Wednesday, January 10, 2018

SKRIPSI BAB III UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF



BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
         
A.      Tempat dan Waktu  Penelitian
            Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak melalui alat permainan edukatif di  Taman Kanak-Kanak PGRI Widya Katresna Kecamatan Rancah Kabupaten .Ciamis.
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini  dilaksanakan pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak PGRI Widya Katresna Kecamatan Rancah Kabupaten .Ciamis.waktu pelaksanaan semester II tahun ajaran 2013-2014.
            Rencana penelitian ini akan dilaksanakan pada anak kelompok B  di  Taman Kanak-Kanak PGRI Widya Katresna Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Semester II tahun ajaran 2013-2014 yang terdiri dari sepuluh  anak.
            Faktor yang diteliti dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini yang diteliti adalah :
-    Anak didik, yaitu minat belajar  yang dimiliki anak dan partisipasi anak dalam proses pembelajaran melalui alat permainan edukatif yang disesuaikan pada tema saat pembelajaran tersebut.
-    Guru yaitu kemampuan guru dalam mengembangkan alat permainan edukatif untuk meningkatkan minat belajar anak dalam proses  pembelajaran yang menyenangkan.

B.  Metode Penelitian
            Berdasarkan permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya,secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang alat permainan edukatif, dalam meningkatkan minat belajar anak TK. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian kualitatif untuk mengetahui kondisi dan temuan-temuan yang ada dilapangan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang berasal dari bahasa action research.Menurut Sukardi (2003;2010) penelitian tindakan adalah cara suatu kelompok atau seseorang dalam mengorganisasi suatu kondisi sehingga mereka dapat mempelajari pengalaman mereka dan membuat pengalaman mereka dapat diakses oleh orang lain. Penelitian tindakan merupakan pengembangan penelitian terpakai atau applied research,dalam hal ini peneliti bersifat sebagai:
1.        Pemeran aktif kegiatan pokok;
2.        Agen perubahan;
3.        Subjek atau objek yang diteliti memperoleh manfaat dari hasil tindakan yang diberikan secara terencana oleh peneliti.
     Penelitian tindakan kelas memiliki tiga ciri pokok menurut Sukardi( 2010;110),yaitu:
1.        Inkuri reflektif, penelitian tindakan kelas berangkat dari permasalahan pembelajaran riil yang sehari-hari dihadapi guru dan siswa.
2.        Kolaboratif, upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran tidak dapat dilakukan sendiri oleh peneliti di luar kelas tetapi berkolaborasi dengan guru.
3.        Reflektif, penelitian tindakan kelas mempunyai ciri hkusus yaitu sifat reflektif yang berkelanjutan.
Penelitian tindakan kelas mempunyai beberapa karakteristik yang berbeda bila dibandingkan dengan penelitian formal lainya. Beberapa karakteristik penting tersebut sebagai berikut:
a.         Kritik refleksi yaitu suatu upaya evaluasi atau penilaian dan refleks ini perlu adanya kritik sehingga dimungkinkan pada taraf evaluasi terhadap perubahan – perubahan .
b.        Kritik dialektif yaitu kritik terhadap fenomena yang diteliti dalam suatu pemeriksaan.
c.         Kolaborasi yaitu PTK diadakan dengan adanya hadir suatu kerjasama dengan pihak-pihak lain seperti atasa sejawat atau kolega.
d.        Resiko yaitu adanya kemungkinan melesetnya hipotesis dan adanya tuntutan untuk melakukan suatu transformasi dalam proses penilaian.
e.         Susunan jamak yaitu PTK bersifat dialektis,reflektif, partisipasi atau kolaboratif dan berkaitan dengan adanya pandangan bahwa penomena yang diteliti harus mencakup semua komponen pokok supaya bersifat komperhensif.
f.          Internalisasi teori dan praktek yaitu PTK memiliki dua tahap yang berlainan yang saling mendukung transformasi.
Tujuan secara umum penelitian tindakan ( Sukardi ,2003;212) adalah sebagai berikut:
a.       Merupakan salah satu cara strategis guna memperbaiki layanan maupun hasil kerja dalam suatu lembaga.
b.      Mengembangkan rencana tindakan guna meningkatkan apa yang telah dilakukan sekarang .
c.       Mewujudkan proses penelitian yang mempunyai manfaat ganda baik bagi peneliti yang dalam hal ini mereka memperoleh informasi yang berkaitan dengan permasalahan, maupun pihak subjek yang diteliti dalam mendapatkan manfaat langsung dari adanya tindakan nyata.
d.      Tercapainya konteks pembelajaran dari pihak yang terlbat, yaitu peneliti dan para subjek yang diteliti.
e.       Timbulnya budaya peneliti yang terkait dengan prinsip sambil bekerja dapat melakukan penelitian di bidang yang ditekuninya.
f.        Timbulnya kesadaran pada subjek yang diteliti sebagai akibat adanya tindakan nyata untuk meningkatkan kualitas.
g.      Diperolehnya pengalaman yang berkaitan erat dengan usaha peningkatan kualitas secara profesional maupun akademis.
            Berdasarkan pendapat ahli pendidikan di atas, maka implikasinya dalam penelitian tindakan ini pada kenyataanya dapat dilakukan secara kolaborasi artinya peneliti dapat berkolaborasi atau kerjasama dengan guru /TK sebagai mitra dalam penelitian yang bertujuan untuk membantu meningkatkan pengalaman atau kualitas pendidikan pada pembelajaran di kelas,sehingga dinamakan penelitian tindakan yang bersifat kolaboratif.
  Penelitian yang dilakukan terdiri dari dua siklus, kegiatan dari setiap siklus terdiri dari tiga kegiatan pokok yaitu perencanaan(plan), tindakan pelaksanaan(action), observasi (observation), dan refleksi (refletive). Langkah-langkah PTK yang digunakan diadaptasi dari alur PTK menggunakan model Lewin menurut Elliot yang dapat dilihat pada bagan berikut :




