Tuesday, January 9, 2018

BAB I PROGRAM KERJA SEKOLAH DASAR



BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Kinerja Kepala Sekolah pada umumnya sangat tergantung pada petunjuk atasan bersifat komando sentralistik bukan inisiatif, inspiratif dari bahwa, hal ini berdampak terbelenggunya kredibilitas kinerja kepala sekolah dan guru-guru bahkan semua implementasi pendukung sistem sentralistik yang mengendepankan distribusi informasi dan instruksi atas, bahwa disadari atau sudah terpola kuat dan mengakar dari dulu hingga sekarang pada semua lini pendidikan. Ironis memang suatu gagasan ideal yang baik apapun bentuknya ternyata sering kali harus diterjang dengan birokrasi pendidikan yang cenderung hirarkis dan senantiasa di mobilisir.
Tak terkecuali guru-guru sebagai penata keberhasilan pendidikan, juga tergantung pada kebijaksanaan atasann, disamping itu guru kerap kali masuk memegang sebagai dewa sumber pengetahuan satu-satunya guru merasa lebih baik dari segala-galanya sehingga tanpa berinovasi dan berkreativitas sehingga pelajaran bersifat konvensional.
Tanggungjawab guru dalam pengelolaan kelas beragam ada yang statis dan dinamis kompetitif baik antar Kepala Sekolah, Guru maupun siswa bersifat fungsional sekedar melakukan tugas keguruan belaka mereka terjebak dalam rutinitas kebiasaan kerja tidak ada perbedaan hari ini dan hari esok tidak ada pertambahan perkembangan.
Guru yang dinamis berkompetitif selalu mengikuti pembaruan. Subur memberi motivasi antar guru, siswa menuju pada prestasi dan kemajuan yang harus dicapai mengikuti perkembangan teknologi yang ada selalu siap menghadapi tantangan ini tahu hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.
Demikian pula terhadap pengelolaan yang lain pembelajaran monoton, mencatat, ceramah tugas administrasi kurang tertib, kurang memberi bimbingan belajar yang baik pada siswa, tanggungjawab rendah hanya mengajar tidak mendidik.
Wali murid beragam dengan prosentase buruh, pedagang kecil mencapai yang tertinggi, pendidikan wali murid prosentase tertinggi lulusan SD dan SMP merupakan salah penyebab kurangnya menyambut putra putrinya belajar, tenaga dan pikirannya banyak digunakan mencari nafkah disaat materi cukup digunakan untuk konsumtif, sehingga tetap mengesampingkan pendidikan, mengapa? Karena kurangnya sosialisasi pendidikan sebagai peradaban bangsa maupun aset kekuatan sosial.
Sebagian besar tidak memenuhi kebutuhan pendidikan siswa material maupun spiritual. Orang tua keberatan membiayai sarana belajar sudah diserahkan pada gurunya disekolah padahal pendidikan merupakan tanggungjawab bersama orang tua, guru dan masyarakat. Guru berinteraksi bersama murid orang tua seiring, sejalan untuk mencapai tujuan  yang diharapkan.
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan lancarnya penyelenggaraan pendidikan khususnya di Sekolah Dasar, dipandang perlu membuat program kerja yang disebut dengan Program Kerja Tahunan. Sebagai Kepala Sekolah penyusun program ini untuk dijadikan pedoman agar dalam pelaksanaan kerja setahun kedepan, agar berjalan lancar dan mencapai hasil yang sebaik-baiknya.
B.   Landasan Program
1.    Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 060/U/1993 Tanggal 23 Tentang Kurikulum Pendidikan Dasar.
2.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2009 Tanggal 4 Maret 2009
3.    UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional SK MENPAN RI 004/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.
4.    Kalender Pendidikan Sekolah Dasar Negeri 1 Karangpaningal.
5.    Program Pendidikan SD Negerio 1 Karangpaningal.
6.    Rapat Komite Sekolah pada tanggal      Juli 2017 tentang Rencana Kerja kepala SDN 1 Karangpaningal.



