Tuesday, January 9, 2018

NOTA DINAS



PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS

DINAS KESEHATAN

UPTD KESEHATAN PUSKESMAS TAMBAKSARI

Jalan Raya Tambaksari No. 137 Tambaksari, Ciamis
Kode Pos 46388
 

NOTA DINAS
Kepada                        : Yth Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis
Dari                            : Kepala UPTD Puskesmas Tambaksari
Tanggal                       : Januari 2016
Perihal                         : Laporan Pelaksanaan Kegiatan di UPTD Puskesmas Tambaksari
  Tahun Anggaran 2016

Disampaikan dengan hormat, bersama ini kami Iaporkan hasil pelaksanaan kegiatan pada UPTD Puskesmas Tambaksari Kabupaten Ciamis tahun anggaran 2016.
Diantaranya :
A.      Menyusun Rencana Kerja Puskesmas :
1.      Dasar:
a.      Permenkes no. 75 tahun 2014 tentang Puskesmas.
b.      Undang-undang no. 3 tahun 2009 pagal 19. “Pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan segala bentuk upaya kesehatan yang bermutu, aman dan terjangkau”.
c.       Juknis BOK tahun 2016.
d.      Peraturan Bupati Ciamis no. 42 tahun 2008
e.      RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) Kabupaten Ciamis tahun 2014-2019.
f.        Surat Pemberitahuan Dinas Kesehatan no.

2.      Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan perencanagn Puskesmas terdiri dari rencana tahunan dan rencana bulanan. Rencana tahunan dilaksanakan pada bulan November tahun 2016 sampai dengan bulan Januari tahun 2016 dan rencana bulanan dilaksanakan setiap bulan dari bulan Januari sampai dengan bulan Desember.
a.    Rencana tahunan terdiri dari beberapa unsur yaitu rencana kegiatan Biaya Operasional Puskesmas (BOP), rencana kegiatan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan rencana Biaya Operasional Kesehatan (BOK). Rencana ini disusun oleh tim perencanaan Puskesmas.
b.    Rencana bulanan terdiri dari perencanaan kegiatan bulanan yang merupakan penjabaran dari rencana tahunan, disusun setiap akhir bulan. Disusun berdasarkan hasil kesepakatan Lokakarya Bulanan (Lokbul)
3.       Keluaran /Output
Keluaran yang dihasilkan dari kegiatan perencanaan tahun 2016 adalah dokumen perencanaan sebagai berikut seperti dalam tabel di bawah ini:
No
Jenis Dokumen Perencanaan
Jumlah
Keterangan
1.
Dokumen Rencana Bulanan
12 Dokumen

2.
Dokumen Rencana Tahunan 2 Dokumen
12 Dokumen


4.      Dampak / Outcome
Dampak atau outcome dari kegiatan perencanaan adalah terselenggaranya kegiatan Puskesmas secara berkesinambungan dalam keteraturan, tercapainya beberapa target program Puskesmas seperti yang tertera dalam SPM (Standar Pelayanan Minimal). Penggunaan/ penyerapan anggaran sesuai yang diharapkan.
B. Menandatangani Surat dan Laporan Kegiatan
1.      Dasar:
a.    Undang-undang no. 3 tahun 2009 pasai 19. "Pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan segala bentuk upaya kesehatan yang bermutu, aman dan terjangkau".
b.    Permenkes no. 75 tahun 2014 tentang Puskesmas.
c.    Peraturan Bupati Ciamis no. 42 tahun 2008, tentang tugas, fungsi dan tata kerja unsur organisasi Dinas Kesehatan.
2.      Pelaksanaan Kegiatan.
Kegiatan menandatangani surat dan laporan kegiatan di lingkup kerja Puskesmas Tambaksari dilaksanakan setiap bulan selama 12 bulan dari bulan januari sampai dengan bulan Desember   2016 Adapun surat yang ditandatangani terdiri dari:
a.      Surat rekomendasi / pengantar
b.      Surat tugas / SPPD
c.       Surat pernyataan
d.      Surat izin penelitian
e.      Surat Keterangan
f.        Surat permohonan
g.      Surat undangan
h.      Surat pemberitahuan
i.        Laporan
Adapun laporan yang ditandatangani adalah laporan pelaksanaan kegiatan yang berupa capaian dan cakupan kegiatan dari berbagai program di lingkungan Puskesmas Tambaksari meliputi 6 kegiatan pokok Puskesimas, kegiatan penunjang dan kegiatan tambahan.
Adapun jenis laporan menurut frekuensi pelaporan tersebut adalah laporan bulanan, laporan triwulan dan laporan tahunan.
3.      Keluaran / Output
a. Surat yang Ditandatangani
Keluaran / Output dari kegiatan menandatangani surat dan laporan adalah sebanyak surat. Adapun perinciannya adalah seperti terlihat pada tabel di bawah ini:
Jumlah dan Jenis Surat yang Ditandatangani
No
Jenis Surat
Jumlah
Keterangan
1
Surat Rekomendasi / Pengantar
170