sekripsi lain klik :

resume
skripsi 1
skripsi 2
skripsi 3
skripsi 4 
skripsi 5
skripsi 6
skripsi 7
skripsi 8
skripsi 9
skripsi 10
abstrak
lembar pernyataan
lembar pengesahan skripsi
lembar persetujuan sidang skripsi






Monitor,Implementation& effect
 
            








 






Revisi Rencana Umum
 
Reconnaisannce
 
                                                                                  








 


                                        



Bagan.3.1
Model Penelitian Lewin Menurut Elliot

            PTK menurut Eliot dimulai dengan identifikasi masalah yang terjadi di kelas,artinya guru harus mengetahui tentang apa yang terjadi dikelasnya. Setelah masalah teridentifikasi,maka penelitian berikutnya dilakukan dengan pemeriksaan di kelas dan guru sebagai peneliti biasanya dapat merasakan langsung atau dapat teramati secara langsung.

C.  Rancangan Tindakan
Berdasarkan data awal dari hasil observasi maka dilanjutkan dengan pembuatan rancangan tahapan pembelajaran yang tercantum dalam skenario pembelajaran dalam dua siklus tersebut serta penyediaan media yang akan digunakan sebagai pelaksanaan tindakan di TK PGRI Widya Katresna kelompok B.Tahapan rancangan pembelajaran dengan penerapan tindakan yang dilaksanakan dibagi menjadi dua siklus tersebut adalah sebagai berikut:
a.        Perencanaan ( planning) 
Berdasarkan penelitian awal diketahui bahwa minat belajar anak dalam proses pembelajaran masih rendah. Hal ini terlihat dalam proses maupun hasil belajar melalui latihan - latihan dengan pemberian tugas pada kegiatan  pembelajaran hasilnya kurang memuaskan, anak kurang berpartisipasi, tidak kreatif.Guru dalam proses kegiatan pembelajaran kurang dalam menggunakan alat permainan edukatif yang bisa memotivasi dan menarik minat anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil diskusi dengan guru kelas sebagai upaya mengatasi permasalahan tersebut, maka digunakan salah satu strategi sebagai alternatif pembelajaran yaitu menggunakan alat permainan edukatif sebagai upaya meningkatkan minat belajar anak.
Perencanaan pembelajaran yang akan dilakukan dalam penelitian diatas antara lain:
1.        Menentukan kelas dan waktu penelitian
2.        Mendiskusikan dan menyusun pedoman untuk melakukan aktivitas dengan menggunakan alat permainan edukatif.
3.        Membuat skenario rencana kegiatan menggunakan alat permainan edukatif untuk meningkatkan minat belajar  anak dibuat untuk setiap siklus, tahapan tersebut yaitu:
-            Menyajikan informasi kepada siswa dengan demonstrasi disertai penjelasan verbal, buku teks, atau bentuk lain.
-            Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar.
-            Mengelola dan membantu siswa dalam belajar kelompok dan kerja di tempat duduk masing-masing.
-            Mengetes penguasaan kelompok atas bahan ajar.
-            Pemberian penghargaan atau pengakuan terhadap hasil belajar siswa.
4.        Membuat pedoman observasi untuk mencatat minat belajar anak dalam proses dan hasil pembelajaran melalui alat permainan edukatif.
5.        Membuat tes minat belajar anak  sebagai evaluasi apakah kegiatan dengan menggunakan alat permainan edukatif dapat meningkatkan minat belajar anak.


b.        Pelaksanaan Tindakan.
Tahap dimana guru memberikan tindakan pada anak dan memantau dalam proses pelaksanaan tindakan kemudian diikuti dengan refleksi yaitu tes minat belajar anak.
c.         Pengamatan ( Observing)
Tahap dilakukan perekaman data yang meliputi proses dan hasil dari pelaksanaan kegiatan. Tujuan dilaksanakanya pengamatan ini adalah untuk mengumpulkan data hasil tindakan agar dapat dievaluasi dan dijadikan landasan dalam melakukan refleksi.
d.        Merefleksikan ( reflecting )
Tahap ini dilakukan refleksi dengan analisis data mengenai proses masalah dan hambatan yang dijumpai sehingga dapat diketahui apakah tindakan yang dilaksanakan telah mencapai tujuan atau belum. Jika belum tercapai maka peneliti segera menyusun rencana selanjutnya.
Pelaksanaan siklus ini dilakukan kembali jika hasil dan proses yang diperoleh belum memuaskan. Maka kemungkinan besar akan dilaksanakan lebih dari satu siklus. Siklus ini akan dihentikan sampai sudah dapat mengatasi masalah dan kondisi yang di harapkan sesuai aturan tertentu.

