Wednesday, January 10, 2018

ABSTRAK



ABSTRAK

Enok Sumiarti, Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Alat Permainan Edukatif Pada Kelompok B di TK. PGRI Widya Katresna Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Skripsi. Bekasi: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pancasakti 2014.

Tujuan dari penelitian untuk meningkatkan minat belajar, kemampuan beraktifitas, kemampuan berkreatifitas melalui alat prmainan edukatif..
Penelitian menggunakan alat permainan edukatif bertujuan untuk  meningkatkan minat belajar dan juga dapat meningkatkan semua aspek-aspek perkembangan yang harus dimiliki anak. Kondisi belajar yang menyenangkan dan metode pembelajaran yang bervariasi membuat anak tidak merasa bosan dan secara tidak langsung akan meningkatkan minat belajar anak yang sangat berpengaruh pada bidang –bidang perkembangan lainya. Sehubungan hal tersebut diatas peneliti melakukan penelitian tidakan kelas pada sepuluh anak. Data diperoleh dari wawancara, catatan lapangan, observasi dan hasil karya. Kegiatan dilaksanakan dua siklus untuk meningkatkan minat belajar anak melalui alat permainan edukatif. Setelah dilaksanakan tindakan satu siklus satu, dan tindakan  siklus dua dapat terlihat hasilnya. Disetiap pelaksanaan tindakan anak mengalami perubahan yang sangat baik. Pada tindakan siklus satu nilai rata-rata minat belajar yang dimiliki anak melalui alat permainan edukatif  hanya mencapai 61,5 % dengan nilai KKM 70%, setelah dilakukan perbaikan di tindakan siklus dua peningkatan minat belajar anak menggunakan alat permainan edukatif rata-rata kelasnya ada peningkatan menjadi 80 %, ini menunjukan perubahan yang sangat baik.
            Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan:(1).meningkatkan minat belaja anak melalui alat permainan eddukatif sangat baik daripada menggunakan metode ceramah.(2). Melalui alat permainan edukatif dapat meningkatkan minat belajar, dapat meningkatkan semua aspek pengembangan bahasa, pengembangan kognitif, pengembangan motorik halus, motorik kasar dan seni, sehingga anak menjadi lebih memiliki kemampuan untuk beraktifitas, kemampuan berkreasi, kemampuan berimajinasi serta kemampuan lainya. Dengan alat permainan edukatif anak termotivasi dan tertarik minatnya untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.(3).Upaya meningkatkan minat belajar melalui alat permainan edukatif pada kelompok B di TK.PGRI Widya Katresna Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis meningkat sesuai dengan tujuan yang diharapkan.


sekripsi lain klik :

resume
skripsi 1
skripsi 2
skripsi 3
skripsi 4 
skripsi 5
skripsi 6
skripsi 7
skripsi 8
skripsi 9
skripsi 10
abstrak
lembar pernyataan
lembar pengesahan skripsi
lembar persetujuan sidang skripsi







LEMBAR  PERSETUJUAN

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF PADA KELOMPOK B
 DI TK.PGRI WIDYA KATRESNA KECAMATAN RANCAH
KABUPATEN CIAMIS



 SKRIPSI

Oleh
Enok Sumiarti
NIM
048620710150720

Disetujui untuk disidangkan

                                                              Tanggal                          Tanda Tangan                         
Pembimbing       1
H.Nana Sutisna, S.Pd, M.Pd.I        17  April 2014                 .................................... 

Pembimbing        2
Drs. A Edi Rohman,M.P.d             19  April 2014                 ....................................   

Bekasi,     April  2014
Program Studi  PGPAUD
Sekolah Tinggi Keguruan  dan Ilmu Pendidikan Panca Sakti Bekasi
Ketua Prodi Pendidikan Anak Usia Dini



  Sri Watini, M.Pd
LEMBAR  PENGESAHAN

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF PADA KELOMPOK B DI TK.PGRI WIDYA KATRESNA KECAMATAN RANCAH KABUPATEN CIAMIS


 SKRIPSI

   Oleh
Enok Sumiarti
048620710150720


Dipertahankan didepan Komisi Penguji Skripsi
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Panca Sakti


Komisi Penguji Skripsi                                   Tanggal                   Tanda Tangan  
                

