BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1. Penggunaaan media kartu angka yang
diterapkan di TK PGRI TUNAS PATAKA dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka
serta memberikan hasil yang sangat baik bagi perkembangan kemampuan anak.
2. Metode serta prilaku guru dalam
menyampaikan materi merupakan kunci efektifnya proses belajar mengajar di TK
PGRI TUNAS PATAKA
B.
Saran
Untuk melaksanakan pembelajaran khususnya
dalam meningkatkan kemampuan mengenal anak dan konsep bilangan hendaknya:
1.
Guru dapat menggunakan media kartu angka yang
bergambar unik dan sesuai dengan kesenangan anak
2.
Guru dapat menggunakan pencampuran metode seperti
metode pendekatan emosional dengan anak agar penyampian materi dapat berjalan
dengan baik
3.
Guru dapat meningkatkan latihan dan bimbingan bagi
anak yang belum paham dan belum mengenal angka
DAFTAR PUSTAKA
Asmani, Jamal Ma’ruf. 2011. Penelitian
Tindakan Kelas. Jogjakarta : Laksana
Djamarah. 2002. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta : GP Press
Kayvan, Umy.2009. Permainan Kreatif
untuk Mencerdaskan Anak. Jakarta : Media Kita.
Nurani, Yuliani. 2012. Konsep Dasar
Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks
Tim PKP PG PAUD.2008. Panduan Pemantapan Kemampuan
Profesion.Jakarta : Universitas Terbuka.
Tadkirotun, Mudfiroh. 2012. Pengembangan
Kecerdasan Majemuk.Tangeran : Universitas Terbuka
Wardani IGAK, dkk. 2008. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka
No comments:
Post a Comment