SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA SMA DAN MA
(WAJIB)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas :
XI (Ganjil)
Kompetensi Inti :
KI
1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2 :
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI
3 :
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI
4 :
|
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan
sosial
|
|||||
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis
informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
|
|
|
|
|
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami
dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan
publik
|
|||||
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
film/drama
|
|
|
|
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku jujur,
tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan kriminal
(terorisme)
|
|||||
2.4 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum
dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
· Isi teks prosedur
|
Mengamati
Mempertanyakan
Mengeksplorasi
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks prosedur
·
secara individual peserta didik diminta
menginterpretasi makna
teks prosedur baik secara lisan maupun
tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks prosedur
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks prosedur baik secara lisan
maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
Media massa
·
Buku kumpulan cerpen
·
Buku yang berkaitan dengan
genre teks
|
4.1 Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis.
|
|||||
3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
Teks
Prosedur:
· struktur;
· kebahasaan;
· konjungsi ;
· jenis kalimat; dan
· verba material dan verba tingkah laku.
|
Mengamati
·
membaca dua teks prosedur
·
menggali pengalaman,
peristiwa/kejadian yang ada keterkaitannnya dengan teks prosedur
Mempertanyakan
·
mempertanyakan struktur isi dan
cirri bahasa teks prosedur
·
mempertanyakan topik
pengalaman, peristiwa/kejadian yang digali
·
menanyakan jenis konjungsi,
jenis kalimat dan verba material, juga verba tingkah laku
Mengeksplorasi
·
mengidentifikasi persamaan struktur isi dua
teks prosedur yang dibaca
·
mengidentifikasi persamaan
ciri bahasa dua teks prosedur yang
dibaca
·
mengidentifikasi
perbedaan struktur isi dua buah teks prosedur yang dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan
ciri bahasa dua buah teks prosedur yang
dibaca
·
menemukan konjungsi dalam dua
teks prosedur
·
menentukan jenis kalimat yang
ada pada dua teks prosedur
·
menentukan jenis verba
material dan verba tingkah laku dalam dua teks prosedur
·
mengembangkan teks prosedur
buatan sendiri berdasar hasil analisis dua teks prosedur dengan memperhatikan
jenis konjungsi, jenis kalimat, verba material dan verba tingkah laku juga
struktur isi dan bahasana
Mengasosiasi
·
mendiskusikandan menyimpulkan persamaan
dan perbedaan dua buah teks prosedur dalam diskusi kelas
·
mendiskusikan dan menyimpulkan jenis
konjungsi, jenis kalimat dan verba material, verba tingkah laku dalam dua
teks prosedur yang telah dibaca
Mengomunikasikan
·
menjelaskan persamaan dan
perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks prosedur
·
membacakan hasil diskusi teks prosedur tentang jenis konjungsi, jenis
kalimat, verba material juga verba tingkah laku hasil temuan dalam diskusi
·
membacakan hasil buatan
sendiri mengenai teks prosedur
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami
persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur yang dibaca.
·
secara individual peserta didik dimintaimenganalisis jenis konjungsi, jenis kalimat, verba material dan verba
tingkah laku dalam dua teks prosedur yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
·
menegmbangkan teks prosedur hasil analisis dua teks prosedur dengan
memperhatikan struktur isi dan bahasa
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur yang dibaca.
Tes tertulis :
menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks
cerita sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· Media massa
· Buku
yang berkaitan dengan genre teks
|
4.2
Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan hasil
analisisterhadap isi, struktur, dan kebahasaan
|
|||||
3.3 Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks
ekplanasi lisan dan tulis
|
Teks Eksplanasi:
· pengertian;
· isi; dan
·
kejadian yang
menunjukkan hubungan kausalitas
|
Mengamati
· membaca contoh teks eksplanasi kompleks
· mencermati uraian yang berkaitan dengan
struktur isi teks eksplanasi
Mempertanyakan
· mempertanyakan
uraian yang berkaitan dengan isi teks eksplanasi yang dibaca
· membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksplanasi
Mengeksplrorasi
· menemukan pengertian teks eksplanasi
· menentukan makna/maksud
isi teks eksplanasi
· menemukan kejadian yang menunjukan hubungan
kausalitasdalam teks ekplanasi
· mengkontruksi informasi ( pengetahuan
dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil
temuan terkait dengan pengertian teks eksplanasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks eksplanasi dalam diskusi kelas dengan saling menghargai
·
mendiskusikan kejadian yang
menunjukanhubungan kausalitas sebagai teks ekplanasi
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi terkait
dengan pengertian teks eksplanasi
·
mempresentasikan makna/ maksud teks eksplanasi dengan
rasa percaya diri
·
mempresentasikan hasil temuan kejadian yang
menunjukan hubungan kausalitas
·
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara
santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks ekplanasi
·
secara individual peserta didik diminta menkontruksi teks ekplanasi
sesuai dengan isi dan kejadian yang menunjukan teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks ekplanasi
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks ekplanasi sesuai dengan pengertiandan
kejadian yang menunjukan
teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
Media massa
·
Berbagai teks ekplanasi
·
Buku yang berkaitan dengan
genre teks
|
4.3
mengkontruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks
eksplanasi secara lisan dan tulis
|
|||||
3.3
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
|
Teks Eksplanasi:
· Struktur;
· Kebahasaan; dan
· Konjungsi.
