Thursday, January 11, 2018

CONTOH PTK ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS ) PAUD BAB V



BAB V
SIMPULAN DAN SARAN

5.1.  Simpulan
Berdasarkan temuan dan hasil yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.      Upaya Meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung permulaan melalui metode jarimatika pada kelompok B TK PGRI TUNAS PATAKA, telah memberikan hasil yang memuaskan. Hal tersebut terbukti dari rekapitulasi penilaian kemampuan anak dalam berhitung menggunakan metode jarimatika. Pada studi awal hanya 4 anak atau 27% dari 15 siswa, pada siklus I siswa yang mampu dan paham mencapai 47% atau 7 anak, jadi prestasi siswa dari studi awal ke siklus I bertambah 3 anak atau 20%. Peningkatan kemampuan siswa dalam berhitung menggunakan metode jarimatika yang cukup baik terlihat pada siklus II yaitu mencapai 80% atau 12 anak dari 15 siswa.
2.      Motivasi siswa dalam pembelajaran berhitung permulaan melalui metode jarimatika pada anak kelompok B TK PGRI TUNAS PATAKA, juga mengalami peningkatan, hal ini dikarenakan berhitung dengan metode jarimatika dilakukan dengan menggunakan nyanyian dan yel-yel yang tidak membebani memori otak anak, sehingga anak merasa senang dan tidak terbebani.
3.      Belajar berhitung dengan menggunakan metode jarimatika relatif tidak memberatkan memori otak, karena diberikan secara menyenangkan maka sistem linbik diotak anak akan senantiasa terbuka sehingga memudahkan anak dalam menerima materi baru dan ini merupakan langkah awal membangun rasa percaya diri anak untuk lebih jauh menguasai ilmu matematika seperti yang diungkapkan oleh Septi Peni Wulandani (2004).

5.2.       Implikasi
1.      Berdasarkan penelitian, pengamatan dan penerapan perbaikan pembelajaran berhitung permulaan yang kami lakukan pada kelompok B TK PGRI TUNAS PATAKA  Kecamatan Rancah, ternyata menimbulkan dampak yang sangat positif bagi peningkatan kemampuan anak dalam berhitung permulaan. Untuk itulah kami berharap agar penerapan pembelajaran berhitung dengan metode jarimatika ini dapat diteruskan sebagai suatu metode pembelajaran yang berkelanjutan.
2.      Agar terlaksananya pembelajaran dengan metode jarimatika dapat terwujud sangatlah diharapkan uluran tangan yang arif dan bijaksana dari ketua lembaga/yayasan untuk memberikan rekomendasi kepada kepala sekolah agar metode pembelajaran jarimatika ini dimasukan dalam KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan).

5.3    Saran
1.      Bagi siswa diharapkan agar metode jarimatika selalu dipakai dalam pembelajaran berhitung permulaan
2.      Diharapkan kepada kepala sekolah dapat menerapkan metode jarimatika menjadi salah satu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam pengembangan pembelajaran berhitung.
3.      Mengingat pelaksanaan penelitian ini hanya berjalan 2 siklus, maka peneliti atau guru lain diharapkan dapat melanjutkan untuk mendapatkan temuan-temuan yang lebih kompleks dan memuaskan.
4.      Pelaksanaan kegiatan pembelajaran berhitung untuk Meningkatkan kemampuan anak kelompok B TK PGRI TUNAS PATAKA ini, dalam penelitiannya masih kurang optimal dan sempurna sebagai penelitian yang ideal.
5.      Kegiatan berhitung permulaan untuk motivasi dan Meningkatkan kemampuan siswa akan berhasil jika dilakukan dengan senang, gembira dan mudah tanpa membebani anak serta menggunakan metode yang sesuai dengan dunia anak.
6.      Kepada Depdiknas dimohon untuk merespon dan menindak lanjuti hasil observasi pembelajaran berhitung permulaan dengan metode jarimatika di TK PGRI TUNAS PATAKA Kecamatan Rancah dikaji lebih jauh kemungkinan untuk diterapkan pada pendidikan pra sekolah.
DAFTAR PUSTAKA

Anggora M.Toha, dkk (2008). Metode Penelitian, Jakarta : Universitas Terbuka
Anonim .2011”Pengertian Uji Validitas Data” UT UPBJJ Purwokerto, diakses (Minggu 23 Oktober 2011, 21.30) di
Depdiknas (2007). Permaianan Berhitung Permulaan. Jakarta.
Ian. 2011.“Pengertian Tentang Kemampuan”. UT.UPBJJ Purwokerto. Diakses Selasa, 4 Oktober 2011, 14.30 di http://www.ian43.wordpress.com
Kayvan Umy 2009. 57 Permainan Kreatif untuk Mencerdaskan Anak. Jakarta: Media Kita.
Lestari Ririn Anggia, FIB UI (2009), UT UPBJJ Purwokerto diakses (Minggu 23 Oktober 2011, 21.45) di http://www.teorionline.wordpress.com/2010/01/24/
Pekerti Widia, dkk .2010., Metode Pengembangan Seni (PGPAUD 2402). Jakarta : Universitas Terbuka.
Pengertian Uji Validitas Data UT UPBJJ Purwokerto, diakses (Minggu 23 Oktober 2011, 21.30) di http://www.scribd.com/doc/54258199/21/Uji-validitas-data
Sujono Yuliani Nurani, dkk .2009. Metode Pengembangan Kognitif. (PGPAUD2101) Jakarta : Universitas Terbuka.
Tim PKP PG PAUD. 2008. Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wardani IGAK, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wulandani Septi Peni. 2004. Jarimatika, Penambahan dan Pengurangan. Kawan Pustaka. (UT. UPBJJ Purwokerto. Diakes (minggu/23 oktober 2011, 21.00) di http://www.jarimatika.com

No comments:

Post a Comment