Thursday, January 11, 2018

SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA SMA DAN MA (WAJIB)



SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA SMA DAN MA
(WAJIB)

Satuan Pendidikan              : SMA
Kelas                                      : XI (Ganjil)
Kompetensi Inti                    :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa





2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
1.2  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama





2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik
1.3  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama














2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan kriminal (terorisme)
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas






3.1    Mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
·     Isi teks prosedur

Mengamati
  • membaca contoh  teks prosedur mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks prosedur (abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi, evaluasi, dan koda)
  • membaca contoh teks prosedur yang lain
Mempertanyakan
  • mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks prosedur yang dibaca
  • membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks prosedur
  • membuat pertanyaan berkaitan dengan pernyataan umum dalam teks prosedur
Mengeksplorasi
  • menemukan struktur isi teks prosedur
  •  menemukan ciri bahasa teks prosedur
  •  mendiskusikan hasil temuan terkait dengan struktur isi  dan ciri bahasa teks prosedur.
  • Mengidentifikasi teks prosedur dengan memperhatikan isi,  pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur.

Mengasosiasi
  • Mencari hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa teks prosedur
  • Mendiskusikan hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa teks prosedur
  • menyimpulkan isi,dan ciri bahasa teks prosedur
  • mendiskusikan pernyataan jenis umum yang ada dalam teks prosedur
  • Membuat rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat

Mengkomunikasikan
  • Menjelaskan struktur isi dan ciri bahasa teks prosedur
  • saling menilai kebenaran/ketepatan penjelasan teman/kelompok
  • Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks prosedur
  • menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks prosedur
·          secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks prosedur baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah teks prosedur
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi  makna teks prosedur baik secara lisan maupun tulisan






































4 Mg x 4 jp
·  Internet
·  Media massa
·  Buku kumpulan cerpen
·  Buku yang berkaitan dengan genre teks



4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis.

3.2    Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
Teks Prosedur:
·       struktur;
·       kebahasaan;
·       konjungsi ;
·       jenis kalimat; dan
·       verba material dan verba tingkah laku.

Mengamati
·    membaca dua teks prosedur
·    menggali pengalaman, peristiwa/kejadian yang ada keterkaitannnya dengan teks prosedur
Mempertanyakan
·      mempertanyakan struktur isi dan cirri bahasa teks prosedur
·      mempertanyakan topik pengalaman, peristiwa/kejadian yang digali
·      menanyakan jenis konjungsi, jenis kalimat dan verba material, juga verba tingkah laku
Mengeksplorasi
·       mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks prosedur yang dibaca
·    mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks prosedur yang dibaca
·      mengidentifikasi perbedaan  struktur isi dua buah teks prosedur yang dibaca
·    mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua buah teks prosedur yang dibaca
·    menemukan konjungsi dalam dua teks prosedur
·    menentukan jenis kalimat yang ada pada dua teks prosedur
·    menentukan jenis verba material dan verba tingkah laku dalam dua teks prosedur
·    mengembangkan teks prosedur buatan sendiri berdasar hasil analisis dua teks prosedur dengan memperhatikan jenis konjungsi, jenis kalimat, verba material dan verba tingkah laku juga struktur isi dan bahasana
Mengasosiasi
·    mendiskusikandan menyimpulkan persamaan dan  perbedaan dua buah teks prosedur dalam diskusi kelas
·    mendiskusikan dan menyimpulkan jenis konjungsi, jenis kalimat dan verba material, verba tingkah laku dalam dua teks prosedur yang telah dibaca
Mengomunikasikan
·    menjelaskan persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks prosedur
·    membacakan hasil diskusi  teks prosedur tentang jenis konjungsi, jenis kalimat, verba material juga verba tingkah laku hasil temuan dalam diskusi
·    membacakan hasil buatan sendiri mengenai teks prosedur

Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur yang dibaca.
·          secara individual peserta didik dimintaimenganalisis jenis konjungsi, jenis kalimat, verba material dan verba tingkah laku dalam dua teks prosedur yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
·          menegmbangkan teks prosedur hasil analisis dua teks prosedur dengan memperhatikan struktur isi dan bahasa
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur yang dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks cerita sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan


4 Mg x 4 jp
·   Internet
·   Media massa
·   Buku yang berkaitan dengan genre teks












4.2  Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan hasil analisisterhadap isi, struktur, dan kebahasaan