D.  Desain dan Prosedur  Tindakan

           Penelitian dan tindakan kelas dilaksanakan dengan dua siklus, tiap-tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan partisipasi dan kompetensi yang dicapai berdasarkan perencanaan yang telah didesain sebelumnya.
Untuk mengetahui kompetensi dan hasil dari metode tersebut dilakukan prosedur penilaian serta kemampuan anak dalam berkomunikasi dengan guru selanjutnya didiskusikan dengan guru lain yang mengamati terhadap kegiatan yang dilaksanakan untuk didiskusikan hasilnya dengan tujuan sebagai perbaikan.
Sedangkan untuk mengetahui partisipasi anak dalam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dilakukan pengamatan keterlibatan anak selama proses kegiatan berlangsung di sekolah.
Agar pelaksanaan tindakan dapat tepat sasaran, maka tindakan tersebut perlu direncanakan sebelumnya.Menurut Kasihani/Kabolah tindakan tersebut adalah sebagai berikut :
a.         Penetapan Kriteria Keberhasilan Tindakan
Penetapan kriteria untuk menentukan tingkat keberhasilan pemecahan masalah sebagai akibat dilakukanya suatu tindakan merupakan suatu hal yang sangat perlu. Jika kriteria tersebut tidak ditentukan suatu hal yang sangat perlu.Jika kriteria tersebut tidak ditentukan sejak awal,ada kemungkinan diakhir pelaksanaan tindakan peneliti tidak dapat menentukan secara pasti apakah yang dilakukan membawa dampak atau tidak.
b.        Penetapan Jenis Tindakan
Penetapan jenis tindakan apa yang dilakukan harus mengacu kepada kajian teori yang telah diajukan, kemampuan guru untuk melaksanakan, kondisi siswa,ketersediaan sarana, iklim belajar dikelas dan iklim sekolah pada umumnya.

