ABSTRAK
Enok
Sumiarti,
Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak
Melalui Alat Permainan Edukatif Pada Kelompok B di TK. PGRI Widya Katresna
Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Skripsi. Bekasi: Sekolah Tinggi Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Pancasakti 2014.
Tujuan dari penelitian untuk meningkatkan minat
belajar, kemampuan beraktifitas, kemampuan berkreatifitas melalui alat prmainan
edukatif..
Penelitian menggunakan alat permainan
edukatif bertujuan untuk meningkatkan minat
belajar dan juga dapat meningkatkan semua aspek-aspek perkembangan yang harus
dimiliki anak. Kondisi belajar yang menyenangkan dan metode pembelajaran yang
bervariasi membuat anak tidak merasa bosan dan secara tidak langsung akan meningkatkan
minat belajar anak yang sangat berpengaruh pada bidang –bidang perkembangan
lainya. Sehubungan hal tersebut diatas peneliti melakukan penelitian tidakan
kelas pada sepuluh anak. Data diperoleh dari wawancara, catatan lapangan,
observasi dan hasil karya. Kegiatan dilaksanakan dua siklus untuk meningkatkan
minat belajar anak melalui alat permainan edukatif. Setelah dilaksanakan
tindakan satu siklus satu, dan tindakan siklus dua dapat terlihat hasilnya. Disetiap
pelaksanaan tindakan anak mengalami perubahan yang sangat baik. Pada tindakan
siklus satu nilai rata-rata minat belajar yang dimiliki anak melalui alat
permainan edukatif hanya mencapai 61,5 %
dengan nilai KKM 70%, setelah dilakukan perbaikan di tindakan siklus dua peningkatan
minat belajar anak menggunakan alat permainan edukatif rata-rata kelasnya ada
peningkatan menjadi 80 %, ini menunjukan perubahan yang sangat baik.
Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan:(1).meningkatkan
minat belaja anak melalui alat permainan eddukatif sangat baik daripada
menggunakan metode ceramah.(2). Melalui alat permainan edukatif dapat meningkatkan
minat belajar, dapat meningkatkan semua aspek pengembangan bahasa, pengembangan
kognitif, pengembangan motorik halus, motorik kasar dan seni, sehingga anak
menjadi lebih memiliki kemampuan untuk beraktifitas, kemampuan berkreasi, kemampuan
berimajinasi serta kemampuan lainya. Dengan alat permainan edukatif anak
termotivasi dan tertarik minatnya untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.(3).Upaya
meningkatkan minat belajar melalui alat permainan edukatif pada kelompok B di TK.PGRI
Widya Katresna Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis meningkat sesuai dengan tujuan
yang diharapkan.
sekripsi lain klik :
resume
skripsi 1
skripsi 2
skripsi 3
skripsi 4
skripsi 5
skripsi 6
skripsi 7
skripsi 8
skripsi 9
skripsi 10
abstrak
lembar pernyataan
lembar pengesahan skripsi
lembar persetujuan sidang skripsi
LEMBAR PERSETUJUAN
UPAYA
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF PADA KELOMPOK B
DI TK.PGRI WIDYA KATRESNA KECAMATAN RANCAH
KABUPATEN
CIAMIS
SKRIPSI
Oleh
Enok
Sumiarti
NIM
048620710150720
Disetujui
untuk disidangkan
Tanggal
Tanda
Tangan
Pembimbing 1
H.Nana Sutisna, S.Pd, M.Pd.I 17 April 2014 ....................................
Pembimbing 2
Drs. A Edi
Rohman,M.P.d 19
April 2014 ....................................
Bekasi, April
2014
Program
Studi PGPAUD
Sekolah
Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Panca Sakti Bekasi
Ketua
Prodi Pendidikan Anak Usia Dini
Sri Watini, M.Pd
LEMBAR PENGESAHAN
UPAYA
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF PADA KELOMPOK B
DI TK.PGRI WIDYA KATRESNA KECAMATAN RANCAH KABUPATEN CIAMIS
SKRIPSI
Oleh
Enok Sumiarti
048620710150720
Dipertahankan
didepan Komisi Penguji Skripsi
Sekolah Tinggi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Panca Sakti
Komisi Penguji
Skripsi Tanggal Tanda Tangan
1. Prop.Dr.Ir.Drs.H.Syafwandi,M.Sc. 27 April 2014 ..............................
2. Dr.Dwi Winarni, SE, MM. 27 April 2014 ..............................
3. Dr.Drs. Eman Suparman, MM. 27 April 2014 ..............................
Bekasi, 27 April
2014
Program
studi PGPAUD
Sekolah
Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Panca Sakti
Ketua
Prodi Pendidikan Anak Usia Dini
Sri Watini M.Pd
KATA PENGANTAR
Dengan
memanjatkan puji syukur kehadirat Alloh SWT, atas berkat, rahmat dan karuniaNYA
penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Alat Permainan Edukatif Pada
Kelompok B Di TK. PGRI Widya Katresna Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis “
tepat pada waktunya.