3.3  Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis

Teks Eksplanasi:
·       pengertian;
·       isi; dan
·       kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas
Mengamati
·     membaca contoh  teks eksplanasi kompleks
·     mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks eksplanasi
Mempertanyakan
·     mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan isi teks eksplanasi  yang dibaca
·     membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksplanasi
Mengeksplrorasi
·     menemukan pengertian teks eksplanasi
·     menentukan makna/maksud isi teks eksplanasi
·     menemukan kejadian yang menunjukan hubungan kausalitasdalam teks ekplanasi
·     mengkontruksi informasi ( pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi
Mengasosiasi
·     mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan pengertian teks eksplanasi
·     mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks eksplanasi  dalam diskusi kelas dengan saling menghargai
·     mendiskusikan kejadian yang menunjukanhubungan kausalitas sebagai teks ekplanasi
Mengomunikasikan
·     Mempresentasikan hasil diskusi terkait dengan pengertian teks eksplanasi
·     mempresentasikan makna/ maksud teks eksplanasi  dengan rasa percaya diri
·     mempresentasikan hasil temuan kejadian yang menunjukan hubungan kausalitas
·      menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks ekplanasi
·          secara individual peserta didik diminta menkontruksi teks ekplanasi sesuai dengan isi dan kejadian yang menunjukan teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah teks ekplanasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks ekplanasi sesuai dengan pengertiandan kejadian yang menunjukan teks baik secara lisan maupun tulisan
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     Media massa
·     Berbagai teks ekplanasi
·     Buku yang berkaitan dengan genre teks













4.3   mengkontruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis

3.3           Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks  eksplanasi

Teks Eksplanasi:
·       Struktur;
·       Kebahasaan; dan
·       Konjungsi.


Mengamati
·     membaca contoh  teks eksplanasi
·     mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks eksplanasi
Mempertanyakan
·     mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks eksplanasi yang dibaca
·     membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksplanasi kompleks
·     mempertanyakan jenis konjungsi yang ada dalam teks ekplanasi
Mengeksplorasi
·     menemukan struktur isi teks eksplanasi
·     menemukan ciri bahasa teks eksplanasi
·     menentukan makna/maksud isi teks eksplanasi
·     menemukan jenis konjungsi yang ada dalam teks ekplanasi


Mengasosiasi
·     mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi  dan ciri bahasa teks eksplanasi
·     mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks eksplanasi  dalam diskusi kelas dengan saling menghargai
·     menduskusikan dan menyimpulkan jenis konjungsi yang ada dalam teks ekplanasi
Mengomunikasikan
·     Mempresentasikan hasil diskusi terkait dengan struktur isi  dan ciri bahasa teks eksplanasi
·     mempresentasikan makna/ maksud teks eksplanasi dengan rasa percaya diri
·     mempresentasikan jenis konjungsi yang ada dalam teks ekplanasi
·     menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks ekplanasi
·          secara individual peserta didik diminta menyunting teks ekplanasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah teks ekplanasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks ekplanasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     Media massa
·     Berbagai teks ekplanasi
·     Buku yang berkaitan dengan genre teks
4.4  memproduksi teks ekplanasi secara lisan atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
3.4           Mengidentifikasi unsur-unsur ceramah, kebahasan, isi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
Ceramah:
·         unsur-unsur;
·         kebahasaan; dan
·         isi.

Mengamati
·     membaca contoh  teks  ceramah
·     mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi ceramah
Mempertanyakan
·     mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan  unsur- unsur ceramah yang dibaca
·     membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi ceramah

Mengeksplorasi
·     menemukan unsur- unsur ceramah
·     menemukan ciri bahasa ceramah
·     menentukan makna/maksud isi dari ceramah
·     menyusun bagian- bagian penting yang diangkat sebagai permasalahan aktual untuk bahan ceramah
Mengasosiasi
·     mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan unsur- unsur dan ciri bahasa ceramah
·     mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud isi ceramah dalam diskusi kelas dengan saling menghargai
·     mendiskusikan bagian- bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
Mengomunikasikan
·     Mempresentasikan hasil diskusi terkait dengan unsur- unsur  dan ciri bahasa teks eksplanasi
·     mempresentasikan makna/ maksud isi ceramah dengan rasa percaya diri
·     membacakan bagian- bagian penting yang dapat dijadikan bahan ceramah
·     menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  ceramah
·          secara individual peserta didik diminta menyusun bagian bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan ceramah
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyusun      teks ceramah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

4 Mg x 4 jp

·   Internet
·   Media massa
·   buku kumpulan ceramah
·   Buku yang berkaitan dengan genre teks

