|
50,00
|
90
|
75
|
90
|
85,00
|
19
|
60
|
30
|
35
|
41,67
|
75
|
90
|
95
|
86,67
|
20
|
40
|
50
|
50
|
46,67
|
80
|
75
|
70
|
75,00
|
21
|
35
|
30
|
40
|
35,00
|
80
|
75
|
80
|
78,33
|
22
|
10
|
10
|
35
|
18,33
|
80
|
75
|
75
|
76,67
|
23
|
25
|
40
|
55
|
40,00
|
70
|
75
|
80
|
75,00
|
24
|
20
|
40
|
30
|
30,00
|
75
|
75
|
70
|
73,33
|
25
|
30
|
30
|
40
|
35,00
|
80
|
80
|
75
|
78,33
|
26
|
35
|
25
|
30
|
28,33
|
75
|
85
|
90
|
83,33
|
27
|
15
|
25
|
45
|
28,33
|
80
|
75
|
80
|
78,33
|
28
|
10
|
40
|
30
|
26,67
|
75
|
80
|
85
|
80,00
|
29
|
20
|
30
|
30
|
26,67
|
85
|
90
|
85
|
86,67
|
30
|
35
|
35
|
30
|
33,33
|
90
|
90
|
95
|
91,67
|
31
|
20
|
20
|
55
|
31,67
|
80
|
80
|
75
|
78,33
|
32
|
50
|
50
|
50
|
50,00
|
90
|
75
|
90
|
85,00
|
33
|
60
|
30
|
35
|
41,67
|
75
|
90
|
95
|
86,67
|
34
|
40
|
50
|
50
|
46,67
|
80
|
75
|
70
|
75,00
|
35
|
20
|
40
|
30
|
30,00
|
75
|
75
|
70
|
73,33
|
|
1066
|
1167
|
1368
|
1208,33
|
2791
|
2837
|
2868
|
2829,99
|
|
30,88
|
33,2
|
38,08
|
34,52
|
79,74
|
82,2
|
82,37
|
80,85
|
2.
Membuat tabel perhitungan N-Gain
Berdasarkan nilai rata – rata pretest dan posttest,
langkah selanjutnya adalah menghitung nilai N-Gain peserta didik yang menjadi
sampel di kelas eksperimen. Untuk menentukan nilai N-Gain menggunakan rumus :
N-Gain =
Hake (dalam alawiyah, 2013:41)
Selanjutnya membuat
kategori N-Gain dengan ketentuan sebagai berikut:
g-tinggi : Nilai 0,8-1,0
g-sedang : Nilai 0,4-0,7
g-rendah : Nilai g ≤ 0,30
Hasil perhitungan N-Gain kelas
eksperimen adalah sebagai berikut:
Tabel 4.4
Hasil perhitungan N-Gain kelas Kontrol
Sampel
|
Nilai
|
Gain
|
Kategori
|
|
Pretest
|
Posttest
|
|||
1
|
41,67
|
76,67
|
0,6
|
Sedang
|
2
|
35
|
78,33
|
0,7
|
Sedang
|
3
|
18,33
|
76,67
|
0,7
|
Sedang
|
4
|
40,00
|
75,00
|
0,6
|
Sedang
|
5
|
30,00
|
73,33
|
0,6
|
Sedang
|
6
|
35,00
|
78,33
|
0,7
|
Sedang
|
7
|
28,33
|
83,33
|
0,8
|
Tinggi
|
8
|
43,33
|
85,00
|
0,7
|
Sedang
|
9
|
33,33
|
88,33
|
0,8
|
Tinggi
|
10
|
38,33
|
81,67
|
0,7
|
Sedang
|
11
|
28,33
|
78,33
|
0,7
|
Sedang
|
12
|
26,67
|
80,00
|
0,7
|
Sedang
|
13
|
26,67
|
86,67
|
0,8
|
Tinggi
|
14
|
33,33
|
91,67
|
0,9
|
Tinggi
|
15
|
45,00
|
85,00
|
0,7
|
Sedang
|
16
|
33,33
|
86,67
|
0,8
|
Tinggi
|
17
|
31,67
|
78,33
|
0,7
|
Sedang
|
18
|
50,00
|
85,00
|
0,7
|
Sedang
|
19
|
41,67
|
86,67
|
0,8
|
Tinggi
|
20
|
46,67
|
75,00
|
0,5
|
Sedang
|
21
|
35,00
|
78,33
|
0,7
|
Sedang
|
22
|
18,33
|
76,67
|
0,7
|
Sedang
|
23
|
40,00
|
75,00
|
0,6
|
Sedang
|
24
|
30,00
|
73,33
|
0,6
|
Sedang
|
25
|
35,00
|
78,33
|
0,7
|
Sedang
|
26
|
28,33
|
83,33
|
0,8
|
Tinggi
|
27
|
28,33
|
78,33
|
0,7
|
Sedang
|
28
|
26,67
|
80,00
|
0,7
|
Sedang
|
29
|
26,67
|
86,67
|
0,8
|
Tinggi
|
30
|
33,33
|
91,67
|
0,9
|
Tinggi
|
31
|
31,67
|
78,33
|
0,7
|
Sedang
|
32
|
50,00
|
85,00
|
0,7
|
Sedang
|
33
|
41,67
|
86,67
|
0,7
|
Sedang
|
34
|
46,67
|
75,00
|
0,8
|
Tinggi
|
35
|
30,00
|
73,33
|
0,5
|
Sedang
|
|
1208,33
|
2829,99
|
25
|
|
34,52
|
58,23
|
0,7
|
Sedang
|
Berdasarkan tabel 4.2
diatas, dapat diketahui bahwa jumlah peserta didik yang memiliki kategori
N-Gain tinggi berjumlah 10 (sepuluh) peserta didik, kategori N-Gain sedang