c.         Penetapan Teknik Pengumpulan Data
Alat pengumpulan data termasuk salah satu hal yang direncanakan.Ketepatan penggunaan alat pengumpul data yang diperolehnya.Alat tersebut akan digunakan untuk mengamati dan mencatat semua informasi yang terjadi selama tindakan berlangsung . Karena pengumpulan data dalam PTK banyak berkaitan dengan angket dan observasi,maka pedoman observasi seperti daftar cek,rating scale dan sejenisnya, perlu dipersiapkan sebelum penelitian dilaksanakan.
d.        Penetapan Teknik Analisis Data
Teknik analisis data apa yang digunakan sangat ditentukan oleh macam data yang telah dikumpulkan.Apabila data yang terkumpul merupakan data kualitatif, maka perlu disiapkan teknik analisis kualitatif.Apabila data yang terkumpul data kuantitatif, maka perlu dipersiapkan teknik analisis tersebut. Berkaitan teknis analisis data kuantitatif, menurut Soli Abimanyu (Sujati,2000:4) mengemukakan adanya tiga langkah penting dalam menganalisis data, yaitu reduksi data, display data, dan vervikasi. Reduksi data berkaitan dengan proses seleksi-seleksi dan memfokuskan data. Display data adalah memadukan berbagai informasi secara terorganisasi yang memungkinkan penelitian untuk mengambil keputusan dan tindakan berikutnya.Kesimpulan dan verifikasi dapat dicapai apabila apabila peneliti mampu memberi makna terhadap data, menghubungkan antara penomena yang satu dengan yang lain sehingga nampak adanya hubungan kausal antara berbagai fenomena.
      Adapun operasional rencana tindakan dalam PTK ini dijabarkan sebagai berikut :
1.        Siklus I
a.         Perencanaan Tindakan
    Penelitian dilakukan pada anak kelompok B di TK PGRI Widya Katresna Kecamatan Rancah Kab. Ciamis yang berjumlah sepuluh anak. Metode yang diambil dalam penerapan pembelajaran yaitu meningkatkan minat belajar anak  melalui alat permainan edukatif dengan alat komunikasi.
Adapun rencana tindakan tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut:
1.        Mengidentifikasi masalah pembelajaran .
2.        Membuat SKM( Satuan Kegiatan Mingguan) Dan RKH ( Rencana Kegiatan Harian )
3.        Mempersiapkan media pembelajaran.
4.        Mempersiapkan materi pembelajaran untuk dibagikan kepada anak .
5.        Penyiapan instrumen observasi pembelajaran
6.        Penyiapan instrumen refleksi pembelajaran
7.        Mempersiapkan dan menentukan lokasi pembelajaran yang sesuai dengan tema pada hari itu.
b.        Pelaksanaan Tindakan dan Observasi
1.        Tahapan pelaksanaan dalam siklus satu dilaksanakan proses belajar mengajar menggunakan alat permainan edukatif dengan bahan kaleng bekas susu membuat telepon dari kaleng bekas susu. 
2.        Anak dibuat menjadi tiga kelompok setiap anak diberi tugas untuk membuat telepon dari kaleng susu.
3.      Guru memberikan bimbingan secara individu dan secara berkelompok kepada anak yang belum mampu melakukan kegiatan sesuai dengan tugas yang harus diselesaikanya.
4.     Anak menyelesaikan tugas yang diberikan
 Tahap ini dilakukan pengamatan/observasi terhadap pelaksanaan tindakan kelas dengan menggunakan lembar pengamatan yang telah disiapkan.Kriteria keberhasilan tindakan adalah anak mampu bekerjasama,saling membantu, berpartisipasi, disiplin dan tanggungjawab, mampu menyelesaikan tugas yang diberikan dengan mempunyai  minat belajar mencapai kemampuan  bintang empat/BSB ( berkembang sudah baik)                                                                                 
c.      Evaluasi dan Refleksi
            Tahapan refleksi pada siklus satu merupakan kegiatan untuk mengemukakan apa yang sudah dilakukan. Kegiatan mengevaluasi,analisis, penjelasan,penyimpulan, dan identifikasi tindak lanjut dalam perencanaan siklus selanjutnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat mengetahui titik kelemahan maupun kelebihan sehingga dapat menentukan upaya perbaikan pada  siklus berikutnya.
2.    Siklus II
a.    Perencanaan
Adapun rencana tindakan tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut:
1.        Mengidentifikasi masalah pembelajaran hasil refleksi pada siklus 1.
2.        Membuat SKM( Satuan Kegiatan Mingguan) Dan RKH ( Rencana Kegiatan Harian )
3.        Mempersiapkan media pembelajaran.
4.        Mempersiapkan materi pembelajaran untuk dibagikan kepada anak .
5.        Penyiapan instrumen observasi pembelajaran
6.        Penyiapan instrumen refleksi pembelajaran
7.        Mempersiapkan dan menentukan lokasi pembelajaran yang sesuai dengan tema pada hari itu.
b.        Pelaksanaan Tindakan dan Observasi
1.      Tahapan pelaksanaan dalam siklus dua dilaksanakan proses belajar mengajar menggunakan alat permainan edukatif  kentongan  untuk mengembangkan kemampuan pendengaran, daya ingat anak dan kemampuan membilang dengan tema alat komunikasi. 
2.      Guru memberikan bimbingan secara individu  kepada anak yang belum mampu melakukan kegiatan sesuai dengan tugas yang harus diselesaikanya.
3.      Anak menyelesaikan tugas yang diberikan
 Dalam tahap ini dilakukan pengamatan/observasi terhadap pelaksanaan tindakan kelas dengan menggunakan lembar pengamatan yang telah disiapkan Kriteria keberhasilan tindakan adalah anak aktif dan kreatif, kemampuan mendengar daya ingat, kemampuan membilang tanggungjawab, disiplin, menghargai orang lain dan mampu menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik dengan indikator adanya peningkatan kemampuan menyebutkan huruf-huruf yang dikenal dalam proses pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif pada anak.Dari kegiatan siklus satu,anak memiliki peningkatan minat belajar dengan kemampuan bintang empat/BSB( berkembang sudah baik)                   
c.      Evaluasi dan Refleksi
            Tahapan refleksi pada siklus dua merupakan kegiatan untuk mengemukakan apa yang sudah dilakukan. Kegiatan mengevaluasi, analisis, penjelasan, penyimpulan, dan identifikasi hasil dari tindakan siklus satu dan siklus dua.Dari hasil penelitian ini dapat mengetahui perkembangan minat belajar yang dimiliki anak  sehingga dapat menentukan perlu tidaknya  upaya perbaikan pada  siklus berikutnya.
             Berdasarkan hasil penelitian ini dapat mengetahui peningkatan minat belajar anak melalui alat permaianan edukatif.  Apakah ada peningkatan setelah dilakukan tindakan siklus dua. Alat yang digunakan dalam kegiatan refleksi adalah alat instrumen  penelitian. Penulis bersama supervisor melaksanakan kegiatan refleksi dengan sumber informasi berasal dari data-data berupa lembar observasi dan wawancara. Data-data  tersebut  dianalisis  dengan teknik deskripsi, antara lain rata-rata,persentase dan sebagainya. Siklus kegiatan PTK dapat di gambarkan sebagai berikut:




sekripsi lain klik :

resume
skripsi 1
skripsi 2
skripsi 3
skripsi 4 
skripsi 5
skripsi 6
skripsi 7
skripsi 8
skripsi 9
skripsi 10
abstrak
lembar pernyataan
lembar pengesahan skripsi
lembar persetujuan sidang skripsi





Arrow: Right: Identifikasi Masalah
Observasi  Awal
 
Arrow: Left-Right: Orientasi Lapangan                                                           









Arrow: Right: Refleksi Hasil Data Studi  Pendahuluan

Arrow: Right: Rencana Pembelajaran Siklus I




Arrow: Right: Evaluasi Siklus I (Observasi)
 




                                                                    
Arrow: Right: Analisis  Refleksi,Arrow: Right: Identifikasi HaL-Hal Yang Perlu Diperbaiki Pada Siklus II 


                                                                                       


Arrow: Right: Pelaksanaan Pada Siklus II
 



Arrow: Right: Evaluasi Siklus III
( Observasi)
Rectangle: Rounded Corners: EVALUASI  SELURUH TINDAKAN                                                                                              