4.5  menyusun bagian- bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah






3.5  Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
Teks ceramah:
·         isi;
·         struktur;
·         kebahasaan; dan
·         teknik orasi ceramah
Mengamati
·    membaca contoh  teks  ceramah
·    mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi ceramah
Mempertanyakan
·    mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan struktur ceramah yang dibaca
·    membuat pertanyaan yang berhubungan dengan teknik orasi ceramah

Mengeksplorasi
·    menemukan isi  ceramah
·    menemukan struktur ceramah
·    menentukan ciri kebahasaa dari ceramah
·    mengkontruksi ceramah dengan permasalah yangaktual dengan memperhatikan aspek kebahasaan, dan struktur yang tepat.
·    mencari teknik orasi ceramah
Mengasosiasi
·      mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan isi, struktur dan bahasa ceramah
·      mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud isi ceramah dalam diskusi kelas dengan saling menghargai
·      mendiskusikan bagian- bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
·      mendiskusikan teknik orasi yang tepat dalam ceramah
·      Menggali isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
·      Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema,   dan struktur.
Mengomunikasikan
·      Mempresentasikan hasil diskusi terkait dengan isi, struktur dan ciri bahasa ceramah
·      mempresentasikan makna/ maksud isi ceramah dengan rasa percaya diri
·      membacakan bagian- bagian penting yang dapat dijadikan bahan ceramah
·      menyusun kembali teks ceramah
·      menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
·      membacakan ceramah dengan orasi yang tepat





Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah eramah secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks ceramah baik secara lisan maupun tulisan

Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah ceramah
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks ceramah baik secara lisan maupun tulisan






4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     buku kumpulan ceramah

4.1 Mengkontruksi ceramah dengan permasalahan aktual dengan memperhatikan aspek kebahasaan, dan menggunakan struktur yang tepat

3.7    Menemukan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
Buku pengayaan nonfiksi:
·    isi buku;
·    keunggulan buku;
·    kelemahan buku; dan
·    simpulan.

Mengamati
·      membaca buku nonfiksi
Mempertanyakan
·       mempertanyakan isi buku nonfiksi yang dibaca
·      Mempertanyakan keunggulan dan kelemahan dalam buku nonfiksi  yang dibaca
Mengeksplorasi
·      menganalisis isi  buku nonfiksi dengan cermat
·      menentukan unsur- unsur penting buku nonfiksi yang dibaca
·      menganalisis keunggulan buku nonfiksi dengan cermat
·      menganalisis kelemahan buku nonfiksi dengan cermat
·      membuat kesimpulan buku nonfiksi yang dibaca dengan cermat
Mengasosiasi
·      mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis isi buku nonfiksi
·      mendiskusikan dan menyimpulkan hasil penyuntingan teman terhadap buku nonfiksi mengenai keuggulan dan kelemahan buku nonfiksi yang ditulis
·      memperbaiki teks pantun berdasarkan hasil suntingan teman
·      menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai- nilai yang terkandung didalamnya
Mengomunikasikan
·      mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri
·      menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.


Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami buku nonfiksi
·          secara individual peserta didik diminta menganalisis dan menyusun laporan buku nonfiksi baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang hasil analisa buku nonfiksi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis buku nonfiksi baik secara lisan maupun tulisan


4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     buku kumpulan non fiksi










4.7  Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
3.8     Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca
Cerpen:
·      Isi cerpen
·      Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen
·      Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
·      Kebahasaan cerpen
·         Majas
·         peribahasa
·         ungkapan
Mengamati
·         membaca teks cerpen
Mempertanyakan
·          mempertanyakan isi cerpen yang dibaca
·         mempertanyakan nilai kehidupan dalam cerpen
·         menanyakan unsur kebahasaan dalam cerpen
Mengeksplorasi
·         menganalisis isi  cerpen dengan cermat
·         menganalisis nilai – nilai kehidupan yang ditemukan dalam cerpen yang dibaca dengan cermat
·         menentukan unsur ntrinsik dan ektrinsik cerpen
·         menemukan unsur kebahasaan dalam cerpen ( majas, peribahasa, ungkapan)
Mengasosiasi
·         mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis isi dan nilai – nilai kehidupan dalam cerpen
·         mendiskusikan dan menyimpulkan unsur intrinsik dan ektrinsik dari cerpen yang dibaca
·         mendiskusikan dan menyimpulkan kebahasaan dalam cerpen

