Wednesday, December 25, 2019

TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH ANGGI PN

STAI_LOG
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) PUTERA GALUH CIAMIS
PROGRAM STUDI PIAUD

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH
KODE
Rumpun Mata Kuliah
Bobot (sks)
Semester
Tanggal Penyusunan
TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH


2
3

OTORISASI
Dosen Pengembang RPS
Ketua Prodi
Wakil Ketua I




Anggi Purwa Nugraha, M.Pd.
NIDN.  2105099301




HJ. Ani Herniawati, M.Pd
NIDK. 8841390019




Dr. H. Rahmat Hidayat, M.Pd
NIDK. 8824060017
Capaian Pembelajaran (CP)
CPL-PRODI
S7
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik
S8
Menunjukian sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S9
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
KU14
menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
P12
Menguasai konsep, teori dan prosedur pengembangan karya tulis ilmiah
CP-MK
M-1
Mengidentifikasi konsep, landasan filosofis penulisan karya ilmiah
M-2
Menjabarkan konsep, landasan filosofis penulisan karya ilmiah
M-3
Menguasai dasar ilmu penulisan karya ilmiah sebagai lndasan dalam melaksanakan praktik pendidikan, menguasai teori, prinsip, dan prosedur dalam merancang karya tulis
M-4
Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
M-5
mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmupengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian,analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
M-6
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan dan penulisan suatu karya ilmiah (jurnal ilmiah) menurut ilmu yang diminati
M-7
Mampu merancang dan menyusun suatu paper atau makalah (jurnal) ilmiah dalam bidang yang diminati berbasis data atau studi literatur menurut tata cara penulisan ilmiah yang berlakuserta mencegah tindakan plagiasi.
M-8
Memiliki karakter sebagai warga negara (nasionalisme), sebagai insan beragama (iman dan takwa) dan sebagai insan sosial (mampu bekerja sama)

Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mempelajari tentang cara menarik informasi dari bacaan dan membuat reproduksi berupa ringkasan, ikhtisar/abstrak dan sintetis serta menyusun informasi di dalam sebuah makalah atau jurnal ilmiah dan menyusun, mengembangkan serta menyajikan buah pikiran secara tertulis berbasis data primer/sekunder ataupun studi literatur sesuai dengan kaidah penyusunan karya ilmiah (manuskrip) yang berlaku.

Materi Pembelajaran
1
Hakekat Penulisan Karya Ilmiah
2
Plagiarisme
3
Tahap Penyusuna Karya Ilmiah
4
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
5
Kaidah Umum Penulisan Karya Ilmiah
6
Unsur Pokok Karangan Deskriptif, ekposisi dan karangan ilmiah popular
7
Unsur Pokok Makalah
8
Unsur Pokok Artikel
9
Unsur Pokok Laporan Ilmiah
10
Tata Tulis Karya Ilmiah
11
Teknik, alat, media dan metoda presentasi
12
Analisis Karya Ilmiah




Pusataka
Utama
1.    Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., Moeliono, A. M.. (2000).Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
2.    Aqib, H. Z. (2008). Karya Tulis Ilmiah bagi Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Yrama Widya.
3.    Sudjana, N. (2008). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah, Makalah-Skripsi-Tesisi-Disertasi.
4.    Utorodewo, F. N.(2008). Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Penulisan Ilmiah. Program


Media/alat Pembelajaran
1.      LCD
2.      Laptop/PC
3.      MS Office (software)

Mata Kuliah Prasyarat
-

Download File Lengkapnya Nya Disini

Download Proposal Permohonan Alat Kesenian
Download Proposal Rehab Bangunan Mesjid
Download Proposal Irigasi P3A
Download Proposal Pencairan Ruang Guru Dan WC Siswa

Download Proposal Pengadaan Alat Peraga Edukatif (APE)
Proposal permohonan Bantuan Pinjaman ModalProposal REHABILITASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI
Download Peraturan Desa Tentang APBDes
Download Proposal Pencairan Dana Khusus non Fisik PAUD
Download Surat Penggantian Stemple Untuk Bank Bjb   
 Download Proposal Perohonan Bantuan Pinjaman Modal
Download Kliping Bahasa Sunda
Download Makalah Polemik Hukum Bagi Rakyat Indonesia  
Download Surat Pernyataan Bertaqwa kepada tuhan yang maha esa 
TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH ANGGI PN



Proses Pembelajaran
Minggu ke
Kemampuan akhir yang diharapkan
Bahan Kajian (materi)
Metode Pembelajaran
Waktu
Pengalaman Belajar Mahasiswa
Indikator dan Teknik penilaian
Bobot penilaian
1
Mahasiswa mendapatkan gambaran, tujuan, arah, dan sistem perkuliahan melalui kontrak pembelajaran
Rencana pembelajaran semester dan kontrak pembelajaran
Ceramah, tanya jawab
100’
Menyimak dan mengamati tayangan RPS
-
-
2
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami makna dan hakikat Hakekat Penulisan Karya Ilmiah
Hakekat Penulisan Karya Ilmiah
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil kemudian melaporkan hasilnya secara tertulis.
100’
Tanya jawab eksploratif tentang Hakekat Penulisan Karya Ilmiah

·   Ketepatan dalam menjelaskan Hakekat Penulisan Karya Ilmiah
Jenis penilaian
 Sikap
 Aktifitas diskusi
 Tes Tulis