Bagan 3.2
Alur Penelitian Tindakan Kelas

E. Sumber Data
           Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan peneliti.Oleh karena itu teknik yang digunakan untuk merekam data adalah persensi peserta didik yang dilengkapi proses dan hasil yang dicapai, maka peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
a.    Observasi
           Observasi yang digunakan adalah observasi partisipan. Teknik ini dilakukan karena peneliti turut ambil bagian atau berada dalam keadaan objek yang di observasi, sambil melakukan pengamatan peneliti ikut melakukan apa yang dikerjakan oleh sumber data. Dengan observasi partisipan ini maka diperoleh data yang lengkap sampai mengetahui pada tingkat makna dari setiap pelaku.
b.        Wawancara                                                         
          Wawancara digunakan untuk memperoleh data yang lebih rinci dan untuk melengkapi data hasil observasi berkaitan dengan program peningkatan minat belajar anak selama ini, hambatan yang dialami dan upaya yang sudah dilaksanakan oleh guru. Wawancara dengan kepala TK berkaitan dengan keberadaan TK dan program kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.
c.         Catatan lapangan
             Catatan lapangan merupakan kegiatan mencatat berbagai hasil temuan yang sengaja dilihat di dengar, dialami dan diperkirakan yang dirasa penting untuk dokumentasi dalam rangka pengumpulan data hasil penelitian. Catatan lapangan ini berguna dalam menemukan pengetahuan serta teori yang didukung oleh data kongkrit. Dari catatan lapangan diperoleh data deskrifsi yang menggambarkan sebuah kejadian dalam proses pembelajaran secara umum, interaksi antar guru dengan siswa aktivitas dan sikap anak selama kegiatan menggunakan alat permainan edukatif dalam upaya meningkatkan minat belajar anak. Dalam kegiatan ini segala hasil temuan lalu didiskusikan dan disimpulkan oleh peneliti dengan guru setelah pembelajaran berakhir.
d.        Dokumentasi
              Dokumentasi ini digunakan untuk memperoleh data yang diperlukan berupa dokumen tertulis dan foto.

F.  Tekhnik Pengambilan Data
1.   Definisi Konseptual
           Alat Permainan Edukatif Alat permainan edukatif adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai pendidikan (edukatif) dan dapat mengembangkan seluruh kemampuan anak.
           APE dapat pula didefinisikan sebagai perangkat instrument yang digunakan seseorang dalam rangka mendidik anak dengan menekankan konsep bermain seraya belajar. Definisi lain bahwa APE merupakan alat yang digunakan anak,orang tua maupun guru untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak.
           Alat Permainan Edukatif (APE) sebagai sarana bermain paradigma proses pembelajaran yang terjadi pada saat ini yaitu belajar sambil bermain. Para pakar sepakat bahwa pendidikan anak usia dini berlangsung sejalan dengan bermain, karena bermain adalah realisasi dari perkembangan diri dari kehidupan anak. Anak dapat tumbuh dan berkembang melalui berbagai kegiatan yang dilakukan anak pada waktu bermain dan melalui pengalaman dari panca indera anak. Anak dapat mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya melalui bermain.
           APE merupakan syarat mutlak bagi keberlangsungan program pendidikan pada PAUD. Melalui APE-lah anak belajar, anak berkembang, anak berimajinasi, berkreatifitas dan memenuhi  kebutuhanya  di masa depan.

2.  Definisi Operasional                                                         
            Anak-anak jika kecerdasannya dilatih sedini mungkin, akan membuat perkembangan inteligensinya lebih baik. Untuk balita kita bisa merangsang kecerdasannya dengan menggunakan alat permainan edukatif (APE) seperti mainan edukatif. Mainan edukatif (alat permainan edukatif/APE) seperti building block yang terdiri dari balok-balok dengan beberapa bentuk seperti segi tiga, segi empat, persegi panjang, setengah lingkaran, bisa memacu kreatifitas dan konsentrasi anak.
            Dilakukanya penelitian merupakan upaya meningkatkan minat belajar anak melalui alat permainan edukatif anak akan memiliki motivasi, kreatifitas dan mempunyai minat dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga anak memiliki kemampuan dalam berbagai bidang perkembangan (nilai-nilai moral agama dan sosial kemandirian, bahasa, kognitif, fisik motorik halus/motorik kasar, dan seni).



sekripsi lain klik :

resume
skripsi 1
skripsi 2
skripsi 3
skripsi 4 
skripsi 5
skripsi 6
skripsi 7
skripsi 8
skripsi 9
skripsi 10
abstrak
lembar pernyataan
lembar pengesahan skripsi
lembar persetujuan sidang skripsi