Mengomunikasikan
·         mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri
·         menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
·         membacakan nilai- nilai kehidupan yang ditemukan dalam cerpen termasuk unsur intrinsik dan ektrinsik dalam cerpen
·         mengomentari/menanggapi struktur isi kebahasaan cerpen  yang dibacakan dengan santun


Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi cerpen
·          secara individual peserta didik diminta menemukan nilai nilai kehidupan dan unsur intrinsik ektrinsik juga kebahasaan dalam cerpen
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang nilai nilai yang ditemukan dalam cerpen
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menemukan nilai- nilai kehidupan dalam cerpen baik secara lisan maupun tulisan
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     Buku kumpulan cerpen















4.8 mendemontrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam salah satu cerita pendek





3.9    Menganalisis  unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
Cerpen:
·         Unsur-unsur pembangun cerpen
·         Merekonstruksi cerpen.

Mengamati
·         membaca beberapa cerpen dari kumpulan cerpen
·         mencermati uraian yang berkaitan dengan  unsur- unsur pembangun cerpen
Mempertanyakan
·         mempertanyakan unsur- unsur pembangun cerpen
·         mempertanyakan babagaimana merekontruksi cerepen
Mengeksplorasi
·         menemukan unsur- unsur pembangun sebuah cerpen dari beberapa kumpulan cerpen
·         mengidentifikasi cerpen dengan memperhatikan unsur- unsur pembangun cerpen
Mengasosiasi
·         mendiskusikan dan menyimpulkan unsur unsur pembangun cerpen
·         menyusun kembali cerpen dengan memperhatikan unsur- unsur pembangun cerepen
Mengomunikasikan
·         menyampaikan unsur- unsur pembangun sebuah cerpen
·         membacakan cerpen
·         Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami unsur- unsur pembangun cerpen
·          secara individual peserta didik diminta menganalisis unsur- unsur pembangun cerepen dan mengkontruksi sebuah cerpen
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang unsur- unsur pembangun cerpen
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengkontruksi cerpen sesuai dengan unsur- unsur pembangun cerpen baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     buku kumpulan cerpen

4.9    Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.






















SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
(WAJIB)

Satuan Pendidikan         : SMA
Kelas/Semester             : XI/Genap
Kompetensi Inti             :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa





2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
1.2  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama





2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik
1.3  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama

























2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan kriminal (terorisme)
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas





3.10 Menemukan  butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca


Buku nonfiksi:
·       isi buku pengayaan;
·       keunggulan buku;
·       kelemahan buku; dan
simpulan
Mengamati
Membaca buku dua buku nonfiksi
Mempertanyakan
·     mempertanyakan keunggulan dan kekurangan buku nonfiksi
·     mempertanyakan hubungan antara buku nonfiksi dan teks ekplanasi
Mengeksplorasi
·         mengidentifikasi isi kedua buku nonfiksi
·         mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan dari dua buku nonfiksi
·         membuat kesimpulan dari dua buku nonfiksi yang telah dibaca
·         mengungkapkan kesan pribadi mengenai dua buku nonfiksi yang telah dibaca
Mengasosiasi
·         mendiskusikan kedua isi buku nonfiksi
·         mendiskusikan dan menyimpulkan keunggulan dan kelemahan dari setiap buku noniksi yang telah dibaca
·         mendiskusikan dan menyimpulkan kesan pribadi terhadap biku yang telah dibaca dan membuat kesimpulanna
·      Mengomunikasikan
·     Mempresentasikan hasil kerja kelompok mengenai ulasan dari dua buah buku nonfiksi
·     Memberikan tanggapan dan komentar atas presentasi kelompok lain secara mandiri dan sopan.
Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi buku, keunggulan kelemahan dari setiap buku nonfiksi
·         secara individual peserta didik diminta mengungkapkan kesan pribadi terhadap buku nonfoksi
·         secara individual peserta didik mampu membuat kesimpulan dari buku nonfiksi yang telah dibacanya

Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang membuat kesimpulan buku nonfiksi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengungkapkan kesan pribadi terhadap buku yang telah dibacanya

4 Mg x 4 jp
·     Internet
·      Beberapa buku nonfiksi











4.10  mempertunjukan kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat

3.11 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.


Buku Fiksi:
·         isi buku fiksi;
·         bagian-bagian dalam buku fiksi; dan
·         ulasan terhadap buku fiksi.