|
Mengamati
·
membaca contoh teks eksplanasi
·
mencermati uraian yang
berkaitan dengan struktur isi teks
eksplanasi
Mempertanyakan
·
mempertanyakan uraian
yang berkaitan dengan struktur isi teks
eksplanasi yang
dibaca
·
membuat pertanyaan yang
berhubungan dengan isi teks eksplanasi
kompleks
·
mempertanyakan jenis konjungsi
yang ada dalam teks ekplanasi
Mengeksplorasi
·
menemukan struktur isi teks eksplanasi
·
menemukan ciri bahasa teks eksplanasi
·
menentukan makna/maksud isi teks eksplanasi
·
menemukan jenis konjungsi yang ada dalam teks ekplanasi
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil
temuan terkait dengan struktur isi dan
ciri bahasa teks eksplanasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks eksplanasi dalam diskusi kelas dengan saling menghargai
·
menduskusikan dan
menyimpulkan jenis konjungsi yang ada dalam teks ekplanasi
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi terkait
dengan struktur isi dan ciri bahasa
teks eksplanasi
·
mempresentasikan makna/ maksud teks eksplanasi dengan
rasa percaya diri
·
mempresentasikan jenis konjungsi yang ada dalam teks
ekplanasi
·
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara
santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks ekplanasi
·
secara individual peserta didik diminta
menyunting teks ekplanasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks ekplanasi
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks ekplanasi sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
Media massa
·
Berbagai teks ekplanasi
·
Buku yang berkaitan dengan
genre teks
|
4.4
memproduksi teks ekplanasi secara lisan atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi
unsur-unsur ceramah, kebahasan, isi informasi berupa permasalahan aktual yang
disajikan dalam ceramah
|
Ceramah:
·
unsur-unsur;
·
kebahasaan; dan
·
isi.
|
Mengamati
·
membaca contoh teks ceramah
·
mencermati uraian yang
berkaitan dengan struktur isi ceramah
Mempertanyakan
·
mempertanyakan uraian
yang berkaitan dengan unsur- unsur ceramah yang dibaca
·
membuat pertanyaan yang
berhubungan dengan isi ceramah
Mengeksplorasi
·
menemukan unsur- unsur
ceramah
·
menemukan ciri bahasa ceramah
·
menentukan makna/maksud isi dari ceramah
·
menyusun
bagian- bagian penting yang diangkat sebagai permasalahan aktual untuk bahan
ceramah
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil
temuan terkait dengan unsur- unsur dan ciri bahasa ceramah
·
mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud isi ceramah dalam diskusi kelas dengan
saling menghargai
·
mendiskusikan bagian- bagian
penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi terkait
dengan unsur- unsur dan ciri bahasa
teks eksplanasi
·
mempresentasikan makna/ maksud isi ceramah dengan
rasa percaya diri
·
membacakan bagian- bagian penting yang dapat dijadikan
bahan ceramah
·
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara
santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami
kaidah-kaidah penulisan ceramah
·
secara individual peserta didik diminta menyusun bagian bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan
untuk disajikan dalam ceramah sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan ceramah
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyusun teks ceramah sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· Media massa
· buku kumpulan ceramah
· Buku
yang berkaitan dengan genre teks
|
4.5
menyusun bagian- bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan
untuk disajikan dalam ceramah
|
|||||
|
|
|
|
|
|
3.5 Menganalisis
isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
|
Teks ceramah:
·
isi;
·
struktur;
·
kebahasaan; dan
·
teknik orasi
ceramah
|
Mengamati
·
membaca contoh teks ceramah
·
mencermati uraian yang
berkaitan dengan struktur isi ceramah
Mempertanyakan
·
mempertanyakan uraian
yang berkaitan dengan struktur ceramah yang dibaca
·
membuat pertanyaan yang
berhubungan dengan teknik orasi ceramah
Mengeksplorasi
·
menemukan isi ceramah
·
menemukan struktur ceramah
·
menentukan ciri
kebahasaa dari ceramah
·
mengkontruksi
ceramah dengan permasalah yangaktual dengan memperhatikan aspek kebahasaan,
dan struktur yang tepat.