3.   Kisi-Kisi Instrumen
             Hambatan dalam mengembangkan minat belajar  yang dialami anak dapat diberikan tindakan lebih lanjut agar dapat di antisipasi dan untuk mengumpulkan data mengenai minat belajar anak sebelum dan sesudah dilakukan tindakan sehingga dapat diketahui perkembangan yang dicapai anak, maka diperlukan instrumen penelitian yang tepat agar masalah yang diteliti terefleksi dengan baik.Instrumen penelitian ini dibuat dengan menggunakan skala pengukuran yang bertujuan untuk mendapatkan nilai variable hasil yang lebih tepat, jelas, efisien, dan komunikatif dalam bentuk centang/cheklist (˅). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembaran pedoman observasi, baik proses dan hasil tindakan, lembar tes minat belajar anak, lembar wawancara dan dokumentasi proses dan hasil karya anak.
       Untuk mengetahui berhasil tidaknya dalam suatu proses belajar mengajar dilakukan tes praktek. Tes praktek dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui minat belajar anak melalui alat permainan edukatif.Untuk melihat berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran diadakan evaluasi akhir dan pencatatan selama kegiatan berlangsung.
Siklus “plan-act-observe-reflect” akan berlangsung terus sampai kriteria keberhasilanya tercapai yaitu skor rata-rata kelas yang mendapat bintang empat (BSB) mencapai 75%. Walaupun penelitian telah berlangsung sebanyak dua siklus, akan terus dilanjutkan selama belum tercapai.
Instrumen untuk mengukur peningkatan hasil belajar anak ( variable yang ditingkatkan ) akan dilakukan tes hasil belajar. Kisi-kisinya sebagai berikut :
Tabel.3.1
Tabel. Kisi-Kisi Tes hasil Belajar

Nama Anak
 Indikator
Kemampuan  Yang Dimiliki Anak
BB
MB
BSH
BSB
1.
Motivasi




Kerjasama




Kreatifitas




Kerja karas




Tanggungjawab




2.
Motivasi




Kerjasama




Kreatifitas




Kerja karas




Tanggungjawab




3.
Motivasi




Kerjasama




Kreatifitas




Kerja karas




Tanggungjawab




Dst...







4.  Jenis Instrumen
            Instrumen yang digunakan untuk mengamati pelaksanaan proses dan hasil pembelajaran meningkatkan minat belajar anak dengan menggunakan alat permainan edukatif dalam penelitian ini antara lain:
a.    Pedoman Observasi
1.    Lembar Observasi pada Tindakan
             Lembar pedoman observasi digunakan untuk melihat aspek minat belajar anak dalam proses dan hasil kegiatan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif yang mencakup aspek partispasi, aktif, kreatif dan imajinasi   pada setiap tahapan dalam dua siklus yang terdiri dari beberapa item. Penilaian proses dan hasil terdapat pada pedoman observasi penilaian. Lembaran observasi ini terlihat dalam bentuk tabel dibawah ini :

Tabel.3.2
Lembar Pedoman Observasi
No
Aspek
Indikator
Item
Nilai Skor
*
* *
* * *
* *
* *
1.
1.Motivasi belajar
2 .Kreatif
3. Bekerja keras
4.Mampu  menyelesaikan tugas  yang diberikan

1. Menunjukan aktifitas yang bersifat eksploratif
2. Memahami aturan dalam permainan
3. Memiliki sikap gigih tidak mudah menyerah.
4. mempunyai tanggung jawab dan disiplin

1. Mempunyai motivasi belajar
2.Dapat bekerja secara mandiri
3. Dapat bekerjasama dalam kelompok
4.Mampu  menyelesaikan tugas  yang diberikan







2.    Lembar Tes Kemampuan Minat Belajar Anak
             Lembar tes minat belajar anak adalah alat yang digunakan kisi-kisi dalam peningkatan minat belajar  anak usia dini dalam penelitian ini terdapat empat item dengan melihat pada bidang kemampuan kognitif anak usia dini kelompok B pada kurikulum Peraturan Mentri No.58 dan disesuaikan dengan perkembangan anak Depdiknas(2009) .Disesuaikan dengan kondisi dilapangan maka perincianya terdapat dalam tabel di bawah ini, yaitu :



Tabel.3.3
Kisi-kisi Minat Belajar Anak Usia 5-6 tahun


Variabel

Aspek

Indikator

Minat adalah  sebuah keinginan yang ada dalam diri anak untuk melakukan kegiatan sehingga anak mampu aktif, kreatif,dan mempunyai motivasi belajar untuk melakukan hal yang baru.

1.Motivasi belajar
2 .Kreatif
3. Bekerja keras
4.Mampu  menyelesaikan tugas  yang diberikan




1. Menunjukan aktifitas yang bersifat eksploratif
2. Memahami aturan dalam permainan
3. Memiliki sikap gigih tidak mudah menyerah.
4. mempunyai tanggung jawab dan disiplin




sekripsi lain klik :

resume
skripsi 1
skripsi 2
skripsi 3
skripsi 4 
skripsi 5
skripsi 6
skripsi 7
skripsi 8
skripsi 9
skripsi 10
abstrak
lembar pernyataan
lembar pengesahan skripsi
lembar persetujuan sidang skripsi


 


Tabel.3.4
Lembar Penilaian Anak


No
Nama Anak Didik
Nilai Perkembangan Anak
Jml
Persentase
(%)
Keterangan Aspek Yang di Nilai

1

2

3

4








1.Motivasi belajar
2.Kreatifitas
3. Memahami aturan permainan
4.Mampu  menyelesaikan tugas  yang diberikan


















































