![]()  | 
  
   
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) PUTERA GALUH CIAMIS 
PROGRAM STUDI PIAUD 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER 
 | 
 |||||||||||||||||
| 
   
MATA KULIAH 
 | 
  
   
KODE 
 | 
  
   
Rumpun Mata Kuliah 
 | 
  
   
Bobot (sks) 
 | 
  
   
Semester 
 | 
  
   
Tanggal Penyusunan 
 | 
 ||||||||||||
| 
   
TEKNIK
  PENULISAN KARYA ILMIAH 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   | 
 ||||||||||||
| 
   
OTORISASI 
 | 
  
   
Dosen Pengembang
  RPS 
 | 
  
   
Ketua Prodi 
 | 
  
   
Wakil Ketua I  
 | 
 ||||||||||||||
| 
   
Anggi Purwa Nugraha, M.Pd. 
NIDN. 
  2105099301 
 | 
  
   
HJ. Ani Herniawati, M.Pd 
NIDK. 8841390019 
 | 
  
   
Dr. H. Rahmat Hidayat, M.Pd  
NIDK. 8824060017 
 | 
 |||||||||||||||
| 
   
Capaian
  Pembelajaran (CP) 
 | 
  
   
CPL-PRODI 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
S7 
 | 
  
   
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan
  bernegara, menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
S8 
 | 
  
   
Menunjukian sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang
  keahliannya secara mandiri  
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
S9 
 | 
  
   
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
KU14 
 | 
  
   
menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk
  skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan
  tinggi; 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
P12 
 | 
  
   
Menguasai konsep, teori dan prosedur pengembangan karya tulis
  ilmiah 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
CP-MK 
 | 
 |||||||||||||||||
| 
   
M-1 
 | 
  
   
Mengidentifikasi konsep, landasan filosofis penulisan
  karya ilmiah 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
M-2 
 | 
  
   
Menjabarkan konsep, landasan filosofis penulisan
  karya ilmiah  
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
M-3 
 | 
  
   
Menguasai
  dasar ilmu penulisan karya ilmiah sebagai lndasan dalam melaksanakan praktik
  pendidikan, menguasai teori, prinsip, dan prosedur dalam merancang karya
  tulis 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
M-4 
 | 
  
   
Mampu
  menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab
  dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada
  masyarakat akademik dan masyarakat luas; 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
M-5 
 | 
  
   
mampu
  mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan
  ilmupengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
  humaniora berdasarkan kajian,analisis atau eksperimental terhadap informasi
  dan data. 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
M-6 
 | 
  
   
Mampu
  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks
  pengembangan dan penulisan suatu karya ilmiah (jurnal ilmiah) menurut ilmu
  yang diminati 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
M-7 
 | 
  
   
Mampu
  merancang dan menyusun suatu paper atau makalah (jurnal) ilmiah dalam bidang
  yang diminati berbasis data atau studi literatur menurut tata cara penulisan
  ilmiah yang berlakuserta mencegah tindakan plagiasi. 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
M-8 
 | 
  
   
Memiliki
  karakter sebagai warga negara (nasionalisme), sebagai insan beragama (iman
  dan takwa) dan sebagai insan sosial (mampu bekerja sama) 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   | 
 |||||||||||||||||
| 
   
Deskripsi Mata Kuliah 
 | 
  
   
Mata
  kuliah ini mempelajari tentang cara menarik informasi dari bacaan dan membuat
  reproduksi berupa ringkasan, ikhtisar/abstrak dan sintetis serta menyusun
  informasi di dalam sebuah makalah atau jurnal ilmiah dan menyusun, mengembangkan
  serta menyajikan buah pikiran secara tertulis berbasis data primer/sekunder
  ataupun studi literatur sesuai dengan kaidah penyusunan karya ilmiah
  (manuskrip) yang berlaku. 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
Materi Pembelajaran 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
Hakekat
  Penulisan Karya Ilmiah 
 | 
 |||||||||||||||
| 
   
2 
 | 
  
   
Plagiarisme 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
3 
 | 
  
   
Tahap
  Penyusuna Karya Ilmiah 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
4 
 | 
  
   
Teknik Penulisan Karya Ilmiah 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
5 
 | 
  
   
Kaidah Umum Penulisan Karya Ilmiah 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
6 
 | 
  