2
Surat Pernyataan
14

3
Surat lzin Penelitian
1

4
Surat Pemberitahuan


5
Surat Permohonan
17

6
Surat Tugas   Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD)
101

7
Surat Undangan
14

8
Permohonan Cuti
10

9
Laporan
12



339

Adapun jenis dan jumlah laporan yang ditandatangani adalah seperti terlihat pada tabel di bawah ini:
Jumlah dan Jenis Laporan yang Ditandatangani pada Tahun 2016
No
Jenis Laporan
Bulanan
Triwulan
Semester
Tahunan
Jumlah
1
Laporan KIA
24


1
25
2
Gizi
12



12
3
Kesehatan Lingkungan

4


4
4
lmunisasi
24



24
5
Promosi Kesehatan

4


4
6
P2TB
12



12
7
Kusta

4


4
8
P2 Diare
12



12
9
HIV
12



12
10
P2 Kelamin
12



12
11
Surveilance (W2)
48



48
12
Pusbila
12



12
13
JKN
24


1
25
14
Program Gigi
0



0
15
Usaha Kesehatan Sekolah

4


4
16
Laporan Obat
0



0
17
Laboratorium
24



24
JUMLAH


4.      Dampak hasil / Outcome
Dampak hasil / outcome dari kegiatan penandatanganan surat dan laporan adalah legalitas surat sehingga surat tersebut dianggap resmi atau shahih dari pemerintah setingkat Puskesmas sebagai salah satu upaya advokasi atau koordinasi yang periu untuk direspon atau ditindaklanjuti oleh badan atau unsur terkait, sehinggga secara langsung atau tidak langsung berdampak oada keberhasilan kegiatan / program yang diselenggarakan khususnya di Iingkup wilayah Puskesmas Tambaksari yang dapat diukur melalui pencapaian program Puskesmas.
C. Mengendalikan dan Mengkoordinasikan Kegiatan Puskesmas
1.      Dasar
a.      Undang-undang no. 3 tahun 2009 pasal 19. "Pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan segala bentuk upaya kesehatan yang bermutu, aman dan terjangkau".
b.      Permenkes no. 75 tahun 2014 tentang Puskesmas.
c.       Peraturan Bupati Ciamis no. 42 tahun 2008, tentang tugas, fungsi dan tata
kerja unsur organisasi Dinas Kesehatan.
d.      Buku Pedoman Puskesmas Tahun
2.      Pelaksanaan Kegiatan A

Kegiatan mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan Puskesmas antara Iain dilaksanakan melalui rapat / pertemuan koordinasi dengan lintas sector terkait yaitu Kecamatan, UPTD KB, UPTD Pendidikan, KUA, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, PKK, Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat dan kader.
Jenis rapat / pertemuan koordinasi yang dilaksanakan adalah berupa Rakor Kecamatan yang diselenggarakan oleh Kecamatan Tambaksari secara rutin setiap bulan dari bulan Januari sampai dengan bulan Desember 2016. Kegiatannya diselenggarakan di Kecamatan Tambaksari dan di desa wilayah kerja Kecamatan Tambaksari secara bergantian.
Pertemuan koordinasi lainnya adalah Lokmin (Lokakarya Mini) yang diselenggarakan Oleh Puskesmas Tambaksari Pada bulan Juni Dan Oktober 2016
Bertempat di Puskesmas Tambaksari. Pertemuan koordinasi lainnya yang telah diselenggarakan Puskesmas Tambaksari adalah Pertemuan Evaluasi Desa Siaga, Sosialisasi PKM Rawat lnap ODF (Open Defekation Free), Yang Dilaksanakan di Kantor Kecamatan Tambaksari pada Bulan Juni 2016.
Untuk Koordinasi tingkat desa telah dilakéanakan ODF di 2 desa yakni, desa Kadupandak dan Desa Karangpaningal pada bulan juni dan oktober 2016.
Tabel dibawah ini adalah jumlah dan jenis kegiatan pertemuan/ rapat yang telah dilaksanakaan selama tahun 2016
Kegiatan Pertemuan/ Rapat Koordinasi di Puskesmas Tambaksari tahun 2016.
No
Nama Pertemuan
Waktu
Tempat
Penyelenggara
Biaya
1
Lokmin Pertama
05-01-2016
Puskesmas
Puskesmas
BOK
2
Lokbul
07-02-2016
Puskesmas
Puskesmas
BOK
3
Lokbul
05-03-2016
Puskesmas
Puskesmas
BOK
4
Lokmin Triwulan
04-04-2016
Puskesmas
Camat
BOK
5
Lokbul
05-05-2016
Puskesmas
Puskesmas
BOK
6
Lokbul
06-06-2016
Puskesmas
Puskesmas
BOK
7
Lokbul
27-07-2016
Puskesmas
Puskesmas
BOK
8
Rekor Kecamatan/Lokmin Triwulan
03-08-2016
Puskesmas
Camat
BOK
9
Lokbul
06-09-2016
Puskesmas
Puskesmas
BOK
10
Lokbul
03-10-2016
Puskesmas
Puskesmas
BOK
11
Lokbul
03-11-2016
Puskesmas
Puskesmas
BOK
12
Lokmin Triwulan
07-12-2016
Puskesmas
Puskesmas
BOK