Jumlah




Rata-Rata





                                                            Tabel.3.5
Persentase Nilai Perkembangan Anak


Nilai

1

2

3

4

1

2

3

4

Bintang 4





%

%

%

%

Bintang 3





%

%

%

%

Bintang 2





%

%

%

%

Bintang 1





%

%

%

%

Jumlah





%

%

%

%
3.   Lembar Wawancara
         Lembar wawancara merupakan alat berupa pertanyaan pertanyaan yang berlangsung secara lisan dua orang atau lebih bertatap muka, mendengarkan secara langsung informasi atau keterangan yang dianggap dapat memberikan penjelasan mengenai alat permainan edukati yang gunakan di TK. Dalam penelitian ini yang diwawancarai yaitu guru kelas.lembar wawancara untuk guru seperti terlihat pada tabel di bawah ini:
Tabel.3.6
Pedoman Wawancara Untuk Guru

No

Pertanyaan

Tanggapan
1
Bagaimana cara meningkatkan minat belajar  pada anak yang dilaksanakan ibu guru ?

2.
Apakah ibu guru pernah mengunakan alat permainan edukatif untuk meningkatkan minat belajar anak ?

3.
Bagaimana tanggapan ibu guru tentang penggunaan alat permainan edukatif ?

4.
Apakah ibu guru selalu membimbing anak dalam kegiatan menggunakan alat permainan edukatif untuk meningkatkan minat belajar anak?

                                                                       
          
4.  Dokumentasi digunakan untuk mencatat peristiwa yang terjadi di lapangan  baik dalam bentuk tulisan berupa catatan lapangan setiap siklus

5.   Validasi Instrumen
             Proses analisis data yang dilakukan pada tindakan kelas ini berlangsung dari awal penelitian yaitu dari observasi,perencanaan tindakan,pelaksanaan tindakan, sampai refleksi terhadap tindakan.Kegiatan tindakan dilakukan secara berulang untuk memperoleh data guna dianalisis.Setelah data terkumpul maka dianalisis berdasarkan studi literature dengan menggunakan deskriftif kualitatif.Sedangkan data kuantitatif menggunakan metode statistik dijelaskan melalui tabel data kemudian diprosentasikan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan minat belajar anak melalui alat permainan edukatif.

G.   Keabsahan Data
1.      Telaah Model Tindakan
             Kriteria tekhnik pemeriksaan keterpercayaan (trustworthiness) studi yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah credibility (kepercayaan), transferability (keteralihan),dependability (kebergantungan), compirmability  (kepastian). Penerapan kepercayaan berfungsi melaksanakan inkuiri sedemikian rupa sehingga tingkat kepercayaan penemuanya dapat dicapai dan dapat dipertunjukan derajat kepercayaan hasil-hasil penemuan dengan jalan pembuktian oleh peneliti pada kenyataan ganda yang sedang diteliti.
           Tekhnik pemeriksaan keabsahan data penelitian ditempuh denghan memperpanjang waktu keikutsertaan,melakukan pengamatan secara terus menerus,melakukan tanya jawab dengan teman sejawat, membuat bukti-bukti terstruktur,atau koheren, membuat referensi yang memadai, dan menerapkan tekhnik triangulasi yang terdiiri dari peneliti,dan kolaborator dengan menggunakan data berupa lembar pedoman observasi,dan lembar kerja yang dilakukan anak.
            Transferbility (keteralihan) merupakan keabsahan hasil penelitian terhadap kelompok yang diteliti.Tekhnik pemeriksaan keabsahan data penelitian dilakukan dengan mengoleksi deskripsi data secara detail dan mengembangkan secara detail data setiap konteks yang diteliti.
             Dependability (kebergantungan) berkenaan dengan keseimbangan data penelitian tekhnik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan metode yang overlaving yang sama artinya dengan proses triangulasi dan mengadakan jejak audit.
             Confirmability (kepastian) berkenaan dengan kenetralan dan objektivitas data penelitian yang dikumpulkan.Tekhnik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan membuat refleksi.Setelah melaksanakan tindakan, peneliti dan kolaborator merefleksi pemberian tindakan yang telah dilakukan dan memeriksa peningkatan kemampuan sosial anak melalui penerapan model pembelaajaran kooperatif berdasarkan lembar observasi dan hasil kegiatan anak.