berjumlah 25 (dua puluh lima) peserta didik, sedangkan peserta didik yang
memiliki kategori N-Gain rendah tidak ada. Sehingga berdasarkan perhitungan
N-Gain perbedaan tingkat hasil belajar peserta didik pada materi mencatat
transaksi kedalam jurnal dengan menggunakan metode Tutor Sebaya pada peserta didik kelas kontrol setelah melaksanakan
pretest ke postest bernilai 0,7 dengan kategori sedang dengan peningkatan
sebesar 131%.
4.3.2.3 Hasil Penelitian Tentang Perbedaan
Hasil Belajar Peserta Didik yang menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match
(mencari pasangan) dengan Hasil Belajar Peserta Didik yang menggunakan Metode
Tutor Sebaya pada pengukuran akhir (posttes) pada mata pelajaran Akuntansi
kelas X SMK N 1 Rancah
Untuk mengetahui
perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan hasil
belajar peserta didik menggunakan metode Tutor
Sebaya pada pengukuran akhir (Posttes)
di kelas eksperimen dan (Posttes)
dikelas kontrol penulis menggunakan rumus uji t-tese.
Langkah – langkah untuk
mengetahui nilai t-test adalah
sebagai berikut :
1.
Membuat tabel persiapan uji t-test
Tabel 4.5
Tabel perhitungan uji t
Keterangan:
n =
Sampel
X1 = Nilai pretest kelas X AK 1
X2 = Nilai pretest kelas X AK 3
= Nilai rata
– rata kelas X AK 1
= Nilai rata – rata kelas X AK 3
= Nilai rata – rata kelas X AK 3
a.
Menentukan mean
1 =
|
dan
2 =
|
(Sudjana, 2005:67)
b.
Menentukan simpangan baku atau standar deviasi
S1 =
dan S2
=
(Sudjana, 2000:159)
c.
Menentukan
nilai t hitung dengan rumus t-test
(Sugiyono, 2013:273)
Keterangan:
t : t
hitung
X1 :
rata – rata hasil tes peserta didik pada kelas eksperimen
X2 :
rata – rata hasil tes peserta didik pada kelas kontrol
: varians kelas eksperimen
: varians kelas kontrol
: banyaknya subyek sekelompok eksperimen
: banyaknya subyek kelompok eksperimen
d.
Menentukan
derajat kebebasan (dk)
dk = n1 + n2 - 2
|
(Sugiyono, 2013:273)
Dengan taraf kepercayaan 95% (taraf nyata α = 0,05 )
e.
Menentukan
harga t tabel
Membandingkan thitung dengan ttabel langkah
– langkahnya adalah sebagai berikut:
a.
Membandingkan
nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05
dengan uji dua pihak dengan menggunakan rumus sebagai berikut: dk= n – 2
b.
Mencari
nilai thitung dari ttabel kemudian dibandingkan antara
hasil thitung dengan ttabel dengan ketentuan sebagai
berikut.
Selanjutnya untuk mengetahui apakah hasil pretest homogen atau tidak maka
nilai thitung dengan ttabel
dibandingkan melalui kriteria sebagai berikut:
a.
Jika thitung
> ttabel maka hitungan tersebut signifikan, dan artinya
hipotesis diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar pada peserta didik
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan hasil belajar pada peserta didik
yang menggunakan metode pembelajaran tutor
sebaya.
b.
Jika thitung
< ttabel maka hitungan tersebut non signifikan, dan
artinya hipotesis ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan hasil belajar pada
peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan hasil belajar pada peserta didik
yang menggunakan metode pembelajaran tutor
sebaya.
No comments:
Post a Comment