CONTOH
Lampiran 3
: Model Pelaporan Pendampingan
Laporan Pendampinganoleh Guru Pendamping
1.
Provinsi : Jawa Barat
2.
Kab/Kota : Karawang
3.
Nama Gugus : Gugus
02 Klari
Nama Pendamping
|
Waktu Dan Topik
Pendampingan
|
1. Tri Sutrisno,
M.Pd.
|
Waktu : Sabtu, 23 Agustus 2014
|
2. Tatang Taryana
|
Topik : Penilai (Pengisian
raport)
|
4.
Nama Guru Sasaran
Nama Lengkap
|
Asal Sekolah
|
1.
Siti Nurlaela, S.Pd
|
SDN Pancawati 2
|
2.
Sujono, S.Pd.
|
SDN Walahar 2
|
3.
Nurmalasari, S.Pd
|
SDN Gintungkerta 1
|
|
|
5.
Uraian
Contoh :
No
|
Topik : Memahami Buku Guru
|
1
|
Materi Pendampingan :
Bertolak pada permasalahan yang dihadapi
guru sasaran di kelasnya masing-masing
(Kendala yang dihadapi dalam memahami buku guru,
yaitu tentang:
a. Merekap nilai
b. Mengkoversi nilai
|
2
|
Hasil Kesepakatan
( Setelah berdiskusi, solusi / kesepakatan untuk perbaikan)
|
3
|
Rekomendasi Tindak Lanjut di Kelas
(Apa yang telah dilakukan guru sasaran
setelah kegiatan pendampingan pada kelasnya masing-masing)
|
4
|
Masalah lain di luar topic yang sempat muncul pada saat diskusi?
-
(Masalah di
luar topic yang sempat muncul dalam
diskusi baik yang sudah ditentukan solusinya maupun belum)
- Unjuk kerja
- Portofolio
|
5
|
Topik yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
|
Pendamping 1 Pendamping 2,
(TRI SUTRISNO) (TATANG TARYANA)
Lampiran 4 : Model Pelaporan Keuangan Penggunaan
Dana Bansos
LAPORAN
PELAKSANAAN
PENDAMPINGAN KURIKULUM 2013
OLEH KEPALA SD INTI (GUGUS)
Nama Gugus : Handayani
Nama dan Alamat SD Inti : Jl. Melati Mewangi Kota Solok
Nama Kepala SD Inti : Drs. Ramadhan Ceria, M.Pd.
Waktu Pelaksanaan :
Bulan Agustus s.d bulan November 2014
===================================================
1. Penjelasan
riingkas tentang pelaksanaan pendampingan kurikulum 2013
Pendampingan di Gugus Handayani
dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2014 sampai tanggal 10 Desember 2014
masing-masing kelas sebanyak 8 kali, seperti table berikut ini :
2. Kendala
yang dihadapi
a.
Kendala yang berhubungan dengan
materi Kurikulum
1) Mengalami
kesulitan dalam mengembangkan buku guru dalam satu pembelajaran (satu hari),
sehingga waktu yang tersisa masih banyak.
2) Masih
kesulitan dalam membuat scenario pembelajaran dengan pendekatan saintifik,
khususnya dalam merumuskan aktivitas mengasosiasi.
3) Mengalami
kesulitan dalam menetapkan nilai pengetahuan, karena waktu yang tersedia untuk
memberikan tes pengetahuan sangat terbatas.
b.
Kendala yang berhubungan dengan
penyelenggaraan pendampingan
1)
6 dari 32 atau 19% guru belum
memiliki buku guru dan siswa
2)
Tingkat kehadiran guru masih
kurang dalam kegiatan pendampingan, karena jarak sekolah dengan gugus
relative jauh.
3)
Hanya 20% atau sekitar 7 orang
dari 32 guru, yang memiliki laptop, sehingga menghambat pelaksanaan
pendampingan, mengingat sejumah dokumen dibagi dalam bentuk softcopy.
3. Solusi
Perbaikan
Solusi terkait masalah materi
pendampingan, ditempuh dengan memperbanyak contoh-contoh praktik
pembelajaran, scenario pembelajaran, serta penilaian pengetahuan. Contoh yang
digunakan adalah mendiskusikan video pembelajaran dan scenario pembelajaran
berbasis saintifik, serta contoh penilaian pengetahuan.
Solusi terkait dengan
penyelenggaraan pendampingan, dilakukan melalui peminjaman buku guru dan
siswa yang ada di SD Inti, menyampaikan permintaan kepada dinas pendidikan
untuk mengirimkan surat pemberitahaun dan himbauan terkait pelaksanaan pendampingan,
serta memberikan motivasi pentingnya alat bantu laptop, dan belajar kelompok
dimana satu kelompok setidaknya ada satu laptop.
