BAB V
TINDAK LANJUT
Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya yang ditunjukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian stimulasi/rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiiki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Kebutuhan masyrakat terhadap layanan Pendidikan Anak Usia Dini di lingkungan PAUD Al Fadliliyah cukup besar. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyknya masyarakat yang mengikut sertakan anak-anaknya pada program PAUD. Namun demikian, masih banyaknya anak usia 0-6 tahun yang perlu dilayani di program Pendidikan Anak Usia Dini.
Langkah-langkah yang ditempuh dalam melaksanakan dan menyelesaikan program selama kurun waktu mulai dari tahun 2007-2018 sampai diterimanya dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD) yang telah dikucurkan sudap dapat direalisasikan sesuai rencana. Untuk menunjang kegiatan belajar anak dana dialokasikan untuk ATK siswa yang dimaksudkan disamping peningkatan semangat belajr siswa juga untuk kenyamanan proses pembelajaran.
Semua proses pendidikan tersebut membutuhkan strategi, metodologi, dan implementasi yang relevan, akurat dan cermat. Tanpa semua perangkat tersebut, efektivitas pendidikan anak usia dini diragukan dan dipertanyakan. Merencakana berarti mebuat formulasi konsep yang didahului kajian mendalam, penelitian intensif, eksperimentasi kritis dan inovatif, serta konklusi ilmiah dan aplikatif. Pendidikan Anka Usia Dini tidak hanya sekedar mengejar target kurikulum, atau untuk mengejar keinginan orang tua/masyarakat seperti keampuan anak dalam membaca, menulis dan berhitung secara maksimal, melainkan stimulasi dini melalui pendidikan yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak yang dikemas sesuai dengan dunia anak yaitu bermain. Melalui bermainlah mereka akan belajar.
Disinilah Pendidikan Anak Usia Dini menjadi fase pendidikan pra sekolah yang memberikan warna positif bagi pendidikan anak, memberikan dorongan, arahan, bimbingan dan jalan terbaik bagi penggalian dan pengembangan potensi, penataan moral dan spirit kompetisi yang besar. Pendekatan pengelolaan/penyelenggaraan pendidikan anak usia dini menggunakan strategi kajian manjemen parsitipatif organik yang lebih dinamis, progresif dan mempunyai unsur pembedayaan dan penguatan yang mengedepankan kolektivitas, teamwork, soliditas kohesivitas dan kualitas kerja.
No comments:
Post a Comment