BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
5.1.
Simpulan
Berdasarkan temuan dan
hasil yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.
Upaya
Meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung permulaan melalui metode jarimatika
pada kelompok B TK PGRI TUNAS PATAKA, telah memberikan hasil yang memuaskan.
Hal tersebut terbukti dari rekapitulasi penilaian kemampuan anak dalam
berhitung menggunakan metode jarimatika. Pada studi awal hanya 4 anak atau 27%
dari 15 siswa, pada siklus I siswa yang mampu dan paham mencapai 47% atau 7
anak, jadi prestasi siswa dari studi awal ke siklus I bertambah 3 anak atau
20%. Peningkatan kemampuan siswa dalam berhitung menggunakan metode jarimatika
yang cukup baik terlihat pada siklus II yaitu mencapai 80% atau 12 anak dari 15
siswa.
2.
Motivasi
siswa dalam pembelajaran berhitung permulaan melalui metode jarimatika pada
anak kelompok B TK PGRI TUNAS PATAKA, juga mengalami peningkatan, hal ini
dikarenakan berhitung dengan metode jarimatika dilakukan dengan menggunakan
nyanyian dan yel-yel yang tidak membebani memori otak anak, sehingga anak
merasa senang dan tidak terbebani.
3.
Belajar
berhitung dengan menggunakan metode jarimatika relatif tidak memberatkan memori
otak, karena diberikan secara menyenangkan maka sistem linbik diotak anak akan
senantiasa terbuka sehingga memudahkan anak dalam menerima materi baru dan ini
merupakan langkah awal membangun rasa percaya diri anak untuk lebih jauh
menguasai ilmu matematika seperti yang diungkapkan oleh Septi Peni Wulandani
(2004).
5.2.
Implikasi
1.
Berdasarkan
penelitian, pengamatan dan penerapan perbaikan pembelajaran berhitung permulaan
yang kami lakukan pada kelompok B TK PGRI TUNAS PATAKA Kecamatan Rancah, ternyata menimbulkan dampak
yang sangat positif bagi peningkatan kemampuan anak dalam berhitung permulaan.
Untuk itulah kami berharap agar penerapan pembelajaran berhitung dengan metode
jarimatika ini dapat diteruskan sebagai suatu metode pembelajaran yang
berkelanjutan.
2.
Agar
terlaksananya pembelajaran dengan metode jarimatika dapat terwujud sangatlah
diharapkan uluran tangan yang arif dan bijaksana dari ketua lembaga/yayasan
untuk memberikan rekomendasi kepada kepala sekolah agar metode pembelajaran
jarimatika ini dimasukan dalam KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan).
5.3
Saran
1.
Bagi
siswa diharapkan agar metode jarimatika selalu dipakai dalam pembelajaran
berhitung permulaan
2.
Diharapkan
kepada kepala sekolah dapat menerapkan metode jarimatika menjadi salah satu Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan dalam pengembangan pembelajaran berhitung.
3.
Mengingat
pelaksanaan penelitian ini hanya berjalan 2 siklus, maka peneliti atau guru
lain diharapkan dapat melanjutkan untuk mendapatkan temuan-temuan yang lebih
kompleks dan memuaskan.
4.
Pelaksanaan
kegiatan pembelajaran berhitung untuk Meningkatkan kemampuan anak kelompok B TK
PGRI TUNAS PATAKA ini, dalam penelitiannya masih kurang optimal dan sempurna
sebagai penelitian yang ideal.
5.
Kegiatan
berhitung permulaan untuk motivasi dan Meningkatkan kemampuan siswa akan
berhasil jika dilakukan dengan senang, gembira dan mudah tanpa membebani anak
serta menggunakan metode yang sesuai dengan dunia anak.
6.
Kepada
Depdiknas dimohon untuk merespon dan menindak lanjuti hasil observasi
pembelajaran berhitung permulaan dengan metode jarimatika di TK PGRI TUNAS
PATAKA Kecamatan Rancah dikaji lebih jauh kemungkinan untuk diterapkan pada
pendidikan pra sekolah.
DAFTAR PUSTAKA
Anggora M.Toha, dkk (2008). Metode Penelitian, Jakarta
: Universitas Terbuka
Anonim .2011”Pengertian Uji Validitas Data” UT UPBJJ
Purwokerto, diakses (Minggu 23 Oktober 2011, 21.30) di
Depdiknas (2007). Permaianan Berhitung Permulaan.
Jakarta.
Ian. 2011.“Pengertian Tentang Kemampuan”. UT.UPBJJ
Purwokerto. Diakses Selasa, 4 Oktober 2011, 14.30 di http://www.ian43.wordpress.com
Kayvan Umy 2009. 57 Permainan Kreatif untuk
Mencerdaskan Anak. Jakarta: Media Kita.
Lestari Ririn Anggia, FIB UI (2009), UT UPBJJ
Purwokerto diakses (Minggu 23 Oktober 2011, 21.45) di http://www.teorionline.wordpress.com/2010/01/24/
Pekerti Widia, dkk .2010., Metode Pengembangan Seni
(PGPAUD 2402). Jakarta : Universitas Terbuka.
Pengertian Uji Validitas Data UT UPBJJ Purwokerto,
diakses (Minggu 23 Oktober 2011, 21.30) di http://www.scribd.com/doc/54258199/21/Uji-validitas-data
Sujono Yuliani Nurani, dkk .2009. Metode Pengembangan
Kognitif. (PGPAUD2101) Jakarta : Universitas Terbuka.
Tim PKP PG PAUD. 2008. Panduan Pemantapan Kemampuan
Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wardani IGAK, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta : Universitas Terbuka.
Wulandani Septi Peni. 2004. Jarimatika, Penambahan dan
Pengurangan. Kawan Pustaka. (UT. UPBJJ Purwokerto. Diakes (minggu/23 oktober
2011, 21.00) di http://www.jarimatika.com
No comments:
Post a Comment