|
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) PUTERA GALUH CIAMIS
PROGRAM STUDI PIAUD
|
||||||||||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
|
|||||||||||||||||
MATA KULIAH
|
KODE
|
Rumpun Mata Kuliah
|
Bobot (sks)
|
Semester
|
Tanggal Penyusunan
|
||||||||||||
TEKNIK
PENULISAN KARYA ILMIAH
|
|
|
2
|
3
|
|
||||||||||||
OTORISASI
|
Dosen Pengembang
RPS
|
Ketua Prodi
|
Wakil Ketua I
|
||||||||||||||
Anggi Purwa Nugraha, M.Pd.
NIDN.
2105099301
|
HJ. Ani Herniawati, M.Pd
NIDK. 8841390019
|
Dr. H. Rahmat Hidayat, M.Pd
NIDK. 8824060017
|
|||||||||||||||
Capaian
Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI
|
||||||||||||||||
S7
|
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara, menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik
|
||||||||||||||||
S8
|
Menunjukian sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang
keahliannya secara mandiri
|
||||||||||||||||
S9
|
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
|
||||||||||||||||
KU14
|
menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk
skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan
tinggi;
|
||||||||||||||||
P12
|
Menguasai konsep, teori dan prosedur pengembangan karya tulis
ilmiah
|
||||||||||||||||
CP-MK
|
|||||||||||||||||
M-1
|
Mengidentifikasi konsep, landasan filosofis penulisan
karya ilmiah
|
||||||||||||||||
M-2
|
Menjabarkan konsep, landasan filosofis penulisan
karya ilmiah
|
||||||||||||||||
M-3
|
Menguasai
dasar ilmu penulisan karya ilmiah sebagai lndasan dalam melaksanakan praktik
pendidikan, menguasai teori, prinsip, dan prosedur dalam merancang karya
tulis
|
||||||||||||||||
M-4
|
Mampu
menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab
dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada
masyarakat akademik dan masyarakat luas;
|
||||||||||||||||
M-5
|
mampu
mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan
ilmupengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora berdasarkan kajian,analisis atau eksperimental terhadap informasi
dan data.
|
||||||||||||||||
M-6
|
Mampu
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks
pengembangan dan penulisan suatu karya ilmiah (jurnal ilmiah) menurut ilmu
yang diminati
|
||||||||||||||||
M-7
|
Mampu
merancang dan menyusun suatu paper atau makalah (jurnal) ilmiah dalam bidang
yang diminati berbasis data atau studi literatur menurut tata cara penulisan
ilmiah yang berlakuserta mencegah tindakan plagiasi.
|
||||||||||||||||
M-8
|
Memiliki
karakter sebagai warga negara (nasionalisme), sebagai insan beragama (iman
dan takwa) dan sebagai insan sosial (mampu bekerja sama)
|
||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||
Deskripsi Mata Kuliah
|
Mata
kuliah ini mempelajari tentang cara menarik informasi dari bacaan dan membuat
reproduksi berupa ringkasan, ikhtisar/abstrak dan sintetis serta menyusun
informasi di dalam sebuah makalah atau jurnal ilmiah dan menyusun, mengembangkan
serta menyajikan buah pikiran secara tertulis berbasis data primer/sekunder
ataupun studi literatur sesuai dengan kaidah penyusunan karya ilmiah
(manuskrip) yang berlaku.
|
||||||||||||||||
Materi Pembelajaran
|
1
|
Hakekat
Penulisan Karya Ilmiah
|
|||||||||||||||
2
|
Plagiarisme
|
||||||||||||||||
3
|
Tahap
Penyusuna Karya Ilmiah
|
||||||||||||||||
4
|
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
|
||||||||||||||||
5
|
Kaidah Umum Penulisan Karya Ilmiah
|
||||||||||||||||
6
|
Unsur Pokok Karangan Deskriptif, ekposisi dan
karangan ilmiah popular
|
||||||||||||||||
7
|
Unsur Pokok Makalah
|
||||||||||||||||
8
|
Unsur Pokok Artikel
|
||||||||||||||||
9
|
Unsur Pokok Laporan Ilmiah
|
||||||||||||||||
10
|
Tata Tulis Karya Ilmiah
|
||||||||||||||||
11
|
Teknik, alat, media dan metoda presentasi
|
||||||||||||||||
12
|
Analisis Karya Ilmiah
|
||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||
Pusataka
|
Utama
1. Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H.,
Moeliono, A. M.. (2000).Tata
Bahasa Baku Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka.