Mengamati
·     membaca salah satu buku fiksi

Mempertanyakan
·     mempertanyakan pesan yang dapat diambil dari buku fiksi
·     Mempertanyakan membuat ulasan dari buku fiksi
Mengeksplorasi
·     Mengidentifikasi isi buku fiksi
·     Mengidentifikasi bagian- bagian yang membangun sebuah cerita fiksi yang dibaca
·     Mengungkapkan ulasan dari cerita buku fiksi dengan mengunggkapakan keunggulan dan kelemahan bukunya
Mengasosiasi
·     mendiskusikandan menyimpulkan bagian- bagian yang membangun cerita fiksi
·     mendiskusikan dan menyimpulkan ulasan yang telah dibuat dari cerita fiksi yang dibaca
Mengomunikasikan
·     mempresentasikan dan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja dalam diskusi kelas

Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk menemukan bagian- bagian yang ada dalam sebuah cerita fiksi
·          secara individual peserta didik diminta mengungkapkan ulasan terhadap pesan dari buku fksi mengenai keunggulan dan kelemahan baik secara tulis maupun lisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa dari cara membuat ulasan buku cerita yang telah dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyusun ulasan buku fiksi baik secara lisan maupun tulisan


4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh eksplanasi kompleks


·     Internet
·     contoh buku fiksi

4.11 Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.


3.12 Menentukan informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca
Proposal:
·         informasi dalam proposal; dan
·         unsur-unsur proposal.
Mengamati
·     membaca contoh berbagai proposal
·     membaca contoh proposal kelompok lain
Mempertanyakan
·     mempertanyakan berbagai proposal
·     mempertanyakan informasi dalam proposal, dan unsur- unsur dalam proposal
Mengeksplorasi
·      mengidentifikasi informasi yang ada dalam sebuah proposal yang telah dibaca oleh masing masing kleompok
·     Membedakan proposal kegiatan dan proposal penelitian
·     Mengidentifikasi unsur- unsur dari proposal kegiatan dan proposal penelitian yang lengkap
·     Melengkapi informasi dari proposal masing masing kelompok baik proposal kegiatan atau pun proposal penelitian
Mengasoasiasi
·     mendiskusikan dan menyimpulkan informasi yang ada dalam proposal penelitian atau proposal kegiatan
·     mendiskusikan dan menyimpulkan unsur- unsur yang harus ada dalam proposal penelitian dan proposal kegiatan
·     mendiskusikan dan menyimpulkan informasi untuk melengkapi proposal baik proposal kegiatan atau pun proposal penelitian.
Mengomunikasikan
·     mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri
·     menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
·     membacakan proposal yang sudah dilengkapi informasi
·     mengomentari/menanggapi propsal hasil kerja kelompok lain  yang dibacakan dengan santun
Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk  mengidentifikasi proposal kegiatan dan proposal penelitian
·          secara individual peserta didik diminta menyunting proposal penalitian atau proposal kegiatan dilihat dari kelengkapan unsur- unsurnya  baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik dalam melengkapi proposal kegiatan atau proposal penelitian
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting proposal baik secara lisan maupun tulisan
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh proposal kegiatan
·     contoh proposal penelitian




4.12 . melengkapi informasi dalam proposal secara lisan  supaya lebih efektif

3.13     Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan  suatu proposal

Proposal:
·         isi proposal;
·         sistematika proposal; dan
·         unsur kebahasaan proposal.

Mengamati
·     membaca contoh proposal
Mempertanyakan
·     mempertanyakan isi, sistematika, dan kebahasaan dalam proposal
·     mempertanyakan cara merancang sebuah proposal
Mengeksplorasi
·     menganalisis dan mengidentifikasi proposal
·     mengidentifikasi sistematika proposal baik proposal kegiatan atau pun proposal penelitian
·     mengidentifikasi unsur- unsur kebahasaan dalam sebuah proposal penelitian atau kegiatan
·     membuat rancangan proposal karya ilmiah
Mengasosiasi
·     mendiskusikan  dan menyimpulkan sistematika proposal ilmiah
·     mendiskusikan dan menyimpulkan unsur kebahasaan dalam proposal penelitian atau proposal kegiatan
·     mendiskusikan dan merancang proposal yang akan dibuat
Mengomunikasikan
·     mempresentasikan rancangan proposal yang telah dibuat
·     mengomentari dan menaggapi hasil rancangan proposal yang telah dibuat kelompok lain dengan santun.
Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi mengidentifikasi sistematika, unsur kebahasaan untuk merancang proposal ilmiah
·          secara individual peserta didik diminta membuat rancanagan sebuah proposal ilmiah baik proposal penelitian atau proposal kegiatan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik membuat rancangan sebuah proposal ilmiah
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan merancang sebuah proposal  sesuai dengan sistematiaka dan unsur kebahasaan baik secara lisan maupun tulisan
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh rancangan proposal ilmiah

4.13     Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
3.14 Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca
Karya Ilmiah:
·       unsur-unsur karya ilmiah;
·       isi dankebahasaan dalam karya ilmiah;
·       tujuan dan esensi karya ilmiah; dan
membuat karya ilmiah.