   
Unsur Pokok Karangan Deskriptif, ekposisi dan
  karangan ilmiah popular 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
7 
 | 
  
   
Unsur Pokok Makalah 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
8 
 | 
  
   
Unsur Pokok Artikel 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
9 
 | 
  
   
Unsur Pokok Laporan Ilmiah 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
10 
 | 
  
   
Tata Tulis Karya Ilmiah 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
11 
 | 
  
   
Teknik, alat, media dan metoda presentasi 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
12 
 | 
  
   
Analisis Karya Ilmiah 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   | 
  
   | 
 ||||||||||||||||
| 
   | 
  
   | 
 ||||||||||||||||
| 
   
Pusataka 
 | 
  
   
Utama 
1.    Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H.,
  Moeliono, A. M.. (2000).Tata
  Bahasa Baku Bahasa Indonesia.
  Jakarta: Balai Pustaka. 
2.    Aqib, H. Z. (2008). Karya Tulis Ilmiah bagi Pengembangan
  Profesi Guru. Bandung: Yrama Widya. 
3.    Sudjana, N. (2008). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah,
  Makalah-Skripsi-Tesisi-Disertasi. 
4.    Utorodewo, F. N.(2008). Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar
  Penulisan Ilmiah.
  Program 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
Media/alat Pembelajaran 
 | 
  
   
1.      LCD 
2.      Laptop/PC 
3.      MS Office (software) 
 | 
 ||||||||||||||||
| 
   
Mata Kuliah Prasyarat 
 | 
  
   
-
   
Download File Lengkapnya Nya Disini
 Download RPP PAI KELAS 1 SD Semester 1 & 2 
Download Proposal Permohonan Alat KesenianDownload RPP PAI KELAS 2 SD Semester 1&2 Download RPP PAI KELAS 3 SD Semester 1&2 Download RPP PAI KELAS 4 SD Semester 1&2 Download RPP PAI KELAS 5 SD Semester 1&2 Download RPP PAI KELAS 6 SD Semester 1&2 Download Proposal Pembangunan Bendungan Download Proposal Rehab Bangunan Mesjid Download Proposal Irigasi P3A Download Proposal Pencairan Ruang Guru Dan WC Siswa Download Proposal Pengadaan Alat Peraga Edukatif (APE) Proposal permohonan Bantuan Pinjaman ModalProposal REHABILITASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI Download Peraturan Desa Tentang APBDes Download Proposal Pencairan Dana Khusus non Fisik PAUD Download Surat Penggantian Stemple Untuk Bank Bjb Download Proposal Perohonan Bantuan Pinjaman Modal Download Kliping Bahasa Sunda Download Makalah Polemik Hukum Bagi Rakyat Indonesia Download Surat Pernyataan Bertaqwa kepada tuhan yang maha esa TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH ANGGI PN  | 
 ||||||||||||||||
| 
   
Proses Pembelajaran 
 | 
 |||||||||||||||||
| 
   
Minggu ke 
 | 
  
   
Kemampuan akhir yang diharapkan 
 | 
  
   
Bahan Kajian (materi) 
 | 
  
   
Metode Pembelajaran 
 | 
  
   
Waktu 
 | 
  
   
Pengalaman Belajar Mahasiswa 
 | 
  
   
Indikator dan Teknik penilaian 
 | 
  
   
Bobot penilaian 
 | 
 ||||||||||
| 
   
1 
 | 
  
   
Mahasiswa mendapatkan gambaran, tujuan, arah, dan sistem perkuliahan
  melalui kontrak pembelajaran 
 | 
  
   
Rencana pembelajaran semester dan kontrak pembelajaran 
 | 
  
   
Ceramah, tanya jawab 
 | 
  
   
100’ 
 | 
  
   
Menyimak dan mengamati tayangan RPS 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
- 
 | 
 ||||||||||
| 
   
2 
 | 
  
   
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami makna dan
  hakikat Hakekat Penulisan Karya Ilmiah 
 | 
  
   
Hakekat Penulisan Karya Ilmiah 
 | 
  
   
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil kemudian
  melaporkan hasilnya secara tertulis. 
 | 
  