1.  Prop.Dr.Ir.Drs.H.Syafwandi,M.Sc.         27 April 2014          ..............................

                                                                    

2.  Dr.Dwi Winarni, SE, MM.                     27 April  2014          ..............................

                                                                  

3.  Dr.Drs. Eman Suparman, MM.              27 April 2014           ..............................
                                                                

Bekasi,  27  April  2014
Program studi  PGPAUD
Sekolah Tinggi Keguruan  dan Ilmu Pendidikan Panca Sakti
Ketua Prodi Pendidikan Anak Usia Dini


                                                     Sri Watini M.Pd
KATA PENGANTAR

            Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Alloh SWT, atas berkat, rahmat dan karuniaNYA penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Alat Permainan Edukatif Pada Kelompok B Di TK. PGRI Widya Katresna Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis “ tepat pada waktunya.
            Penyusunan skripsi dalam bentuk karya ilmiah ini ditulis untuk memenuhi syarat dalam menyelesaikan program S-1 Pendidikan Anak Usia Dini  di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pancasakti Bekasi. Skripsi ini berupa laporan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di TK. PGRI Widya Katresna Kecamatan Rancah  Kabupaten Ciamis .
            Namun dalam penyusunan skripsi ini, sudah barang tentu banyak kekurangan-kekurangan baik dalam penyusunan, rangkaian kalimat maupun arah dan tujuanya. Walaupun demikian penulis sangat mengharapkan saran dan bimbingan untuk perbaikan sehingga mendekati sempurna. Penulis menyadari pada penyusunan skripsi ini, tidak akan lancar dan tepat pada waktunya tanpa bantuan dan dukungan semua pihak.
Untuk mengingat jasa-jasa baik tersebut penulis mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada:
1.  Ketua STKIP Panca Sakti              :   Bapak Prop.Dr.Ir.Drs.H.Syafwandi,M.Sc
2.  Ketua Prodi PGPAUD                  :   Ibu Sri Watini, M.Pd
3.  Pembimbing                                   :   1.  Bapak Nana Sutisna,S.Pd,M.Pd .I                                                                          2.  Bapak  Drs. A Edi Rohman,M.Pd
4. Dosen yang telah memberikan ilmu dan pengetahuan serta bimbingan dengan  penuh kesabaran.
5. Kepala TK.PGRI Widya Katresna beserta guru-guru yang telah memberi keleluasaan kepada penulis dalam  pelaksanaan penelitian.
6. Ibunda dan ayahanda tercinta yang telah memberikan limpahan do’a serta pengorbanan yang tidak terbatas untuk kehidupan penulis dan selalu memberi dorongan semangat dalam setiap langkah.
7. Suami dan anak tercinta yang penulis sayangi yang telah memberikan dorongan baik itu berupa materi serta dukungan lainya.Terimakasih atas pengorbanan dan pengertianya
8. Rekan-rekan seperjuangan di PGPAUD tempat saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman.
9. Semua pihak yang telah memberikan inspirasi dalam kehidupan penulis yang tidak di sebutkan satu persatu.
            Akhirnya skripsi dalam bentuk karya ilmiah ini dipersembahkan pada almamater dan masyarakat akademik semoga ada manfaatnya bagi pengembangan ilmu pengetahuan yang lebih luas.

                                                                         Bekasi,       April   2014


                                                                                          Penulis


DAFTAR ISI

                                                                                                                       Halaman
ABSTRAK...........................................................................................................
i
LEMBAR PERSETUJUAN................................................................................
ii
LEMBAR PENGESAHAN.................................................................................
iii
KATA PENGANTAR.........................................................................................
iv
DAFTAR ISI.......................................................................................................
vi
DAFTAR TABEL...............................................................................................
ix
DAFTAR BAGAN..............................................................................................
x
DAFTAR GRAFIK.............................................................................................
xi
BAB
I
PENDAHULUAN...........................................................................
1

A.
Latar Belakang Masalah..................................................................
1

B.
Fokus Penelitian..............................................................................
6

C.
Perumusan Masalah........................................................................
7

D.
Tujuan Penelitian............................................................................
7

E.
Kegunaan Penelitian........................................................................
8
BAB
II.
KAJIAN PUSTAKA......................................................................
9

A
Deskripsi Konseptual......................................................................
9