·
mencari
teknik orasi ceramah
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan
terkait dengan isi, struktur dan bahasa ceramah
·
mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud isi ceramah dalam diskusi kelas dengan
saling menghargai
·
mendiskusikan bagian- bagian
penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
·
mendiskusikan teknik orasi
yang tepat dalam ceramah
·
Menggali isi,
struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
·
Menyusun kembali
teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan struktur.
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi terkait dengan
isi, struktur dan ciri bahasa ceramah
·
mempresentasikan makna/ maksud isi ceramah dengan
rasa percaya diri
·
membacakan bagian- bagian penting yang dapat
dijadikan bahan ceramah
·
menyusun kembali teks ceramah
·
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara
santun
·
membacakan ceramah dengan orasi yang tepat
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami
struktur dan kaidah eramah secara individual peserta didik diminta
menginterpretasi makna
teks ceramah baik secara lisan maupun
tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah ceramah
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks
ceramah
baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
buku kumpulan ceramah
|
4.1 Mengkontruksi ceramah dengan
permasalahan aktual dengan memperhatikan aspek kebahasaan, dan menggunakan
struktur yang tepat
|
|||||
3.7
Menemukan
butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
Buku
pengayaan nonfiksi:
·
isi buku;
·
keunggulan buku;
·
kelemahan buku; dan
·
simpulan.
|
Mengamati
·
membaca buku nonfiksi
Mempertanyakan
·
mempertanyakan isi buku
nonfiksi
yang dibaca
·
Mempertanyakan
keunggulan dan kelemahan dalam buku nonfiksi yang dibaca
Mengeksplorasi
·
menganalisis isi buku nonfiksi dengan
cermat
·
menentukan unsur- unsur penting buku nonfiksi yang
dibaca
·
menganalisis keunggulan buku nonfiksi dengan cermat
·
menganalisis kelemahan buku nonfiksi dengan cermat
·
membuat kesimpulan buku
nonfiksi yang dibaca dengan cermat
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis isi buku nonfiksi
· mendiskusikan
dan menyimpulkan hasil penyuntingan teman terhadap buku
nonfiksi mengenai keuggulan dan kelemahan buku nonfiksi yang ditulis
· memperbaiki teks pantun
berdasarkan hasil suntingan teman
· menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-
nilai yang terkandung didalamnya
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya
diri
·
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara
santun.
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami buku nonfiksi
·
secara individual peserta didik diminta menganalisis dan menyusun laporan buku nonfiksi baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang hasil
analisa buku nonfiksi
Tes tertulis :
menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis
buku nonfiksi
baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
buku kumpulan non fiksi
|
4.7 Menyusun
laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
|
|||||
3.8
Mengidentifikasi
nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang
dibaca
|
Cerpen:
·
Isi cerpen
·
Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen
·
Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
·
Kebahasaan cerpen
·
Majas
·
peribahasa
·
ungkapan
|
Mengamati
·
membaca teks cerpen
Mempertanyakan
·
mempertanyakan isi cerpen yang dibaca
·
mempertanyakan nilai
kehidupan dalam cerpen
·
menanyakan unsur kebahasaan
dalam cerpen
Mengeksplorasi
·
menganalisis isi cerpen dengan cermat
·
menganalisis nilai – nilai kehidupan yang ditemukan
dalam cerpen yang dibaca dengan cermat
·
menentukan unsur ntrinsik dan
ektrinsik cerpen
·
menemukan unsur kebahasaan
dalam cerpen ( majas, peribahasa, ungkapan)
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis isi dan nilai – nilai kehidupan dalam
cerpen
·
mendiskusikan dan menyimpulkan
unsur intrinsik dan ektrinsik dari cerpen yang dibaca
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan kebahasaan dalam cerpen
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya
diri
·
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara
santun
·
membacakan nilai- nilai
kehidupan yang ditemukan dalam cerpen termasuk unsur intrinsik dan ektrinsik
dalam cerpen
·
mengomentari/menanggapi struktur isi kebahasaan cerpen yang dibacakan dengan santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi cerpen
·
secara individual peserta didik diminta menemukan nilai nilai kehidupan dan unsur intrinsik ektrinsik juga
kebahasaan dalam cerpen
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang nilai
nilai yang ditemukan dalam cerpen
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menemukan nilai- nilai
kehidupan dalam cerpen
baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
Buku kumpulan cerpen
|
4.8 mendemontrasikan salah satu nilai
kehidupan yang dipelajari dalam salah satu cerita pendek
|
|||||
3.9
Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam
buku kumpulan cerita pendek
|
Cerpen:
·
Unsur-unsur pembangun cerpen
·
Merekonstruksi cerpen.