2. Aqib, H. Z. (2008). Karya Tulis Ilmiah bagi Pengembangan
Profesi Guru. Bandung: Yrama Widya.
3. Sudjana, N. (2008). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah,
Makalah-Skripsi-Tesisi-Disertasi.
4. Utorodewo, F. N.(2008). Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar
Penulisan Ilmiah.
Program
|
||||||||||||||||
Media/alat Pembelajaran
|
1. LCD
2. Laptop/PC
3. MS Office (software)
|
||||||||||||||||
Mata Kuliah Prasyarat
|
-
Download File Lengkapnya Nya Disini
Download RPP PAI KELAS 1 SD Semester 1 & 2
Download Proposal Permohonan Alat KesenianDownload RPP PAI KELAS 2 SD Semester 1&2 Download RPP PAI KELAS 3 SD Semester 1&2 Download RPP PAI KELAS 4 SD Semester 1&2 Download RPP PAI KELAS 5 SD Semester 1&2 Download RPP PAI KELAS 6 SD Semester 1&2 Download Proposal Pembangunan Bendungan Download Proposal Rehab Bangunan Mesjid Download Proposal Irigasi P3A Download Proposal Pencairan Ruang Guru Dan WC Siswa Download Proposal Pengadaan Alat Peraga Edukatif (APE) Proposal permohonan Bantuan Pinjaman ModalProposal REHABILITASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI Download Peraturan Desa Tentang APBDes Download Proposal Pencairan Dana Khusus non Fisik PAUD Download Surat Penggantian Stemple Untuk Bank Bjb Download Proposal Perohonan Bantuan Pinjaman Modal Download Kliping Bahasa Sunda Download Makalah Polemik Hukum Bagi Rakyat Indonesia Download Surat Pernyataan Bertaqwa kepada tuhan yang maha esa TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH ANGGI PN |
||||||||||||||||
Proses Pembelajaran
|
|||||||||||||||||
Minggu ke
|
Kemampuan akhir yang diharapkan
|
Bahan Kajian (materi)
|
Metode Pembelajaran
|
Waktu
|
Pengalaman Belajar Mahasiswa
|
Indikator dan Teknik penilaian
|
Bobot penilaian
|
||||||||||
1
|
Mahasiswa mendapatkan gambaran, tujuan, arah, dan sistem perkuliahan
melalui kontrak pembelajaran
|
Rencana pembelajaran semester dan kontrak pembelajaran
|
Ceramah, tanya jawab
|
100’
|
Menyimak dan mengamati tayangan RPS
|
-
|
-
|
||||||||||
2
|
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami makna dan
hakikat Hakekat Penulisan Karya Ilmiah
|
Hakekat Penulisan Karya Ilmiah
|
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil kemudian
melaporkan hasilnya secara tertulis.
|
100’
|
Tanya
jawab eksploratif tentang Hakekat Penulisan Karya Ilmiah
|
· Ketepatan
dalam menjelaskan Hakekat Penulisan Karya Ilmiah
Jenis penilaian
Sikap
Aktifitas diskusi
Tes Tulis
|
|
||||||||||
3
|
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Plagiarisme
|
Plagiarisme
|
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
secara tertulis.
|
100’
|
·
Mencari
informasi tentang Plagiarisme
·
Diskusi tentang Plagiarisme
|
·
Ketepatan dalam
menjelaskan Plagiarisme
Jenis penilaian
Sikap
Aktifitas diskusi
Tes Tulis
|
|
||||||||||
4
|
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Tahap
Penyusuna Karya Ilmiah
|
Tahap Penyusuna Karya Ilmiah
|
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
secara tertulis.
|
100’
|
·
Mencari
informasi tentang Tahap Penyusuna Karya Ilmiah
·
Diskusi tentang
Tahap Penyusuna Karya Ilmiah
|
·
Ketepatan dalam
menjelaskan Tahap Penyusuna Karya Ilmiah
Jenis penilaian
Sikap
Aktifitas diskusi
Tes Tulis
|
|
||||||||||
5
|
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Teknik
Penulisan Karya Ilmiah
|
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
|
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
secara tertulis.
|
100’
|
·
Mencari
informasi tentang Teknik Penulisan Karya Ilmiah
·
Diskusi tentang
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
|
·
Ketepatan dalam
menjelaskan Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Jenis penilaian
Sikap
Aktifitas diskusi
Tes Tulis
|
|
||||||||||
6-7
|
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Kaidah Umum
Penulisan Karya Ilmiah
|
Kaidah Umum Penulisan Karya Ilmiah: Paragraf,
Kalimat, Klausa, Frasa, Diksi, Ejaan, Tanda Baca
|
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
secara tertulis.