   
100’ 
 | 
  
   
Tanya
  jawab eksploratif tentang Hakekat Penulisan Karya Ilmiah  
 | 
  
   
·   Ketepatan
  dalam menjelaskan Hakekat Penulisan Karya Ilmiah 
Jenis penilaian 
 Sikap 
 Aktifitas diskusi 
 Tes Tulis 
 | 
  
   | 
 ||||||||||
| 
   
3 
 | 
  
   
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Plagiarisme 
 | 
  
   
Plagiarisme 
 | 
  
   
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil 
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
  secara tertulis. 
 | 
  
   
100’ 
 | 
  
   
·  
  Mencari
  informasi tentang Plagiarisme 
·  
  Diskusi tentang Plagiarisme 
 | 
  
   
·  
  Ketepatan dalam
  menjelaskan Plagiarisme 
Jenis penilaian 
 Sikap 
 Aktifitas diskusi 
 Tes Tulis 
 | 
  
   | 
 ||||||||||
| 
   
4 
 | 
  
   
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Tahap
  Penyusuna Karya Ilmiah 
 | 
  
   
Tahap Penyusuna Karya Ilmiah 
 | 
  
   
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil 
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
  secara tertulis. 
 | 
  
   
100’ 
 | 
  
   
·  
  Mencari
  informasi tentang Tahap Penyusuna Karya Ilmiah 
·  
  Diskusi tentang
  Tahap Penyusuna Karya Ilmiah 
 | 
  
   
·  
  Ketepatan dalam
  menjelaskan Tahap Penyusuna Karya Ilmiah 
Jenis penilaian 
 Sikap 
 Aktifitas diskusi 
 Tes Tulis 
 | 
  
   | 
 ||||||||||
| 
   
5 
 | 
  
   
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Teknik
  Penulisan Karya Ilmiah 
 | 
  
   
Teknik Penulisan Karya Ilmiah 
 | 
  
   
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil 
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
  secara tertulis. 
 | 
  
   
100’ 
 | 
  
   
·  
  Mencari
  informasi tentang Teknik Penulisan Karya Ilmiah 
·  
  Diskusi tentang
  Teknik Penulisan Karya Ilmiah 
 | 
  
   
·  
  Ketepatan dalam
  menjelaskan Teknik Penulisan Karya Ilmiah 
Jenis penilaian 
 Sikap  
 Aktifitas diskusi 
 Tes Tulis 
 | 
  
   | 
 ||||||||||
| 
   
6-7 
 | 
  
   
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Kaidah Umum
  Penulisan Karya Ilmiah 
 | 
  
   
Kaidah Umum Penulisan Karya Ilmiah: Paragraf,
  Kalimat, Klausa, Frasa, Diksi, Ejaan, Tanda Baca 
 | 
  
   
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil 
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
  secara tertulis. 
 | 
  
   
100’ 
 | 
  
   
·  
  Mencari
  informasi tentang pengertian dan makna dari Strategi, pendekatan dan model
  pembelajaran matematika di PAUD 
·  
  Diskusi hingga
  menemukan Strategi, pendekatan dan model pembelajaran matematika di PAUD 
 | 
  
   
·  
  Ketepatan dalam
  menjelaskan Kaidah Umum Penulisan Karya Ilmiah  
Jenis penilaian 
 Sikap 
 Aktifitas diskusi 
 Tes Tulis 
 | 
  
   | 
 ||||||||||
| 
   
8 
 | 
  
   
UTS 
 | 
  
   
UTS 
 | 
  
   
UTS 
 | 
  
   
100 
 | 
  
   
UTS 
 | 
  
   
UTS 
 | 
  
   | 
 ||||||||||
| 
   
9 
 | 
  
   
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Unsur Pokok
  Karangan Deskriptif, ekposisi dan karangan ilmiah popular 
 | 
  
   
Unsur Pokok Karangan Deskriptif, ekposisi dan
  karangan ilmiah popular 
 | 
  
   
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil 
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
  secara tertulis. 
 | 
  
   
100’ 
 | 
  
   
·  
  Mencari
  informasi tentang  Unsur Pokok Karangan
  Deskriptif, ekposisi dan karangan ilmiah popular 
·  
  Diskusi hingga
  menemukan Unsur Pokok Karangan Deskriptif, ekposisi dan karangan ilmiah
  popular 
 | 
  