Mengamati
·     membaca contoh karya ilmiah
Mempertanyakan
·     mempertanyakan unsur- unsur yang ada dalam karya ilmiah
·     Mempertanyakan isi dan kebahasaan dalam karya ilmiah
·     Mempertanyakan tujuan dan esensi dalam karya ilmiah
·     Mempertanyakan cara membuat karya ilmiah
Mengeksplorasi
·     Mengidentifikasi unsur –unsur yang ada dalam karya ilmiah
·     Mengidentifikasi isi dan kebahasaan dalam karya ilmiah
·     Mencari tujuan dan esensi dalam karya tulis ilmiah
·     Membuat karya tulis ilmiah
Mengasosiasi
·     mendiskusikan dan menyimpulkan  unsur- unsur yang ada dalam karya tulis ilmiah
·     mendiskusikandan menyimpulkan isi dan kebahasaan yang ada dalam karya tulis ilmiah
·     mendiskusikan dan menyimpulkan rancangan karya tulis ilmiah
Mengomunikasikan
·     mempresentasikan karya ilmiah  dengan rasa percaya diri
·     menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun

Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami karya ilmiah
·          secara individual peserta didik diminta untuk mengetahui unsur- unsur karya ilmiah, isi, dan kebahasaan dalam karya ilmiah
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang rancangan karya tulis ilmiah
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan membuat rancangan karya tulis ilmiah sesuai dengan unsur- unsur, tujuan dan esensi karya tulis ilmiah

4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh karya tulis ilmiah



















4.14     Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah










3.15    Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah

Karya Ilmiah:
·      kebahasaan karya ilmiah;
·      kalimat baku;
·      penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul); dan
·      menyusun karya ilmiah.


Mengamati
·     membaca karya ilmiah
·     mencermati uraian yang berkaitan dengan karya ilmiah
Mempertanyakan
·     mempertanyakan kebahasaan, kalimat baku, dan penggunaan EYD dalam karya ilmiah.
Mengeksplorasi
·     mengidentifikasi kebahasaan dalam karya ilmiah
·     mengidentifikasi penggunaan kalimat baku dalam karya ilmiah
·     mengidentifikasi penggunaan EYD ( enomoran bab, penulisan judul )
·     membuat kerangka karya tulis ilmiah
·     menyusun karya tulis ilmiah dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan
Mengasosiasi
·     mendiskusikan dan menyimpulkan kebahsaan yang tepat dalam karya tulis ilmiah
·     mendiskusikan dan menyimpulkan penggunaan kalimat baku dalam karya tulis ilmiah
·     mendiskusikan dan menyimpulkan penggunaan EYD yang dapat digunakan dalam karya tulis ilmiah
·     membuat karya tulis ilmiah hasil temuan diskusi dengan topik yang menarik dengan memperhatikan isi, sitematiak, dan kebasaan.
Mengomunikasikan
·     Mempresentasikan hasil diskusi terkait sistematika, isi dan kebahsaan dalam karya tulis ilmiah
·     Mepresentasikan karya tulis ilmiah yang sudah dibuat dengan rasa percaya diri
·     menanggapi presentasi teman/kelompok lain dari hasil pembuatan karya tulis ilmiah secara santun.
Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami dan mengidentifikasi kalimat baku, sistematika , dan kebahasaan dalam karya tulis ilmiah
·         secara kelompok  peserta didik diminta menyusun karya tulis ilmiah dengan memperhatikan isi, sitematika, dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulisan

Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik dalam menganalisis sitematika, dan penggunaan EYD dalam karya tulis ilmiah
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyusun karya tulis ilmiah

4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     Contoh karya tulis ilmiah