Penyusunan skripsi dalam bentuk
karya ilmiah ini ditulis untuk memenuhi syarat dalam menyelesaikan program S-1
Pendidikan Anak Usia Dini di Sekolah
Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pancasakti Bekasi. Skripsi ini berupa
laporan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di TK. PGRI Widya Katresna
Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis .
Namun dalam penyusunan skripsi ini,
sudah barang tentu banyak kekurangan-kekurangan baik dalam penyusunan,
rangkaian kalimat maupun arah dan tujuanya. Walaupun demikian penulis sangat
mengharapkan saran dan bimbingan untuk perbaikan sehingga mendekati sempurna. Penulis
menyadari pada penyusunan skripsi ini, tidak akan lancar dan tepat pada
waktunya tanpa bantuan dan dukungan semua pihak.
Untuk
mengingat jasa-jasa baik tersebut penulis mengucapkan terimakasih dan
penghargaan yang sebesar-besarnya kepada:
1. Ketua STKIP Panca Sakti :
Bapak Prop.Dr.Ir.Drs.H.Syafwandi,M.Sc
2. Ketua Prodi PGPAUD : Ibu Sri Watini, M.Pd
3. Pembimbing : 1.
Bapak Nana Sutisna,S.Pd,M.Pd .I 2. Bapak
Drs. A Edi Rohman,M.Pd
4. Dosen yang telah memberikan ilmu dan
pengetahuan serta bimbingan dengan penuh
kesabaran.
5. Kepala TK.PGRI Widya Katresna beserta
guru-guru yang telah memberi keleluasaan kepada penulis dalam pelaksanaan penelitian.
6. Ibunda dan ayahanda tercinta yang telah
memberikan limpahan do’a serta pengorbanan yang tidak terbatas untuk kehidupan
penulis dan selalu memberi dorongan semangat dalam setiap langkah.
7. Suami dan anak tercinta yang penulis
sayangi yang telah memberikan dorongan baik itu berupa materi serta dukungan lainya.Terimakasih
atas pengorbanan dan pengertianya
8. Rekan-rekan seperjuangan di PGPAUD
tempat saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman.
9. Semua pihak yang telah memberikan
inspirasi dalam kehidupan penulis yang tidak di sebutkan satu persatu.
Akhirnya skripsi dalam bentuk karya
ilmiah ini dipersembahkan pada almamater dan masyarakat akademik semoga ada
manfaatnya bagi pengembangan ilmu pengetahuan yang lebih luas.
Bekasi, April
2014
Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman
|
|||
ABSTRAK...........................................................................................................
|
i
|
||
LEMBAR
PERSETUJUAN................................................................................
|
ii
|
||
LEMBAR
PENGESAHAN.................................................................................
|
iii
|
||
KATA
PENGANTAR.........................................................................................
|
iv
|
||
DAFTAR
ISI.......................................................................................................
|
vi
|
||
DAFTAR
TABEL...............................................................................................
|
ix
|
||
DAFTAR
BAGAN..............................................................................................
|
x
|
||
DAFTAR
GRAFIK.............................................................................................
|
xi
|
||
BAB
|
I
|
PENDAHULUAN...........................................................................
|
1
|
|
A.
|
Latar
Belakang Masalah..................................................................
|
1
|
|
B.
|
Fokus
Penelitian..............................................................................
|
6
|
|
C.
|
Perumusan
Masalah........................................................................
|
7
|
|
D.
|
Tujuan
Penelitian............................................................................
|
7
|
|
E.
|
Kegunaan
Penelitian........................................................................
|
8
|
BAB
|
II.
|
KAJIAN
PUSTAKA......................................................................
|
9
|
|
A
|
Deskripsi
Konseptual......................................................................
|
9
|
|
B.
|
Acuan
Teoritis.................................................................................
|
20
|
|
C.
|
Model
Tindakan..............................................................................
|
20
|
BAB
|
III.
|
METODOLOGI
PENELITIAN.....................................................
|
23
|
|
A.
|
Tempat
Dan Waktu Penelitian........................................................
|
23
|
|
B.
|
Metode
Penelitian............................................................................
|
24
|
|
C.
|
Rancangan
Tindakan.......................................................................
|
29
|
|
D
|
Desain
Dan Prosedur Tindakan.......................................................
|
31
|
|
E
|
Sumber
Data....................................................................................
|
49
|
|
F
|
Tekhnik
Pengambilan Data.............................................................
|
40
|
|
|
1.
Definisi
Konseptual.....................................................................
|
40
|
|
|
2.
Definisi
Operasional....................................................................
|
41
|
|
|
3.