   
·  
  Ketepatan dalam
  menjelaskaan dan mengidentifikasi Unsur Pokok Karangan Deskriptif, ekposisi
  dan karangan ilmiah popular 
Jenis penilaian 
 Sikap 
 Aktifitas diskusi 
 Tes Tulis 
 | 
  
   | 
 ||||||||||
| 
   
10 
 | 
  
   
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Unsur Pokok
  Makalah dan Unsur Pokok Artikel  
 | 
  
   
·  
  Unsur Pokok
  Makalah 
·  
  Unsur Pokok
  Artikel 
 | 
  
   
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil 
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
  secara tertulis. 
 | 
  
   
100’ 
 | 
  
   
·  
  Mencari
  informasi tentang  Unsur Pokok Makalah
  dan Unsur Pokok Artikel 
·  
  Diskusi hingga
  menemukan tekait Unsur Pokok Makalah dan Unsur Pokok Artikel 
 | 
  
   
Ketepatan dalam menjelaskaan dan
  mengidentifikasi terkait  Unsur Pokok
  Makalah dan Unsur Pokok Artikel 
Jenis penilaian 
 Sikap 
 Aktifitas diskusi 
 Tes Tulis 
 | 
  
   | 
 ||||||||||
| 
   
11 
 | 
  
   
Mahasiswa dapat Memahami Unsur Pokok Laporan Ilmiah  
 | 
  
   
Unsur Pokok Laporan Ilmiah 
 | 
  
   
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil 
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
  secara tertulis. 
 | 
  
   
100’ 
 | 
  
   
·  
  Mencari
  informasi tentang Unsur Pokok Laporan Ilmiah  
·  
  Diskusi tentang Unsur
  Pokok Laporan Ilmiah 
 | 
  
   
·  
  Ketepatan dalam
  menjelaskan dan menganalisis Unsur Pokok Laporan Ilmiah 
Jenis penilaian 
 Sikap 
 Aktifitas diskusi 
 Tes Tulis 
 | 
  
   | 
 ||||||||||
| 
   
12-13 
 | 
  
   
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami tekait Tata
  Tulis Karya Ilmiah  
 | 
  
   
Tata Tulis Karya Ilmiah: Pengutipan, Daftar Pustaka, 
 | 
  
   
Diskusi Kelompok 
 | 
  
   
100’ 
 | 
  
   
·  
  Mencari
  informasi tentang  Rencana Kegiatan
  Harian (RKH)   
·  
  Diskusi tentang
  Rencana Kegiatan Harian (RKH) 
 | 
  
   
·  
  Ketepatan dalam
  menjelaskan dan membuat Rencana Kegiatan Harian (RKH). 
Jenis penilaian 
 Sikap 
 Aktifitas diskusi 
 Tes Tulis 
 | 
  
   | 
 ||||||||||
| 
   
14 
 | 
  
   
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Teknik, alat, media
  dan metoda presentasi
   
 | 
  
   
Teknik, alat, media dan metoda presentasi 
 | 
  
   
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil 
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
  secara tertulis. 
 | 
  
   
100’ 
 | 
  
   
·  
  Mencari
  informasi tentang Teknik, alat, media dan metoda presentasi  
·  
  Diskusi tentang Teknik, alat, media
  dan metoda presentasi. 
 | 
  
   
·  
  Ketepatan dalam
  menjelaskan, Teknik, alat, media dan metoda presentasi. 
Jenis penilaian 
 Sikap 
 Aktifitas diskusi 
 Simulasi 
 | 
  
   | 
 ||||||||||
| 
   
15 
 | 
  
   
Mahasiswa dapat menganalisis karya ilmiah  
 | 
  
   
Analisis Karya Ilmiah 
 | 
  
   
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil 
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
  secara tertulis. 
 | 
  
   
100’ 
 | 
  
   
·  
  Mencari
  informasi tentang Analisis Karya Ilmiah.  
·  
  Diskusi tentang Analisis
  Karya Ilmiah 
 | 
  
   
·  
  Ketepatan dalam
  menjelaskan dan menganalisis Analisis Karya Ilmiah 
Jenis penilaian 
 Sikap 
 Aktifitas diskusi 
 Simulasi 
 | 
  
   | 
 ||||||||||
Wednesday, December 25, 2019
TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH ANGGI PN
Subscribe to:
Post Comments (Atom)

No comments:
Post a Comment