|
Mengamati
·
membaca beberapa cerpen dari
kumpulan cerpen
·
mencermati uraian yang
berkaitan dengan unsur- unsur
pembangun cerpen
Mempertanyakan
·
mempertanyakan unsur-
unsur pembangun cerpen
·
mempertanyakan babagaimana
merekontruksi cerepen
Mengeksplorasi
·
menemukan
unsur- unsur pembangun sebuah cerpen dari beberapa kumpulan cerpen
·
mengidentifikasi cerpen
dengan memperhatikan unsur- unsur pembangun cerpen
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan unsur
unsur pembangun cerpen
·
menyusun kembali cerpen
dengan memperhatikan unsur- unsur pembangun cerepen
Mengomunikasikan
·
menyampaikan unsur-
unsur pembangun sebuah cerpen
·
membacakan cerpen
·
Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami unsur- unsur pembangun
cerpen
·
secara individual peserta didik diminta menganalisis unsur- unsur pembangun cerepen dan mengkontruksi sebuah
cerpen
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang unsur- unsur
pembangun cerpen
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengkontruksi cerpen sesuai dengan unsur-
unsur pembangun cerpen
baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
buku kumpulan cerpen
|
4.9
Mengkonstruksi
sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.
|
|||||
|
|
|
|
|
|
SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
(WAJIB)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas/Semester : XI/Genap
Kompetensi Inti :
KI
1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI
3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
KI
4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan
sosial
|
|||||
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita
ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
|
|
|
|
|
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami
dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan
publik
|
|||||
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
film/drama
|
|
|
|
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku jujur,
tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan kriminal
(terorisme)
|
|||||
2.4 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas
|
|
|
|
|
|
3.10
Menemukan butir-butir penting dari dua
buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
Buku
nonfiksi:
· isi buku pengayaan;
· keunggulan buku;
· kelemahan buku; dan
simpulan
|
Mengamati
Membaca buku dua buku nonfiksi
Mempertanyakan
·
mempertanyakan keunggulan dan
kekurangan buku nonfiksi
·
mempertanyakan hubungan
antara buku nonfiksi dan teks ekplanasi
Mengeksplorasi
·
mengidentifikasi isi kedua
buku nonfiksi
·
mengidentifikasi keunggulan
dan kelemahan dari dua buku nonfiksi
·
membuat kesimpulan dari dua
buku nonfiksi yang telah dibaca
·
mengungkapkan kesan pribadi
mengenai dua buku nonfiksi yang telah dibaca
Mengasosiasi
·
mendiskusikan kedua isi buku
nonfiksi
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan keunggulan dan kelemahan dari setiap buku noniksi yang telah
dibaca
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan kesan pribadi terhadap biku yang telah dibaca dan membuat
kesimpulanna
·
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil kerja
kelompok mengenai ulasan dari dua buah buku nonfiksi
·
Memberikan tanggapan dan
komentar atas presentasi kelompok lain secara mandiri dan sopan.
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami isi buku, keunggulan kelemahan dari setiap
buku nonfiksi
·
secara individual peserta didik diminta mengungkapkan kesan pribadi terhadap buku nonfoksi
·
secara
individual peserta didik mampu membuat kesimpulan dari buku nonfiksi yang
telah dibacanya
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang membuat
kesimpulan buku nonfiksi
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengungkapkan
kesan pribadi terhadap buku yang telah dibacanya
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
Beberapa buku nonfiksi
|
4.10 mempertunjukan
kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks
eksplanasi singkat
|
|||||
3.11 Menganalisis
pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.
|
Buku
Fiksi:
·
isi buku fiksi;
·
bagian-bagian
dalam buku fiksi; dan
·
ulasan terhadap
buku fiksi.
|
Mengamati
·
membaca salah satu buku fiksi
Mempertanyakan
·
mempertanyakan pesan yang
dapat diambil dari buku fiksi
·
Mempertanyakan membuat
ulasan dari buku fiksi
Mengeksplorasi
·
Mengidentifikasi isi buku
fiksi
·
Mengidentifikasi bagian-
bagian yang membangun sebuah cerita fiksi yang dibaca
·
Mengungkapkan ulasan dari
cerita buku fiksi dengan mengunggkapakan keunggulan dan kelemahan bukunya
Mengasosiasi
·
mendiskusikandan menyimpulkan bagian-
bagian yang membangun cerita fiksi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan ulasan
yang telah dibuat dari cerita fiksi yang dibaca
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan dan
memberikan tanggapan terhadap hasil kerja dalam diskusi kelas
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk menemukan bagian- bagian yang ada dalam sebuah cerita fiksi
·
secara individual peserta didik diminta mengungkapkan ulasan terhadap pesan dari buku fksi mengenai keunggulan
dan kelemahan baik secara tulis maupun lisan
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa dari
cara membuat ulasan buku cerita yang telah dibaca.
Tes tertulis :
menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyusun ulasan buku fiksi
baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh eksplanasi kompleks
·
Internet
·
contoh buku fiksi
|
4.11 Menyusun ulasan
terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.
|
|||||
3.12 Menentukan
informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang
dibaca
|
Proposal:
·
informasi dalam
proposal; dan
·
unsur-unsur
proposal.
|
Mengamati
·
membaca contoh berbagai
proposal
·
membaca contoh proposal
kelompok lain
Mempertanyakan
·
mempertanyakan berbagai
proposal
·
mempertanyakan informasi
dalam proposal, dan unsur- unsur dalam proposal
Mengeksplorasi
·
mengidentifikasi
informasi yang ada dalam sebuah proposal yang telah dibaca oleh masing masing
kleompok
·
Membedakan proposal kegiatan
dan proposal penelitian
·
Mengidentifikasi unsur- unsur dari proposal kegiatan
dan proposal penelitian yang lengkap
·
Melengkapi informasi dari
proposal masing masing kelompok baik proposal kegiatan atau pun proposal
penelitian
Mengasoasiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan informasi yang ada dalam proposal
penelitian atau proposal kegiatan
·
mendiskusikan dan menyimpulkan unsur- unsur yang
harus ada dalam proposal penelitian dan proposal kegiatan
·
mendiskusikan dan menyimpulkan informasi untuk
melengkapi proposal baik proposal kegiatan atau pun proposal penelitian.
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya
diri
·
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara
santun
·
membacakan proposal yang
sudah dilengkapi informasi
·
mengomentari/menanggapi propsal hasil kerja kelompok lain yang dibacakan dengan santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk mengidentifikasi proposal
kegiatan dan proposal penelitian
·
secara individual peserta didik diminta
menyunting proposal
penalitian atau proposal kegiatan dilihat dari kelengkapan unsur- unsurnya baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik dalam
melengkapi proposal kegiatan atau proposal penelitian
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting proposal baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh proposal
kegiatan
·
contoh proposal penelitian
|
4.12 . melengkapi informasi dalam proposal
secara lisan supaya lebih efektif
|
|||||
3.13
Menganalisis isi,
sistematika, dan kebahasaan suatu
proposal
|
Proposal:
·
isi proposal;
·
sistematika
proposal; dan
·
unsur kebahasaan
proposal.
|
Mengamati
·
membaca contoh proposal
Mempertanyakan
·
mempertanyakan isi,
sistematika, dan kebahasaan dalam proposal
·
mempertanyakan cara
merancang sebuah proposal
Mengeksplorasi
·
menganalisis dan
mengidentifikasi proposal
·
mengidentifikasi sistematika
proposal baik proposal kegiatan atau pun proposal penelitian
·
mengidentifikasi unsur- unsur
kebahasaan dalam sebuah proposal penelitian atau kegiatan
·
membuat rancangan proposal
karya ilmiah
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan sistematika proposal ilmiah
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan unsur kebahasaan dalam proposal penelitian atau proposal
kegiatan
·
mendiskusikan dan merancang
proposal yang akan dibuat
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan rancangan
proposal yang telah dibuat
·
mengomentari
dan menaggapi hasil rancangan proposal
yang telah dibuat kelompok lain dengan santun.