|
100’
|
·
Mencari
informasi tentang pengertian dan makna dari Strategi, pendekatan dan model
pembelajaran matematika di PAUD
·
Diskusi hingga
menemukan Strategi, pendekatan dan model pembelajaran matematika di PAUD
|
·
Ketepatan dalam
menjelaskan Kaidah Umum Penulisan Karya Ilmiah
Jenis penilaian
Sikap
Aktifitas diskusi
Tes Tulis
|
|
||||||||||
8
|
UTS
|
UTS
|
UTS
|
100
|
UTS
|
UTS
|
|
||||||||||
9
|
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Unsur Pokok
Karangan Deskriptif, ekposisi dan karangan ilmiah popular
|
Unsur Pokok Karangan Deskriptif, ekposisi dan
karangan ilmiah popular
|
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
secara tertulis.
|
100’
|
·
Mencari
informasi tentang Unsur Pokok Karangan
Deskriptif, ekposisi dan karangan ilmiah popular
·
Diskusi hingga
menemukan Unsur Pokok Karangan Deskriptif, ekposisi dan karangan ilmiah
popular
|
·
Ketepatan dalam
menjelaskaan dan mengidentifikasi Unsur Pokok Karangan Deskriptif, ekposisi
dan karangan ilmiah popular
Jenis penilaian
Sikap
Aktifitas diskusi
Tes Tulis
|
|
||||||||||
10
|
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Unsur Pokok
Makalah dan Unsur Pokok Artikel
|
·
Unsur Pokok
Makalah
·
Unsur Pokok
Artikel
|
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
secara tertulis.
|
100’
|
·
Mencari
informasi tentang Unsur Pokok Makalah
dan Unsur Pokok Artikel
·
Diskusi hingga
menemukan tekait Unsur Pokok Makalah dan Unsur Pokok Artikel
|
Ketepatan dalam menjelaskaan dan
mengidentifikasi terkait Unsur Pokok
Makalah dan Unsur Pokok Artikel
Jenis penilaian
Sikap
Aktifitas diskusi
Tes Tulis
|
|
||||||||||
11
|
Mahasiswa dapat Memahami Unsur Pokok Laporan Ilmiah
|
Unsur Pokok Laporan Ilmiah
|
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
secara tertulis.
|
100’
|
·
Mencari
informasi tentang Unsur Pokok Laporan Ilmiah
·
Diskusi tentang Unsur
Pokok Laporan Ilmiah
|
·
Ketepatan dalam
menjelaskan dan menganalisis Unsur Pokok Laporan Ilmiah
Jenis penilaian
Sikap
Aktifitas diskusi
Tes Tulis
|
|
||||||||||
12-13
|
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami tekait Tata
Tulis Karya Ilmiah
|
Tata Tulis Karya Ilmiah: Pengutipan, Daftar Pustaka,
|
Diskusi Kelompok
|
100’
|
·
Mencari
informasi tentang Rencana Kegiatan
Harian (RKH)
·
Diskusi tentang
Rencana Kegiatan Harian (RKH)
|
·
Ketepatan dalam
menjelaskan dan membuat Rencana Kegiatan Harian (RKH).
Jenis penilaian
Sikap
Aktifitas diskusi
Tes Tulis
|
|
||||||||||
14
|
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Teknik, alat, media
dan metoda presentasi
|
Teknik, alat, media dan metoda presentasi
|
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
secara tertulis.
|
100’
|
·
Mencari
informasi tentang Teknik, alat, media dan metoda presentasi
·
Diskusi tentang Teknik, alat, media
dan metoda presentasi.
|
·
Ketepatan dalam
menjelaskan, Teknik, alat, media dan metoda presentasi.
Jenis penilaian
Sikap
Aktifitas diskusi
Simulasi
|
|
||||||||||
15
|
Mahasiswa dapat menganalisis karya ilmiah
|
Analisis Karya Ilmiah
|
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya
secara tertulis.
|
100’
|
·
Mencari
informasi tentang Analisis Karya Ilmiah.
·
Diskusi tentang Analisis
Karya Ilmiah
|
·
Ketepatan dalam
menjelaskan dan menganalisis Analisis Karya Ilmiah
Jenis penilaian
Sikap
Aktifitas diskusi
Simulasi
|
|
Wednesday, December 25, 2019
TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH ANGGI PN
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment