Saturday, January 13, 2018

FORMAT Laporan Pendampingan oleh Guru Pendamping



CONTOH
Lampiran 3 : Model Pelaporan Pendampingan

Laporan Pendampinganoleh Guru Pendamping

1.   Provinsi                  : Jawa Barat
2.   Kab/Kota                 : Karawang
3.   Nama Gugus           : Gugus 02 Klari

Nama Pendamping
Waktu Dan Topik Pendampingan
1.      Tri Sutrisno, M.Pd.
Waktu : Sabtu, 23 Agustus 2014
2.      Tatang Taryana
Topik   : Penilai (Pengisian raport)

4.   Nama Guru Sasaran

Nama Lengkap
Asal Sekolah
1.     Siti Nurlaela, S.Pd
SDN Pancawati 2
2.     Sujono, S.Pd.
SDN Walahar 2
3.     Nurmalasari, S.Pd
SDN Gintungkerta 1



5.      Uraian

Contoh :
No
Topik : Memahami Buku Guru
1
Materi Pendampingan :
Bertolak pada permasalahan yang dihadapi guru sasaran di kelasnya masing-masing
(Kendala yang dihadapi dalam memahami buku guru, yaitu tentang:
a. Merekap nilai
b. Mengkoversi nilai

2



Hasil Kesepakatan
( Setelah berdiskusi, solusi / kesepakatan untuk perbaikan)
  1. Mengkaji penilaian dengan cara merekap nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam satu semester
  2. Mempersiapkan bahan konversi nilai (satu hari kegiatan)
  3. Mempersiapkan bahan  deskripsi per muatan pelajaran
3


Rekomendasi Tindak Lanjut di Kelas
(Apa yang telah dilakukan guru sasaran setelah kegiatan pendampingan pada kelasnya masing-masing)
  1. Melakukan rekap nilai yang sudah di dapat di nilai harian
  2. Melakukan konversi nilai
  3. Membuat konversi permuatan pelajaran
4


Masalah lain di luar topic yang sempat muncul pada saat diskusi?
-        (Masalah di luar topic yang sempat muncul  dalam diskusi baik yang sudah ditentukan solusinya maupun belum)
  1. Membuat rubrik penilaian
-     Unjuk kerja
-     Portofolio
  1. Pengolahan nilai harian menjadi kesimpulan dalam buku rapor
  2. Penyusunan jadwal pelajaran untuk guru PJOK

5
Topik yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
  • Penerapan indikator ke indikator soal (Membuat kisi-kisi soal)


Pendamping 1                                                                       Pendamping 2,                                                                   


(TRI SUTRISNO)                                                                      (TATANG TARYANA)












Lampiran 4 : Model Pelaporan Keuangan Penggunaan Dana Bansos

LAPORAN
PELAKSANAAN PENDAMPINGAN KURIKULUM 2013
OLEH KEPALA SD INTI (GUGUS)

Nama Gugus                   : Handayani
Nama dan Alamat SD Inti :  Jl. Melati Mewangi Kota Solok
Nama Kepala SD Inti        : Drs. Ramadhan Ceria, M.Pd.
Waktu Pelaksanaan          :  Bulan Agustus s.d bulan November 2014
===================================================
1.    Penjelasan riingkas tentang pelaksanaan pendampingan kurikulum 2013
Pendampingan di Gugus Handayani dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2014 sampai tanggal 10 Desember 2014 masing-masing kelas sebanyak 8 kali, seperti table berikut ini :
No
Kelas
Waktu Pendampingan
Jumlah Peserta yang hadir
Nama Pendamping
Topik yang dibahas
1.
I
Sabtu, 23-8-2014
Maks 8 SD
Guru Hebat, S.Pd.
Dra. Guru Istiqomah, M.Pd.
Memahami Buku Guru
Sabtu, 6-9-2014
dst


Sabtu, 20-9 2014



Sabtu, 4-10-2014



Sabtu, 18-10-2014



Sabtu, 1-11-2014



Sabtu, 15-11-2014



Sabtu, 29-11-2014




II





IV





V





2.    Kendala yang dihadapi
a.    Kendala yang berhubungan dengan materi Kurikulum
1)  Mengalami kesulitan dalam mengembangkan buku guru dalam satu pembelajaran (satu hari), sehingga waktu yang tersisa masih banyak.
2) Masih kesulitan dalam membuat scenario pembelajaran dengan pendekatan saintifik, khususnya dalam merumuskan aktivitas mengasosiasi.
3)  Mengalami kesulitan dalam menetapkan nilai pengetahuan, karena waktu yang tersedia untuk memberikan tes pengetahuan sangat terbatas.

b.    Kendala yang berhubungan dengan penyelenggaraan pendampingan
1)   6 dari 32 atau 19% guru belum memiliki buku guru dan siswa
2)   Tingkat kehadiran guru masih kurang dalam kegiatan pendampingan, karena jarak sekolah dengan gugus relative jauh.
3)   Hanya 20% atau sekitar 7 orang dari 32 guru, yang memiliki laptop, sehingga menghambat pelaksanaan pendampingan, mengingat sejumah dokumen dibagi dalam bentuk softcopy.