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi mengidentifikasi sistematika, unsur kebahasaan untuk
merancang proposal ilmiah
·
secara individual peserta didik diminta membuat rancanagan sebuah proposal ilmiah baik proposal penelitian atau proposal
kegiatan
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik membuat
rancangan sebuah proposal ilmiah
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan merancang
sebuah proposal sesuai dengan sistematiaka dan unsur
kebahasaan
baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh rancangan proposal ilmiah
|
4.13
Merancang sebuah
proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya
ilmiah yang diperlukan
|
|||||
3.14 Mengidentifikasi
informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca
|
Karya
Ilmiah:
· unsur-unsur karya ilmiah;
· isi dankebahasaan dalam karya ilmiah;
· tujuan dan esensi karya ilmiah; dan
membuat karya ilmiah.
|
Mengamati
·
membaca contoh karya ilmiah
Mempertanyakan
·
mempertanyakan unsur-
unsur yang ada dalam karya ilmiah
·
Mempertanyakan isi dan
kebahasaan dalam karya ilmiah
·
Mempertanyakan tujuan dan
esensi dalam karya ilmiah
·
Mempertanyakan cara membuat karya
ilmiah
Mengeksplorasi
·
Mengidentifikasi
unsur –unsur yang ada dalam karya ilmiah
·
Mengidentifikasi isi dan
kebahasaan dalam karya ilmiah
·
Mencari tujuan dan esensi
dalam karya tulis ilmiah
·
Membuat karya tulis ilmiah
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan
unsur- unsur yang ada dalam karya tulis
ilmiah
·
mendiskusikandan
menyimpulkan isi dan kebahasaan yang ada
dalam karya tulis ilmiah
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan rancangan karya tulis ilmiah
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan karya ilmiah dengan
rasa percaya diri
·
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara
santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami karya ilmiah
·
secara individual peserta didik diminta untuk mengetahui unsur- unsur karya ilmiah, isi, dan kebahasaan dalam
karya ilmiah
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang rancangan
karya tulis ilmiah
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan membuat rancangan karya tulis
ilmiah sesuai dengan unsur- unsur, tujuan dan esensi karya tulis ilmiah
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh karya tulis ilmiah
|
4.14
Merancang
informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah
|
|||||
|
|
|
|
|
|
3.15
Menganalisis
sistematika dan kebahasaan karya ilmiah
|
Karya
Ilmiah:
·
kebahasaan karya ilmiah;
·
kalimat baku;
·
penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul); dan
·
menyusun karya ilmiah.
|
Mengamati
·
membaca karya ilmiah
·
mencermati uraian yang
berkaitan dengan karya ilmiah
Mempertanyakan
·
mempertanyakan kebahasaan,
kalimat baku, dan penggunaan EYD dalam karya ilmiah.
Mengeksplorasi
·
mengidentifikasi kebahasaan
dalam karya ilmiah
·
mengidentifikasi penggunaan
kalimat baku dalam karya ilmiah
·
mengidentifikasi penggunaan
EYD ( enomoran bab, penulisan judul )
·
membuat kerangka karya tulis
ilmiah
·
menyusun karya tulis ilmiah
dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan kebahsaan yang tepat dalam karya tulis ilmiah
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan penggunaan kalimat baku dalam karya tulis ilmiah
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan penggunaan EYD yang dapat digunakan dalam karya tulis ilmiah
·
membuat karya tulis ilmiah
hasil temuan diskusi dengan topik yang menarik dengan memperhatikan isi,
sitematiak, dan kebasaan.
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi
terkait sistematika, isi dan kebahsaan dalam karya tulis ilmiah
·
Mepresentasikan karya tulis
ilmiah yang sudah dibuat dengan rasa percaya diri
·
menanggapi presentasi teman/kelompok lain dari hasil
pembuatan karya tulis ilmiah secara santun.
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami dan mengidentifikasi kalimat baku, sistematika , dan kebahasaan dalam
karya tulis ilmiah
·
secara kelompok peserta didik diminta menyusun karya tulis ilmiah dengan memperhatikan isi, sitematika, dan
kebahasaan baik secara lisan maupun
tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik dalam
menganalisis sitematika, dan penggunaan EYD dalam karya tulis ilmiah
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyusun
karya tulis ilmiah
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
Contoh karya
tulis ilmiah
|
4.15
Mengonstruksi
sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
|
|||||
3.16
Membandingkan isi
berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi
|
Resensi:
·
isi dan
kebahasaan dalam resensi;
·
membuat resensi;
·
unsur-unsur
resensi; dan
·
sistematika
resensi.