Kisi-Kisi
Instrumen.....................................................................
|
42
|
|
|
4.
Jenis
Instrumen............................................................................
|
43
|
|
|
5.
Validasi Instrumen......................................................................
|
48
|
|
G.
|
Keabsahan
Data...............................................................................
|
48
|
|
|
1.
Telaah Model Tindakan..............................................................
|
48
|
|
|
2.
Validitas
Data..............................................................................
|
49
|
BAB
|
IV
|
HASIL PENELITIAN
DAN
PEMBAHASAN...........................
|
52
|
|
A.
|
Deskripsi
Hasil
Penelitian...............................................................
|
52
|
|
B.
|
Pembahasan.....................................................................................
|
68
|
BAB
|
V.
|
SIMPULAN,
IMPLIKASI DAN SARAN.....................................
|
70
|
|
A.
|
Simpulan.........................................................................................
|
70
|
|
B.
|
Implikasi..........................................................................................
|
72
|
|
C.
|
Saran................................................................................................
|
73
|
DAFTAR
PUSTAKA.......................................................................................... 74
|
|||
LAMPIRAN........................................................................................................ 75
|
|||
|
1.
|
Pedoman
Wawancara Untuk Guru .................................................
|
75
|
|
2.
|
Rencana
Kegiatan Harian Tindakan Siklus I..................................
|
76
|
|
3.
|
Catatan
Lapangan Tindakan Siklus I..............................................
|
80
|
|
4.
|
Lembar
Observasi Anak Tindakan Siklus I....................................
|
81
|
|
5.
|
Lembar
Observasi Guru Tindakan Siklus I.....................................
|
83
|
|
6.
|
Lembar
Penilaian Anak Tindakan Siklus
I....................................
|
85
|
|
7.
|
Foto
Kegiatan Siklus
I.....................................................................
|
86
|
|
8.
|
Rencana
Kegiatan Harian Tindakan Siklus II.................................
|
89
|
|
9.
|
Catatan
Lapangan Tindakan Siklus II.............................................
|
92
|
|
10.
|
Lembar
Observasi Anak Tindakan Siklus II...................................
|
93
|
|
11.
|
Lembar
Observasi Guru Tindakan Siklus II...................................
|
95
|
|
12.
|
Lembar
Penilaian Anak Tindakan Siklus
II...................................
|
97
|
|
13.
|
Foto
Kegiatan Siklus
I.....................................................................
|
98
|
DAFTAR
RIWAYAT
HIDUP............................................................................
|
101
|
sekripsi lain klik :
resume
skripsi 1
skripsi 2
skripsi 3
skripsi 4
skripsi 5
skripsi 6
skripsi 7
skripsi 8
skripsi 9
skripsi 10
abstrak
lembar pernyataan
lembar pengesahan skripsi
lembar persetujuan sidang skripsi
DAFTAR
TABEL
|
|
hal
|
3.1
|
Kisi
–kisi Tes Hasil Belajar............................................................
|
43
|
3.2
|
Lembar
Pedoman Observasi...........................................................
|
44
|
3.3
|
Kisi-kisi
Minat Belajar Anak........................................................
|
45
|
3.4
|
Lembar
Penilaian
Anak...................................................................
|
46
|
3.5
|
Persentase
Nilai Perkembangan Anak............................................
|
46
|
3.6
|
Pedoman
Wawancara Untuk Guru..................................................
|
47
|
4.1
|
Anak
Yang Dijadikan Subjek Penelitian........................................
|
53
|
4.2
|
Lembar
Penilaian Anak Hasil Tindakan I.......................................
|
57
|
4.3
|
Persentase
Nilai Perkembangan Anak Hasil Tindakan
I...............
|
57
|
4.4
|
Lembar
Penilaian Anak Hasil Tindakan II.....................................
|
64
|
4.5
|
Persentase
Nilai Perkembangan Anak Hasil Tindakan II...............
|
64
|
DAFTAR
BAGAN
|
|
hal
|
2.1
|
Proses
Meningkatkan Minat Belajar..........................................
|
21
|
3.1
|
Model
Penelitian Lewin Menurut Eliot......................................
|
28
|
3.2
|
Alur
Penelitian Tindakan Kelas.................................................
|
38
|
sekripsi lain klik :
resume
skripsi 1
skripsi 2
skripsi 3
skripsi 4
skripsi 5
skripsi 6
skripsi 7
skripsi 8
skripsi 9
skripsi 10
abstrak
lembar pernyataan
lembar pengesahan skripsi
lembar persetujuan sidang skripsi
DAFTAR
GRAFIK
|
|
hal
|
4.1
|
Grafik
Hasil Tindakan Siklus I..........................................................
|
60
|
4.2
|
Grafik
Hasil Tindakan Siklus
II........................................................
|
67
|
No comments:
Post a Comment