2.   Validitas Data
            Validitas data adalah kegiatan yang digunakan untuk memperjelas dan memperkuat data yang di analisis. Untuk memperoleh data yang valid maka gambaran dengan peningkatan minat belajar anak maka dideskrifsikan, grafik kemudian ditarik kesimpulan yang objektif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan catatan lapangan.Dalam penelitian ini validitas data menggunakan tekhnik Hopkins ( Wiraatmadja, 2007, 168-170) antara lain :
a.  Member check yaitu dalam hal ini diperoleh dan dikompirmasikan melalui diskusi dengan guru TK kelas B setiap akhir pelaksanaan tindakan .
b. Expert opinion yaitu mengkonsultasikan hasil temuan peneliti kepada pembimbing untuk memperoleh arahan terhadap masalah –masalah penelitian perbaikan dan masukan sehingga dapat dipertanggungjawabkan serta dapat meningkatkan derajat kepercayaan penelitian
Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari :
a.  Tahap Studi Pendahuluan
        Tahap ini disebut tahap orientasi dan memperoleh gambaran umum, Peneliti dengan bekal pengetahuan dasar, mencari informasi sebagai pengamatan awal untuk mengetahui minat belajar anak di TK  untuk kemudian merancang tindakan yang dijadikan salah satu alternativ pemecahan masalah.Berdasarkan hasil pengamatan awal bahwa di TK PGRI Widya Katresna  terdapat  anak-anak yang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, tidak berparttisipasi, tidak termotivasi untuk mengikuti kegiatan, minat belajarnya masih rendah juga termasuk anak-anak yang kurang kreatif. Atas dasar diskusi dengan guru maka disepakati akan digunakan alat permainan edukatif sebagai tindakan untuk mengatasi masalah anak di TK Widya Katresna  khususnya dikelompok B, menyediakan alat permainan edukatif untuk meningkatkan minat belajar anak.

b.  Tahap Pelaporan Data
            Pelaporan hasil penelitian selama observasi sebagai-temuan-temuan penelitian di lapangan.Data tersebut kemudian ditarik kesimpulan untuk mengetahui apakah dengan digunakanya alat permainan edukatif dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar anak sehingga mengalami perubahan  kearah yang lebih baik
     Tim kolaborasi penelitian adalah teman sejawat guru kelas TK PGRI Widya Katresna Kecamatan Rancah. Proses kolaborasi dilakukan pada saat penulisan proposal penelitian mengembangkan perangkat-perangkat pembelajaran. Pada saat-saat tertentu, kolaborator ikut masuk kelas untuk membantu mengamati pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif, sebagai variable bebas atau tindakan dalam PTK, dan pada akhir pembelajaran diadakan diskusi singkat.Pada akhir minggu pertemuan kolaborasi kembali dilakukan untuk menganalisis keberhasilan dan kegagalan penelitian dalam satu minggu, dan merencanakan tindakan untuk minggu berikutnya.
    Adapun yang menjadi tim kolaborasi tersebut adalah sebagai berikut :
1.        Nama            :   Eris Risnawati
Jabatan         :   Guru Kelas TK
Peran            :   Kolaborator/observer
2.        Nama            :   Wiwi Widaningsih
Jabatan         :   Guru Kelas TK
Peran            :    Kolaborator/observer
     Fungsi kolaborator/observer memberikan penilaian terhadap pelaksanaan pembelajaran dan mengobservasi hasil belajar, penilaian, analisis data, evaluasi dan merefleksi, serta menyusun laporan hasil penelitian tindakan kelas.


sekripsi lain klik :

resume
skripsi 1
skripsi 2
skripsi 3
skripsi 4 
skripsi 5
skripsi 6
skripsi 7
skripsi 8
skripsi 9
skripsi 10
abstrak
lembar pernyataan
lembar pengesahan skripsi
lembar persetujuan sidang skripsi




H.   JADWAL  PENELITIAN

No

Kegiatan

Waktu

Pebruari

Maret

April

Mei

1.

Penyusunan Proposal






2.

Seminar Proposal Skripsi






3.

Penelitian Lapangan









Penelitian Lapangan







4.

Analisis dan Interpretasi







5.

Penyusunan Laporan Hasil Skripsi







6.

Analisis Laporan







7.

Pengesahan Laporan Skripsi













I.                                             DAFTAR PUSTAKA

Aswin Hadis,Fawzin (2003). Perkembangan Anak Dalam Prespektif Pendidikan
Drs.Slamet Suyanto,M.Ed. (2005)  Dasar - Dasar  Pendidikan Anak  Usia   Dini Hikayat Publising

Drs.Sri Murtono,M.Pd.dkk (2007) Seni Budaya dan Keterampilan.Yudistira
Hainstock,ElzabethG.(1999) Metode Pengajaran Montessori untuk Anak Pra-Sekolah.Jakarta Pustaka Delapratasa


Kurikulum TK dan RA (2004). Standar Kompetensi . Jakarta: Direktorat
Moeslichatoen R.(1999),Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak.Jakarta Rineka Cipta Jakarta Depdikbud

Modul PLPG Pendidikan Anak Usia Dini(2013),Konsorsium Sertifikasi Guru Universitas Yogyakarta

Pendidikan TK dan SD,Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah , 
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No.58.Tahun 2009.Standar Pendidikan Anak Usia Dini
     
Seri Ayah Bunda. (2002). Balita dan Masalah Perkembanganya.Jakarta Gaya Pavorit Press

Seri Ayah Bunda. ( 2002). Dari A Sampai Z tentang Perkembangan Anak Jakarta Gaya Pavorit Press

Yunus Abidin,Bermain,Pengantar Bagi Penerapan Pendekatan Beyond Centers        and Circle ( BCCT) dalam dimensi PAUD, Bandung Rizki Press.




sekripsi lain klik :

resume
skripsi 1
skripsi 2
skripsi 3
skripsi 4 
skripsi 5
skripsi 6
skripsi 7
skripsi 8
skripsi 9
skripsi 10
abstrak
lembar pernyataan
lembar pengesahan skripsi
lembar persetujuan sidang skripsi





No comments:

Post a Comment