|
Mengamati
·
membaca ulasan dua resensi
Mempertanyakan
·
mempertanyakan sistematika
yang ada dalam resensi
·
Mempertanyakan unsur-
unsur yang harus ada dalam resensi
·
Mempertanykan kebahasaan
dalam resensi
·
Mempertanyaan cara menyusun
resensi
Mengeksplorasi
·
mengidentifikasi sistematika
yang ada dalam dua resensi
·
mengidentifikasi isi dan
kebahasaan yang adadalam dua resensi
·
mengidentifikasi persamaan
dan perbedaan dari dua resensi mengenai isi dan kebahasaan resensi
·
mengidentifikasi unsur –
unsur dari dua resensi yang dibaca
·
menentukan buku teks yang
akan dibuat resensi
·
menyusun sebuah resensi dari
hasil perbandingan dua resensi
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan meyimpulkan sistematika
penyusunan resensi
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan unsur- unsur resensi dari hasil perbandingan beberapa resensi
·
mendiskusikan dan menyusun
resensi dengan memperhatika sistematika, isi dan kebahasaan dalam resensi
Mengomunikasikan
·
menjelaskan persamaan
dan perbedaan dua teks resensi hasil
diskusi kelas
·
menjelaskan unsur- unsur yang
ada dalam dua resensi hasil diskusi kelas
·
memjelaskan isi, kebahasaan
dan sistematika hasil temuan dari dua resensi
·
mempresentasikan hasil kerja
kelompok dari pembuatan resensi
·
memberikan komentar dan
tanggapan dari hasil presentasi kelompok lain dengan santun.
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami
persamaan dan perbedaan dua buah teks ulasan resensi
·
secara kelompok peserta didik diminta menyusun resensi dari hasil perbandingan dua buah resensi sesuai dengan isi, kebahsaan sitematika, dan unsur- unsur
resensi baik secara lisan maupun
tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua resensi,
Tes tertulis :
menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyusun
resensi hasil perbandingan dari beberapa resensi yang sesuai dengan isi,
kebahsaan sistematiaka, unsur- unsur baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
contoh ulasan berbagai resensi
|
4.16
Menyusun sebuah
resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
|
|||||
3.17
Menganalisis
kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda.
|
Resensi:
·
unsur-unsur
kebahasaan resensi; dan
·
merekonstruksi
resensi.
|
Mengamati
·
membaca contoh resensi
·
membaca literatur tentang buku resensi
Mempertanyakan
·
mempertanyakan contoh analisis kebahasaan resensi dari dua karya yang
berbeda
·
mempertanyakan cara mengkontruksi resensi dari kumpulan
cerpen atau novel
Mengekplorasi
·
menganalisis isi resensi dari
dua karya yang berbeda dengan cermat
·
menganalisis kebahasaan yang digunakan dari dua
karya yang berbeda dengan cermat
·
megkontruksi sebuah resensi
dari buku kumpulan cerpen atau novel yang sudah dibaca dengan cermat
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis dengan
teman/kelompok lain
mengenai unsur kebahasaan dari dua karya yang berbeda
·
mendiskusikan dan menyimpulkan
cara merekontruksi resensi dari dua karya yang berbeda.
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan hasil analisis mengenai unsur
kebahasaan dari dua karya yang berbeda dengan rasa percaya diri
·
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara
santun
·
membacakan hasil rekontruksi
resensi dari dua karya yang berbeda dengan
yang tepat
·
mengomentari/menanggapi hasil
merekontruksi resensi dari dua buah karya yang berbeda dengan santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks film/drama
·
secara individual peserta didik diminta
menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur
dan kaidah teks film/drama
baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang analisis
cerpen dari dua karya yang berbeda
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan merekontruksi resensi dari
dua karya yang berbeda
sesuai dengan sistematika dan unsur- unsur baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
contoh kumpulan cerpen
contoh novel
dan ulasan resensi
|
4.17
Mengkonstruksi
sebuah resensi dari buku kumpulan
cerita pendek atau novel yang sudah dibaca.
|
|||||
3.18
Mengidentifikasi
alur cerita, babak demi babak, dan konflik
dalam drama yang dibaca atau ditonton
|
Drama:
· Alur dalam drama
· Babak dalam drama
· Konflik dalam drama
Penokohan dalam drama
|
Mengamati
·
membaca contoh naskah drama
·
melihat ulasan drama
Mempertanyakan
·
mempertanyakan unsur-
unsur drama yang dibaca atau ditonton
Mengeksplorasi
·
mengidentifikasi unsur- unsur
drama yang dibaca atau ditonton
·
memahami karakter tokoh yang
ada dalam drama yang dibaca atau ditonton
·
mencoba mempertunjukan salah
satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan unsur unsur dari drama yang dibaca atau ditonton
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan jenis tokoh dalam drama
·
memerankan salah satu tokoh
dalam drama yang dibaca atau ditonton
Mengomunikasikan
· mempresentasikan
unsur- unsur dari drama yang dibaca atau ditonton secara mandiri
· memerankan
salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton bersama kelompok
· mengomentari
dan memberikan tanggapan atas pertunjukan kelompok lain mengenai tokoh yang
dioerankan.