3.    Solusi Perbaikan
Solusi terkait masalah materi pendampingan, ditempuh dengan memperbanyak contoh-contoh praktik pembelajaran, scenario pembelajaran, serta penilaian pengetahuan. Contoh yang digunakan adalah mendiskusikan video pembelajaran dan scenario pembelajaran berbasis saintifik, serta contoh penilaian pengetahuan.

Solusi terkait dengan penyelenggaraan pendampingan, dilakukan melalui peminjaman buku guru dan siswa yang ada di SD Inti, menyampaikan permintaan kepada dinas pendidikan untuk mengirimkan surat pemberitahaun dan himbauan terkait pelaksanaan pendampingan, serta memberikan motivasi pentingnya alat bantu laptop, dan belajar kelompok dimana satu kelompok setidaknya ada satu laptop.

4.    Kesimpulan dan Saran
a.    Kesimpulan
Semangat dan rasa ingin tahu guru terhadap Kurikulum 2013 sangat baik, yang tercermin pada keterlibatannya dalam kegiatan pendampingan. Pemahaman tentang format dan komponen RPP, pendekatan saintifik dalam pembelajaran, serta penilaian sikap dan keterampilan  sudah cukup baik. Sekalipun demikian, belum semua guru memahami dan terampil mengembangkan buku guru dalam aktivitas pembelajaran di kelas, serta kemampuan mengembangkan asosiasi pada peserta didik. Disamping itu, kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian aspek pengetahuan dmasih perlu dikembangkan.

b.    Saran
Program pendampingan sebaiknya tidak berhenti hanya sampai 8 pertemuan, akan tetapi dapat dilanjutkan dalam kegiatan rutin di gugus.
Perlu penyegaran dengan mengundang narasumber yang diikuti oleh seluruh guru SD di gugus atau digabung dari beberapa gugus.
Model atau contoh pembelajaran (video, scenario, dan penilaian) perlu diperbanyak agar dapat menjadi rujukan dan bahan diskusi di antara guru.








Penggunaan Dana
No.
Jenis Pengeluaran
Volume/
Satuan
Tanggal
Satuan bIaya (Rp)
Jumlah (Rp)
Bukti Fisik 

Penggandaan CD Pembelajaran
35 keping
23-8-2014
8.000
280.000
Kuitansi

Fotocopy Materi
35 set @ 30 lembar
23-8-2014
4500
157.500
Kuitansi








Konsumsi
8 Orang
23-8-2014
15.000
120.000
Kuitansi





















Total


Terbilang:(…………………………………………..................RUPIAH)
………………,……………….........20…
Kepala Sekolah SD Inti,

………………………………..
Lampiran :
1.   Nama Peserta Pendampingan
2.    Jadwal Kegiatan Pendampingan
3.    Biodata Nara Sumber/Fasilitator dan Peserta Pendampingan
4.    Hasil dari Testimoni Peserta Pendampingan
5.    Rekaman Dokumen Lainnya 

Ketentuan Lain
a.    Ukuran kertas HVS A4
b.    Jenis huruf Arial  11 dengan spasi 1,5
c.    Laporan diserahkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi


Lampiran 1 :
DAFTAR NAMA PESERTA PENDAMPINGAN
NO
NAMA
KELAS
NAMA SEKOLAH
ALAMAT SEKOLAH



























Lampiran 2 :
JADWAL KEGIATAN PENDAMPINGAN
NO
KELAS
PENDAMPINGAN KE ..
1
2
3
4
5
6
7
8
DST

KELAS I










KELAS II










KELAS III










KELAS IV











Lampiran 3 :
BIODATA PESERTA
1
Nama

2
NIP

3
NUPTK

4
Pangkat/Golongan Ruang

5
Tempat dan Tanggal Lahir

6
Jenis Kelamin

7
Agama

8
Guru Kelas

9
Masa Kerja Guru

10
Pendidikan Terakhir

11
Sekolah


a. Nama Sekolah


b. Jalan


c. Kelurahan/Desa


d. Kecamatan


e. Kabupaten


f.  Provinsi


g. Nomor Telepon/Fax

12
Alamat Rumah


Telepon/HP


Alamat Email


……………………………………,……………………………2014

…………………………………………………………………………..
Lampiran 4
TESTIMONI PESERTA PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013
Nama                    :………………………………………………………………………
Sekolah                : ………………………………………………………………………
Guru Kelas          : ………………………………………………………………………

1.       Kesesuaian materi dengan kebutuhan peserta pendampingan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.       Kesesuaian waktu pelaksanaan pendampingan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.       Tenaga Pendamping
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.       Kebermanfaatan program pendampingan dalam implementasi Kurikulum 2013
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.       Saran-saran
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

No comments:

Post a Comment