3
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Plagiarisme
Plagiarisme
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya secara tertulis.
100’
·   Mencari informasi tentang Plagiarisme
·   Diskusi tentang Plagiarisme
·   Ketepatan dalam menjelaskan Plagiarisme

Jenis penilaian
 Sikap
 Aktifitas diskusi
 Tes Tulis


4
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Tahap Penyusuna Karya Ilmiah
Tahap Penyusuna Karya Ilmiah
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya secara tertulis.
100’
·   Mencari informasi tentang Tahap Penyusuna Karya Ilmiah
·   Diskusi tentang Tahap Penyusuna Karya Ilmiah
·   Ketepatan dalam menjelaskan Tahap Penyusuna Karya Ilmiah
Jenis penilaian
 Sikap
 Aktifitas diskusi
 Tes Tulis


5
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya secara tertulis.
100’
·   Mencari informasi tentang Teknik Penulisan Karya Ilmiah
·   Diskusi tentang Teknik Penulisan Karya Ilmiah
·   Ketepatan dalam menjelaskan Teknik Penulisan Karya Ilmiah

Jenis penilaian
 Sikap
 Aktifitas diskusi
 Tes Tulis


6-7
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Kaidah Umum Penulisan Karya Ilmiah
Kaidah Umum Penulisan Karya Ilmiah: Paragraf, Kalimat, Klausa, Frasa, Diksi, Ejaan, Tanda Baca
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya secara tertulis.
100’
·   Mencari informasi tentang pengertian dan makna dari Strategi, pendekatan dan model pembelajaran matematika di PAUD
·   Diskusi hingga menemukan Strategi, pendekatan dan model pembelajaran matematika di PAUD
·   Ketepatan dalam menjelaskan Kaidah Umum Penulisan Karya Ilmiah
Jenis penilaian
 Sikap
 Aktifitas diskusi
 Tes Tulis


8
UTS
UTS
UTS
100
UTS
UTS

9
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Unsur Pokok Karangan Deskriptif, ekposisi dan karangan ilmiah popular
Unsur Pokok Karangan Deskriptif, ekposisi dan karangan ilmiah popular
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya secara tertulis.
100’
·   Mencari informasi tentang  Unsur Pokok Karangan Deskriptif, ekposisi dan karangan ilmiah popular
·   Diskusi hingga menemukan Unsur Pokok Karangan Deskriptif, ekposisi dan karangan ilmiah popular
·   Ketepatan dalam menjelaskaan dan mengidentifikasi Unsur Pokok Karangan Deskriptif, ekposisi dan karangan ilmiah popular

Jenis penilaian
 Sikap
 Aktifitas diskusi
 Tes Tulis


10
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Unsur Pokok Makalah dan Unsur Pokok Artikel
·   Unsur Pokok Makalah
·   Unsur Pokok Artikel

Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya secara tertulis.
100’
·   Mencari informasi tentang  Unsur Pokok Makalah dan Unsur Pokok Artikel
·   Diskusi hingga menemukan tekait Unsur Pokok Makalah dan Unsur Pokok Artikel
Ketepatan dalam menjelaskaan dan mengidentifikasi terkait  Unsur Pokok Makalah dan Unsur Pokok Artikel
Jenis penilaian
 Sikap
 Aktifitas diskusi
 Tes Tulis


11
Mahasiswa dapat Memahami Unsur Pokok Laporan Ilmiah
Unsur Pokok Laporan Ilmiah
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya secara tertulis.
100’
·   Mencari informasi tentang Unsur Pokok Laporan Ilmiah
·   Diskusi tentang Unsur Pokok Laporan Ilmiah
·   Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis Unsur Pokok Laporan Ilmiah

Jenis penilaian
 Sikap
 Aktifitas diskusi
 Tes Tulis


12-13
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami tekait Tata Tulis Karya Ilmiah
Tata Tulis Karya Ilmiah: Pengutipan, Daftar Pustaka,
Diskusi Kelompok
100’
·   Mencari informasi tentang  Rencana Kegiatan Harian (RKH) 
·   Diskusi tentang Rencana Kegiatan Harian (RKH)
·   Ketepatan dalam menjelaskan dan membuat Rencana Kegiatan Harian (RKH).

Jenis penilaian
 Sikap
 Aktifitas diskusi
 Tes Tulis


14
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Teknik, alat, media dan metoda presentasi
Teknik, alat, media dan metoda presentasi
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya secara tertulis.
100’
·   Mencari informasi tentang Teknik, alat, media dan metoda presentasi
·   Diskusi tentang Teknik, alat, media dan metoda presentasi.
·   Ketepatan dalam menjelaskan, Teknik, alat, media dan metoda presentasi.

Jenis penilaian
 Sikap
 Aktifitas diskusi
 Simulasi

15
Mahasiswa dapat menganalisis karya ilmiah
Analisis Karya Ilmiah







 
Ceramah interaktif, Diskusi kelompok kecil
dan Diskusi kelas kemudian melaporkan hasilnya secara tertulis.
100’
·   Mencari informasi tentang Analisis Karya Ilmiah.
·   Diskusi tentang Analisis Karya Ilmiah
·   Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis Analisis Karya Ilmiah

Jenis penilaian
 Sikap
 Aktifitas diskusi
 Simulasi


No comments:

Post a Comment