4.15      Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
3.16   Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi
Resensi:
·         isi dan kebahasaan dalam resensi;
·         membuat resensi;
·         unsur-unsur resensi; dan
·         sistematika resensi.
Mengamati
·         membaca ulasan dua resensi
Mempertanyakan
·         mempertanyakan sistematika yang ada dalam resensi
·         Mempertanyakan unsur- unsur yang harus ada dalam resensi
·         Mempertanykan kebahasaan dalam resensi
·         Mempertanyaan cara menyusun resensi
Mengeksplorasi
·         mengidentifikasi sistematika yang ada dalam dua resensi
·         mengidentifikasi isi dan kebahasaan yang adadalam dua resensi
·         mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dari dua resensi mengenai isi dan kebahasaan resensi
·         mengidentifikasi unsur – unsur dari dua resensi yang dibaca
·         menentukan buku teks yang akan dibuat resensi
·         menyusun sebuah resensi dari hasil perbandingan dua resensi 
Mengasosiasi
·         mendiskusikan dan meyimpulkan sistematika penyusunan resensi
·         mendiskusikan dan menyimpulkan unsur- unsur resensi dari hasil perbandingan beberapa resensi
·         mendiskusikan dan menyusun resensi dengan memperhatika sistematika, isi dan kebahasaan dalam resensi
Mengomunikasikan
·         menjelaskan persamaan dan  perbedaan dua teks resensi hasil  diskusi kelas
·         menjelaskan unsur- unsur yang ada dalam dua resensi hasil diskusi kelas
·         memjelaskan isi, kebahasaan dan sistematika hasil temuan dari dua resensi
·         mempresentasikan hasil kerja kelompok dari pembuatan resensi
·         memberikan komentar dan tanggapan dari hasil presentasi kelompok lain dengan santun.

Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks ulasan resensi
·          secara kelompok peserta didik diminta menyusun resensi dari hasil perbandingan dua buah resensi sesuai dengan isi, kebahsaan sitematika, dan unsur- unsur resensi baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua resensi,
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyusun resensi hasil perbandingan dari beberapa resensi yang sesuai dengan isi, kebahsaan sistematiaka, unsur- unsur baik secara lisan maupun tulisan


4 Mg x 4 jp
·     Internet
contoh ulasan berbagai resensi




















4.16   Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
3.17    Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda.

Resensi:
·         unsur-unsur kebahasaan resensi; dan
·         merekonstruksi resensi.

Mengamati
·         membaca contoh resensi
·         membaca literatur tentang buku resensi
Mempertanyakan
·         mempertanyakan contoh analisis kebahasaan resensi dari dua karya yang berbeda
·         mempertanyakan cara mengkontruksi resensi dari kumpulan cerpen atau novel
Mengekplorasi
·         menganalisis isi  resensi dari dua karya yang berbeda dengan cermat
·         menganalisis kebahasaan yang digunakan dari dua karya yang berbeda dengan cermat
·         megkontruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau novel yang sudah dibaca dengan cermat
Mengasosiasi
·         mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis dengan teman/kelompok lain mengenai unsur kebahasaan dari dua karya yang berbeda
·         mendiskusikan dan menyimpulkan cara merekontruksi resensi dari dua karya yang berbeda.
Mengomunikasikan
·         mempresentasikan hasil analisis mengenai unsur kebahasaan dari dua karya yang berbeda dengan rasa percaya diri
·         menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
·      membacakan hasil rekontruksi resensi dari dua karya yang berbeda dengan yang tepat
·      mengomentari/menanggapi hasil merekontruksi resensi dari dua buah karya yang berbeda dengan santun
Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks film/drama
·          secara individual peserta didik diminta menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang analisis cerpen dari dua karya yang berbeda
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan merekontruksi resensi dari dua karya yang berbeda sesuai dengan sistematika dan unsur- unsur baik secara lisan maupun tulisan
4 Mg x 4 jp
·     Internet
contoh kumpulan cerpen
contoh novel
dan ulasan resensi











4.17      Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku  kumpulan cerita pendek atau novel yang sudah dibaca.
3.18      Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik  dalam drama yang dibaca atau ditonton
Drama:
·       Alur dalam drama
·       Babak dalam drama
·       Konflik dalam drama
Penokohan dalam drama
Mengamati
·      membaca contoh naskah drama
·      melihat ulasan drama
Mempertanyakan
·      mempertanyakan unsur- unsur drama yang dibaca atau ditonton
Mengeksplorasi
·      mengidentifikasi unsur- unsur drama yang dibaca atau ditonton
·      memahami karakter tokoh yang ada dalam drama yang dibaca atau ditonton
·      mencoba mempertunjukan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton
Mengasosiasi
·      mendiskusikan dan menyimpulkan unsur unsur dari drama yang dibaca atau ditonton
·      mendiskusikan dan menyimpulkan jenis tokoh dalam drama
·      memerankan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton
Mengomunikasikan
·      mempresentasikan unsur- unsur dari drama yang dibaca atau ditonton secara mandiri
·      memerankan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton bersama kelompok
·      mengomentari dan memberikan tanggapan atas pertunjukan kelompok lain mengenai tokoh yang dioerankan.
Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami unsur- unsur drama dan pementasan
·          secara individual peserta didik diminta menganalisis drama  sesuai dengan unsur- unsur dan mempertunjukan salah satu tokoh rama yang telah dibaca atau ditonton.
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang unsur- unsur drama
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, menganalisis dan memerankan drama sesuai dengan unsur- unsur drama baik secara lisan maupun tulisan
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh teks drama
·     ulasan pementasan drama

4.18      Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan
3.19      Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
Drama:
·         Isi dan kebahasaan drama
·         Persiapan mementaskan drama.
·         Pementasan drama
Mengamati
·      membaca contoh (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa drama
Mempertanyakan
·      mempertanyakan (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa drama yang dibaca
·      mempertanyakan cara menganalisis pementasan drama
Mengeksplorasi
·      membaca contoh  teks film/drama
·      mmenganalisis kekurangan kelebihan isi dan kebahasaan yang digunakan dalam naskah drama atau dalam pementasan
Mengasosiasi
·      mendiskusikandan menyimpulkan  isi dan kebahasaan dalam drama yang dibaca atau ditonton
·      mendiskusikan dan menyimpulkan pementasan drama


Mengomunikasikan
·      mempresentasikan hasil diskusi mengenai isi dan kebahsaan dalam drama yang dibaca atau ditonton
·      menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
·      Mengomentari hasil pekerjaan kelompok lain

Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah sebuah drama baik drama naskah atau drama pementasan
·          secara individual peserta didik diminta menganalisis drama berdasarka isi dan kebahsaannya
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan drama persiapan pementasan dan pementasan drama
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis     drama  sesuai isi, kebahsaan, persiapan pementasan dan pementasan baik secara lisan maupun tulisan

4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh drama












3.20      Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca


·         Unsur-unsur novel atau kumpulan puisi.
·         Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi.

Mengamati
·      membaca contoh kumpulan puisi dan novel
Mempertanyakan
·      mempertanyakan unsur-nusur novel dan unsur- unsur puisi
·      mempertanyakan ciri- ciri kebahsaan dari novel dan puisi
·      mempertanyakan cara menyusun ulasan dari kumpulan puisi dan novel untuk membuat pesan dari novel atau kumpulan puisi yang dibaca
Mengeksplorasi
·      membaca contoh  kumpulan puisi
·      membaca novel
·      mmenganalisis unsur- unsur novel yang dibaca
·      menganalisis unsur- unsur puisi yang dibaca
·      membandingkan unsur kebahsaan yang digunakan oleh puisi atau novel
·      membuat ulasan terhadap pesan dari novel atau kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian
Mengasosiasi
·      mendiskusikan dan menyimpulkan unsur- unsur kumpulan puisi dan novel
·      mendiskusikan perbedaan kebahsaan dari kumpulan puisi dan novel
·      mendiskusikan cara membuat ulasan terhadap pesan yang disampaikan dari novel dan kumpulan puisi yang dikaitkan dengan masalah kekinian
Mengomunikasikan
·      mempresentasikan unsur- unsur yang ada dalam puisi dan novel
·      menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
·      Membacakan ulasan terhadap pesan dari kumpulan puisi dan novel yang dikaitkan dengan situasi kekinian
·      Memberikan tanggapan dan komentar terhadap pembacaan hasil ulasan pesan yang ada dalam kumpulan puisi dan novel yang sudah dibaca dengan santun

Tugas:
·          para siswa diminta berdiskusi untuk memahami unsur- unsur yang ada dalam kumpulan puisi adan novel
·          secara individual peserta didik diminta menganalisis unsur- unsur novel dan puisi
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik dalam menganalisi perbedaan antara unsur unsur novel dan puisi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis     unsur- unsur novel dan kumpulan puisi dan memberikan ulasa terhadap pesan yang disampaikan dari puisi atau novel yang dihubungkan dengan situasi kekinian baik secara lisan maupun tulisan

4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh kumpulan puisi
·     contoh novel












4.20      Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian






Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Rancah



Drs,H.Tutuy Guntara M.Pd
NIP.
19601030 198903 1 003
            Rancah, Juli 2017
            Guru Mata Pelajaran



             Wiwin Wisriani, S.Pd

No comments:

Post a Comment