B.
Acuan Teoritis.................................................................................
20

C.
Model Tindakan..............................................................................
20
BAB
III.
METODOLOGI PENELITIAN.....................................................
23

A.
Tempat Dan Waktu Penelitian........................................................
23

B.
Metode Penelitian............................................................................
24

C.
Rancangan Tindakan.......................................................................
29

D
Desain Dan Prosedur Tindakan.......................................................
31

E
Sumber Data....................................................................................
49

F
Tekhnik Pengambilan Data.............................................................
40


1. Definisi Konseptual.....................................................................
40


2. Definisi Operasional....................................................................
41


3. Kisi-Kisi Instrumen.....................................................................
42


4. Jenis Instrumen............................................................................
43


5. Validasi Instrumen......................................................................
48

G.
Keabsahan Data...............................................................................
48


1. Telaah Model Tindakan..............................................................
48


2. Validitas Data..............................................................................
49
BAB
IV
HASIL  PENELITIAN  DAN  PEMBAHASAN...........................
52

A.
Deskripsi Hasil Penelitian...............................................................
52

B.
Pembahasan.....................................................................................
68
BAB
V.
SIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN.....................................
70

A.
Simpulan.........................................................................................
70

B.
Implikasi..........................................................................................
72

C.
Saran................................................................................................
73
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................     74
LAMPIRAN........................................................................................................     75

1.
Pedoman Wawancara Untuk Guru .................................................
75

2.
Rencana Kegiatan Harian Tindakan Siklus I..................................
76

3.
Catatan Lapangan Tindakan Siklus I..............................................
80

4.
Lembar Observasi Anak Tindakan Siklus I....................................
81

5.
Lembar Observasi Guru Tindakan Siklus I.....................................
83

6.
Lembar Penilaian Anak  Tindakan Siklus I....................................
85

7.
Foto Kegiatan Siklus I.....................................................................
86

8.
Rencana Kegiatan Harian Tindakan Siklus II.................................
89

9.
Catatan Lapangan Tindakan Siklus II.............................................
92

10.
Lembar Observasi Anak Tindakan Siklus II...................................
93

11.
Lembar Observasi Guru Tindakan Siklus II...................................
95

12.
Lembar Penilaian Anak  Tindakan Siklus II...................................
97

13.
Foto Kegiatan Siklus I.....................................................................
98
DAFTAR RIWAYAT HIDUP............................................................................
101








sekripsi lain klik :

resume
skripsi 1
skripsi 2
skripsi 3
skripsi 4 
skripsi 5
skripsi 6
skripsi 7
skripsi 8
skripsi 9
skripsi 10
abstrak
lembar pernyataan
lembar pengesahan skripsi
lembar persetujuan sidang skripsi







DAFTAR TABEL



hal
3.1
Kisi –kisi Tes Hasil Belajar............................................................
43
3.2
Lembar Pedoman Observasi...........................................................
44
3.3
Kisi-kisi Minat Belajar Anak........................................................
45
3.4
Lembar Penilaian Anak...................................................................
46
3.5
Persentase Nilai Perkembangan Anak............................................
46
3.6
Pedoman Wawancara Untuk Guru..................................................
47
4.1
Anak Yang Dijadikan Subjek Penelitian........................................
53
4.2
Lembar Penilaian Anak Hasil Tindakan I.......................................
57
4.3
Persentase Nilai Perkembangan Anak  Hasil Tindakan I...............
57
4.4
Lembar Penilaian Anak Hasil Tindakan II.....................................
64
4.5
Persentase Nilai Perkembangan Anak Hasil Tindakan II...............
64








DAFTAR BAGAN



hal
2.1
Proses Meningkatkan Minat Belajar..........................................
21
3.1
Model Penelitian Lewin Menurut Eliot......................................
28
3.2
Alur Penelitian Tindakan Kelas.................................................
38






sekripsi lain klik :

resume
skripsi 1
skripsi 2
skripsi 3
skripsi 4 
skripsi 5
skripsi 6
skripsi 7
skripsi 8
skripsi 9
skripsi 10
abstrak
lembar pernyataan
lembar pengesahan skripsi
lembar persetujuan sidang skripsi



DAFTAR GRAFIK



hal
4.1
Grafik Hasil Tindakan Siklus I..........................................................
60
4.2
Grafik Hasil Tindakan Siklus II........................................................
67


No comments:

Post a Comment