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami unsur- unsur drama dan pementasan
·
secara individual peserta didik diminta menganalisis drama sesuai dengan unsur- unsur dan mempertunjukan salah satu tokoh rama yang telah dibaca atau ditonton.
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang unsur-
unsur drama
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, menganalisis dan memerankan drama
sesuai dengan unsur- unsur drama baik secara lisan maupun
tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh teks drama
·
ulasan pementasan drama
|
4.18
Mempertunjukkan
salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan
|
|||||
3.19
Menganalisis isi
dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
|
Drama:
·
Isi dan
kebahasaan drama
·
Persiapan
mementaskan drama.
·
Pementasan drama
|
Mengamati
·
membaca contoh (kekurangan/kelebihan)
struktur isi dan bahasa drama
Mempertanyakan
·
mempertanyakan (kekurangan/kelebihan) struktur isi
dan bahasa drama yang dibaca
·
mempertanyakan cara
menganalisis pementasan drama
Mengeksplorasi
·
membaca contoh teks film/drama
·
mmenganalisis kekurangan
kelebihan isi dan kebahasaan yang digunakan dalam naskah drama atau dalam
pementasan
Mengasosiasi
·
mendiskusikandan menyimpulkan isi dan
kebahasaan dalam drama yang dibaca atau ditonton
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan pementasan drama
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan hasil diskusi mengenai isi dan kebahsaan dalam drama
yang dibaca atau ditonton
·
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara
santun
·
Mengomentari hasil pekerjaan kelompok lain
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami
kaidah-kaidah sebuah drama baik drama
naskah atau drama pementasan
·
secara individual peserta didik diminta menganalisis drama berdasarka isi dan
kebahsaannya
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan drama persiapan
pementasan dan pementasan drama
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis drama sesuai isi, kebahsaan, persiapan
pementasan dan pementasan
baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh drama
|
3.20 Menganalisis
pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca
|
·
Unsur-unsur novel
atau kumpulan puisi.
·
Ulasan terhadap
novel atau kumpulan puisi.
|
Mengamati
·
membaca contoh kumpulan puisi
dan novel
Mempertanyakan
·
mempertanyakan
unsur-nusur novel dan unsur- unsur puisi
·
mempertanyakan ciri-
ciri kebahsaan dari novel dan puisi
·
mempertanyakan cara menyusun
ulasan dari kumpulan puisi dan novel untuk membuat pesan dari novel atau
kumpulan puisi yang dibaca
Mengeksplorasi
·
membaca contoh kumpulan puisi
·
membaca novel
·
mmenganalisis unsur- unsur
novel yang dibaca
·
menganalisis unsur- unsur
puisi yang dibaca
·
membandingkan unsur kebahsaan
yang digunakan oleh puisi atau novel
·
membuat ulasan terhadap pesan
dari novel atau kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian
Mengasosiasi
·
mendiskusikan dan menyimpulkan unsur- unsur kumpulan
puisi dan novel
·
mendiskusikan perbedaan kebahsaan dari kumpulan puisi dan novel
·
mendiskusikan cara membuat ulasan terhadap pesan yang disampaikan dari
novel dan kumpulan puisi yang dikaitkan dengan masalah kekinian
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan unsur- unsur yang ada dalam puisi dan novel
·
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara
santun
·
Membacakan
ulasan terhadap pesan dari kumpulan puisi dan novel yang dikaitkan dengan
situasi kekinian
·
Memberikan
tanggapan dan komentar terhadap pembacaan hasil ulasan pesan yang ada dalam
kumpulan puisi dan novel yang sudah dibaca dengan santun
|
Tugas:
·
para siswa diminta berdiskusi untuk memahami unsur- unsur yang ada dalam kumpulan puisi adan novel
·
secara individual peserta didik diminta menganalisis unsur- unsur novel dan puisi
Observasi,: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik dalam
menganalisi perbedaan antara unsur unsur novel dan puisi
Tes
tertulis : menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis unsur- unsur
novel dan kumpulan puisi
dan memberikan ulasa terhadap pesan yang disampaikan dari puisi atau
novel yang dihubungkan dengan situasi kekinian baik secara lisan maupun
tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
·
Internet
·
contoh kumpulan puisi
·
contoh novel
|
4.20 Menyusun
ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan
situasi kekinian
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1
Rancah
|
Rancah, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran
Wiwin
Wisriani, S.Pd
|
No comments:
Post a Comment