1.
JUDUL
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA ANAK MELALUI BERMAIN TEBAK
GAMBAR PADA KELOMPOK B KOBER AL-KAROMAH KECAMATAN SUBANG KABUPATEN KUNINGAN
TAHUN AJARAN 2017/2018
2.
PENDAHULUAN
3.
LATAR BELAKANG MASALAH
Berbicara adalah keterampilan menyampaikan
pesan melalui bahasa lisan (Ojago Tarigan, 1990 : 23) dalam Ria Fitria. Menurut
Arsjad Dan Mukti U.S (1993 1 23) dalam Ria Fitria, kemampuan berbicara adalah
kemampuan mengucapkan kalimat-kalimat untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan
pikiran, gagasan dan perasaan.
Elizabeth B. Hurlock (1978 1 176)
dalam Ririn Anggraini menyatakan bahwa berbicara adalah kegiatan yang efektif
karena kemampuan berbicara juga memerlukan artikulasi keterampilan mental
motorik, artinya jika anak mengalami gangguan dalam mental motoriknya maka
artikulasi yang dihasilkan oleh alat ucap anak kurang maksimal, karena dalam
kegiatan berbicara tidak hanya melibatkan suara yang berbeda, akan tetapi juga mempunyai
aspek sosial emosional yaitu mental untuk mengaitkan arti dengan bunyi yang
dihasilkan
Dari beberapa teori di atas dapat
disimpulkan bahwa berbicara merupakan kegiatan menyampaikan pesan kepada orang
lain secara lisan yang melibatkan mental motorik.
Dalam kehidupan sehari-hari, anak
dianjurkan untuk mampu berkomunikasi dengan baik. Hal ini sangat penting
mengingat bahwa komunikasi merupakan peran utama dalam kehidupan anak.
Penguasaan bahasa yang baik pada anak usia dini dapat membantu anak untuk berkomunikasi
dengan orang lain. Potensi yang dimiliki anak harus dikembangkan dengan baik
melalui stimulus yang tepat. Peran dan keterlibatan orang-orang di sekitar anak
dapat membantu anak dalam menguasai bahasa secara menyeluruh. Dalam hal ini
orang tua maupun guru haruslah peka terhadap perkembangan bahasa anak, terutama
kemampuan berbicara.
Berdasarkan penelitian yang
dilakukan di KOBER AL-KAROMAH Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan, peneliti
mengemukakan bahwa keterampilan berbicara anak masih sangat rendah. Anak belum
mampu mengkomunikasikan secara lisan apa yang ada dalam pikiran mereka sehingga
orang lain tidak mengerti apa yang diinginkan oleh anak. Hal inilah yang
membuat anak merasa kesulitan untuk bergaul dengan teman-temannya. Dari 12
orang anak terdapat 4 orang anak Kelompok B KOBER AL- KAROMAH yang perkembangan
keterampilan bicaranya diatas 70%. Sedangkan selebihnya 8 orang anak masih
dibawah 70%. Berdasarkan hal tersebut diatas, untuk meningkatkan kemampuan
bicara anak maka peneliti menerapkan permainan “Tebak Gambar”.
Download File Wordnya Disini
Download Juga File lainnya :
Proposal Pencairan 1
Proposal Pencairan 2
Proposal Pencairan 3
Proposal Pencairan 4
Proposal Pencairan 5
Proposal Pencairan 6
Proposal Pencairan 7
Proposal Pencairan Meubeler
Proposal Pencairan Gor
Proposal Pencairan Kinerja
Proposal Pencairan BBGRM
Download Surat Pernyataan Jual Beli Tanah
Download Laporan Pertanggung Jawaban
Download Makalah Pembuatan Tempe
Dowload Silabus Pembelajaran SMA
Download Laporan Kegiatan PKK
Panduan Acara Pernikahan
DOWNLOAD LAPORAN KEGIATAN PELAYANAN DI POSYANDU
Download Makalah Sumber Hukum Islam
Panduan Acara Pernikahan
DOWNLOAD LAPORAN KEGIATAN PELAYANAN DI POSYANDU
Download LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
Download Proposal Bumdes
PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN DANA PEMBANGUNAN RUANG KELAS
No comments:
Post a Comment