C.   Tujuan
1.    Tujuan Umum
Tujuan penyusunan program ini adalah pengembangan sekolah yang mengacu pada pencapaian tujuan Pendidikan Nasional yang ditetapkan oleh GBHN sesuai dengan UU Sikdiknas.
2.    Tujuan Khusus
Lembaga Pendidikan Dasar mempunyai garapan yang fundamental, yaitu : untuk mendapatkan perhatian khusus dan serius dalam menciptakan generasi yang memiliki SDM yang tangguh dalam mengikuti perkembangan IPTEK maupun IMTAQ. Kepala Sekolah beserta jajaran lainnya melalui program MBS, dengan Pilar PAIKEM serta penggunaan kurikulum Tahun 2006 yang dikenal KTSP, memiliki komitmen menjadi pelajaran yang optimal dan akuntabel terhadap mesyarakat serta tercapainya peningkatan mutu pendidikan dasar.
Adapun Tujuan Khusus penyusunan program ini adalah :
a.    Meningkatkan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar, pendidik, pelatih, dan pembimbing.
b.    Memaksimalkan proses PAIKEM yang berkarakter serta memperoleh nilai rata-rata seluruh mata pelajaran sebesar 75.
c.    Memaksinalkan pembelajaran siswa Kelas VI lulus 100% dengan rata-rata 8.00.
d.    Memaksimalkan program kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler.
e.    Meningkatkan prestasi siswa dibidang akademik, non akademik.
f.     Meningkatkan peningkatan mutu melalui IPTEK dan IMTAQ.
g.    Memaksimalkan program MBS.
h.    Mengutamakan unggul dalam prestasi santun dalam sikap yang berkarakter bangsa.
i.      Melaksanakan pembiasaan.
j.      Melaksanakan pendidikan lingkungan hidup.
k.    Terciptanya pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.
l.      Meningkatkan sarana dan prasarana serta lingkungan bersih, sehat, indah dan kondusif.
m.  Meningkatkan pelayanan pada siswa masyarakat dengan program sekolah gratis.
n.    Memaksimalkan peran serta masyarakat untuk menuju tercapainya peningkatan mutu dan tujuan pendidikan umum maupun sekolah.
3.    Tujuan Jangka Pendek 1 Tahun
a.    Melaksanakan pembelajaran yang berkarakter bangsa
b.    Melaksanakan pendidikan lingkungan hidup
c.    Melaksanakan pembiasaan
d.    Kesadaran mematuhi peraturan tata tertib sekolah.
e.    Memaksimalkan disiplin guru dan murid dalam proses pendidikan di sekolah.
f.     Penanganan khusus siswa yang lambat membaca, menulis berhitung.
g.    Memaksimalkan PAIKEM.
h.    Membudidayakan berbahasa Indonesia setiap hari.
i.      Membudidayakan membaca perpustakaan setiap hari sabtu jam terakhir.
j.      Membudidayakan bahasa Inggris setiap minggu 1 jam pelajaran.
k.    Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan membiasakan Shalat Dzuhur berjamaah, membaca Al Qur’an surat-surat pendek bersama kelas I-VI setiap Jum’at ke I dan ke IV.
4.    Persiapan Siswa Berprestasi
a.    Memberikan tambahan pelajaran setiap guru pada sore hari.
b.    Mengadakan seleksi MIPA setiap 3 bulan.
c.    Mengadakan lomba mengarang Bahasa Indonesia setiap 3 bulan siswa Kelas I-VI.
d.    Mengadakan lomba menggambar Kelas IV-VI setiap semester
e.    Mengadakan lomba pidato, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris setiap semester.
f.     Mengadakan loma mewarnai Kelas I-III tiap semester.
g.    Mengadakan lomba menulis kaligrafi, membaca/tartil Al-Qur’an setiap Hari Besar Islam.
h.    Mengadakan pameran hasil karya pendidikan setiap tahun sekali.
5.    Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
a.    Kurikulum 2006
No
Mata Pelajaran
Kelas
I
II
III
IV
V
VI
1
Pendidikan Agama Islam






2
Pendidikan Kewarganegaraan






3
Bahasa Indonesia






4
Matematika






5
Ilmu Pengetahuan Alam






6
Ilmu Pengetahuan Sosial






7
Seni Budaya dan Keterampilan






8
Penjas dan Orkes






9
Mulok :






Wajib : 1. Bahasa Sunda






2. PLH






Pilihan 1 : Karawitan






Pilihan 2 : Bahasa Inggris













No comments:

Post a Comment