4. Kesimpulan
dan Saran
a.
Kesimpulan
Semangat dan rasa ingin tahu guru
terhadap Kurikulum 2013 sangat baik, yang tercermin pada keterlibatannya
dalam kegiatan pendampingan. Pemahaman tentang format dan komponen RPP,
pendekatan saintifik dalam pembelajaran, serta penilaian sikap dan
keterampilan sudah cukup baik.
Sekalipun demikian, belum semua guru memahami dan terampil mengembangkan buku
guru dalam aktivitas pembelajaran di kelas, serta kemampuan mengembangkan
asosiasi pada peserta didik. Disamping itu, kemampuan guru dalam melaksanakan
penilaian aspek pengetahuan dmasih perlu dikembangkan.
b.
Saran
Program pendampingan sebaiknya tidak berhenti hanya
sampai 8 pertemuan, akan tetapi dapat dilanjutkan dalam kegiatan rutin di
gugus.
Perlu penyegaran dengan mengundang narasumber yang
diikuti oleh seluruh guru SD di gugus atau digabung dari beberapa gugus.
Model atau contoh pembelajaran (video, scenario, dan
penilaian) perlu diperbanyak agar dapat menjadi rujukan dan bahan diskusi di
antara guru.
Penggunaan Dana
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
No.
|
Jenis Pengeluaran
|
Volume/
Satuan
|
Tanggal
|
Satuan bIaya (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
Bukti Fisik
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Penggandaan CD Pembelajaran
|
35 keping
|
23-8-2014
|
8.000
|
280.000
|
Kuitansi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Fotocopy Materi
|
35 set @ 30 lembar
|
23-8-2014
|
4500
|
157.500
|
Kuitansi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Konsumsi
|
8 Orang
|
23-8-2014
|
15.000
|
120.000
|
Kuitansi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Total
|
|
|
Terbilang:(………………………………………………..................RUPIAH)
………………,………………….........20…
Kepala Sekolah SD Inti,
………………………………..
Lampiran :
1.
Nama Peserta Pendampingan
2.
Jadwal
Kegiatan Pendampingan
3.
Biodata
Nara Sumber/Fasilitator dan Peserta Pendampingan
4.
Hasil
dari Testimoni Peserta Pendampingan
5.
Rekaman
Dokumen Lainnya
Ketentuan Lain
a.
Ukuran kertas HVS A4
b.
Jenis huruf Arial 11 dengan spasi 1,5
c.
Laporan diserahkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi
Lampiran 1
:
DAFTAR NAMA PESERTA PENDAMPINGAN
NO
|
NAMA
|
KELAS
|
NAMA
SEKOLAH
|
ALAMAT
SEKOLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 2
:
JADWAL KEGIATAN PENDAMPINGAN
NO
|
KELAS
|
PENDAMPINGAN KE ..
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
DST
|
||
|
KELAS I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KELAS II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KELAS III
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KELAS IV
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 3
:
BIODATA PESERTA
1
|
Nama
|
|
2
|
NIP
|
|
3
|
NUPTK
|
|
4
|
Pangkat/Golongan
Ruang
|
|
5
|
Tempat
dan Tanggal Lahir
|
|
6
|
Jenis
Kelamin
|
|
7
|
Agama
|
|
8
|
Guru
Kelas
|
|
9
|
Masa
Kerja Guru
|
|
10
|
Pendidikan
Terakhir
|
|
11
|
Sekolah
|
|
|
a.
Nama Sekolah
|
|
|
b.
Jalan
|
|
|
c.
Kelurahan/Desa
|
|
|
d.
Kecamatan
|
|
|
e.
Kabupaten
|
|
|
f. Provinsi
|
|
|
g.
Nomor Telepon/Fax
|
|
12
|
Alamat
Rumah
|
|
|
Telepon/HP
|
|
|
Alamat
Email
|
|
……………………………………,……………………………2014
…………………………………………………………………………..
Lampiran 4
TESTIMONI PESERTA PENDAMPINGAN PELAKSANAAN
KURIKULUM 2013
Nama :………………………………………………………………………
Sekolah : ………………………………………………………………………
Guru Kelas : ………………………………………………………………………
1.
Kesesuaian materi dengan kebutuhan peserta
pendampingan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
Kesesuaian waktu pelaksanaan pendampingan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.
Tenaga Pendamping
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.
Kebermanfaatan program pendampingan dalam
implementasi Kurikulum 2013
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.
Saran-saran
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
No comments:
Post a Comment