3.      Keluaran / Out Put.
Keluaran Out Put dari kegiatan mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan Puskesmas adalah berupa kesepakatan dan dukungan dari berbagai sector di tingkat kecamatan dan tingkat desa terhadap program Puskesmas yang dalam hal ini tidak berupa fisik tetapi terlihat dan dapat dirasakan pada pencapaian atau cakupan Program Puskesmas/ SPM, Terutama pada program yang melibatkan partisipasi masyarakat. (lihat Iampiran)
4.      Dampak Hasil / Out Come
Dampak hasil / Out Come dari kegiatan koordinasi dan pengendalian programPuskesmas adalah berupa keberhasilan program Puskesmas, yaitu menurunnya   Gizi Buruk. ( lihat iampiran pencapaian Kinerja Puskesmas Tambaksari tahun 2016 dan pencapaian SPM 2016 )
D. Memantau dan mengevaluasi Hasil Kerja Puskesmas.
1.      Dasar:
a.      Undang-undang no 3 th 2009 Pasal 19. " Pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan segala bentuk upaya kesehatan yang bermutu, aman,
b.      dan terjangkau.”
c.       Permenkes no 75 th 2014 tentang Puskesnmas.
d.      Peraturan Bupati Ciamis no 42 th 2008, tentang tugas, fungsi dan tata kerja unsur organisasi Dinas Kesehatan.
e.      Buku Pedoman Kerja Puskesmas TH ........
2.      Pelaksanaan Kegiatan.
Pelaksanaan Kegiatan memantau dan mengevaluasi Hasil Kerja Puskesmas dilakukan dengan bimbingan tehnis, supervisi, dan melalui Lokakarya bulanan Puskesmas (Lokbul) yang diselenggarakan oleh Puskesmas 8 kali selama setahun yaitu pada bulan Januari, Februari, Maret, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, dan Bulan Oktober 2016. Adapun bimbingan teknis dan supervise dilaksanakan pada bidan desa ( 6 desa) serta 3 pustu dan 2 poskesdes
3.      Hasil Kegiatan.
Hasil kegiatan Memantau dan mengevaluasihasil kerja Puskesmas antara lain adalah dapat diketahuinya permasalahan dalam pelaksanaan tugas, berupa kesepakatan, pembagian tugas, dan rencana tugas Puskesmas bulan berikutnya. Adapun out put kegiatan pada tahun 2016 antara lain adalah 12 buah dokumen Jadwal Posyandu, dokumen perencanaan 12 buah.
4.      Dampak Hasil Kegiaatan/ Out Came.
Dampak hasil kegiatan atau out come dari kegiatan ini adalah berupa pencapaian program puskesmas, Penrunan angka kesakitan dan kematian, terutama AKI dan AK§fperti dapat diiihat pada lampiran (Laporan Penilaian Kinerja Puskesmas Th 2016 dan pencapaian SPM th 2016 )
E. Pembuatan Laporan Tahunan Puskesmas.
1.      Dasar:
a.      Undang-undang no 3 th 2009 Pasal 19. ” Pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan segala bentuk upaya kesehatan yang bermutu, aman, dan terjangkau.
b.      Ermenkes no 75 th 2014 tentang Puskesmas.
c.       Peraturan Bupati Ciamis no 42 th 2008, tentang tugas, fungsi dan tata kerja unsur organisasi Dinas Kesehatan
d.      Buku Pedoman Puskesmas TH 1883
2.      Pelaksanaan Kegiatan. 1
Hasil Kegiatan penyusunan laporan adaiah menyusun laporan hasil kegiatan Program Puskesmas Tambaksari neliputi Laporan Kinerja Puskesmas, Laporan Tahunan BOK dan Laporan Tahunan JKN.
Kegiatan ini dilaksanakan sekali dalam setahun yaitu pada bulan Desember2016
3.      Hasil Kegiatatan/ Out Put.
Penyusunan laporan tahunan puskesmas adalah merupakan proses Publikasi Kegiatan Pembangunan Kesehatan di tingkat Puskesmas, sehingga sektor terkait dapat menelaah, dan menilai sejauh mana keberhasilan program kesehatan di Wilayah kerja puskesmas Tambaksari, Yang akan menjadi bahan pertimbangan para pengambil keputusan, dan akan berdampak pada keiangsungan pembangunan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Tambaksari di tahun yang akan datan.


Tambaksari,
Kepala UPTD Puskesmas Tambaksari



H. lim Ibrahim, SKM
NIP. 19641020 198412 1 001

No comments:

Post a Comment