BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kinerja Kepala Sekolah pada umumnya sangat tergantung pada
petunjuk atasan bersifat komando sentralistik bukan inisiatif, inspiratif dari
bahwa, hal ini berdampak terbelenggunya kredibilitas kinerja kepala sekolah dan
guru-guru bahkan semua implementasi pendukung sistem sentralistik yang
mengendepankan distribusi informasi dan instruksi atas, bahwa disadari atau
sudah terpola kuat dan mengakar dari dulu hingga sekarang pada semua lini
pendidikan. Ironis memang suatu gagasan ideal yang baik apapun bentuknya
ternyata sering kali harus diterjang dengan birokrasi pendidikan yang cenderung
hirarkis dan senantiasa di mobilisir.
Tak terkecuali guru-guru sebagai penata keberhasilan
pendidikan, juga tergantung pada kebijaksanaan atasann, disamping itu guru
kerap kali masuk memegang sebagai dewa sumber pengetahuan satu-satunya guru
merasa lebih baik dari segala-galanya sehingga tanpa berinovasi dan berkreativitas
sehingga pelajaran bersifat konvensional.
Tanggungjawab guru dalam pengelolaan kelas beragam ada yang
statis dan dinamis kompetitif baik antar Kepala Sekolah, Guru maupun siswa
bersifat fungsional sekedar melakukan tugas keguruan belaka mereka terjebak
dalam rutinitas kebiasaan kerja tidak ada perbedaan hari ini dan hari esok
tidak ada pertambahan perkembangan.
Guru yang dinamis berkompetitif selalu mengikuti pembaruan.
Subur memberi motivasi antar guru, siswa menuju pada prestasi dan kemajuan yang
harus dicapai mengikuti perkembangan teknologi yang ada selalu siap menghadapi
tantangan ini tahu hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.
Demikian pula terhadap pengelolaan yang lain pembelajaran
monoton, mencatat, ceramah tugas administrasi kurang tertib, kurang memberi
bimbingan belajar yang baik pada siswa, tanggungjawab rendah hanya mengajar
tidak mendidik.
Wali murid beragam dengan prosentase buruh, pedagang kecil
mencapai yang tertinggi, pendidikan wali murid prosentase tertinggi lulusan SD
dan SMP merupakan salah penyebab kurangnya menyambut putra putrinya belajar,
tenaga dan pikirannya banyak digunakan mencari nafkah disaat materi cukup
digunakan untuk konsumtif, sehingga tetap mengesampingkan pendidikan, mengapa?
Karena kurangnya sosialisasi pendidikan sebagai peradaban bangsa maupun aset
kekuatan sosial.
Sebagian besar tidak memenuhi kebutuhan pendidikan siswa material
maupun spiritual. Orang tua keberatan membiayai sarana belajar sudah diserahkan
pada gurunya disekolah padahal pendidikan merupakan tanggungjawab bersama orang
tua, guru dan masyarakat. Guru berinteraksi bersama murid orang tua seiring,
sejalan untuk mencapai tujuan yang
diharapkan.
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan lancarnya
penyelenggaraan pendidikan khususnya di Sekolah Dasar, dipandang perlu membuat
program kerja yang disebut dengan Program Kerja Tahunan. Sebagai Kepala Sekolah
penyusun program ini untuk dijadikan pedoman agar dalam pelaksanaan kerja
setahun kedepan, agar berjalan lancar dan mencapai hasil yang sebaik-baiknya.
Download Juga File lainnya :
Proposal Pencairan 1
Proposal Pencairan 2
Proposal Pencairan 3
Proposal Pencairan 4
Proposal Pencairan 5
Proposal Pencairan 6
Proposal Pencairan 7
Proposal Pencairan Meubeler
Proposal Pencairan Gor
Proposal Pencairan Kinerja
Proposal Pencairan BBGRM
Download PROPOSAL PEMBANGUNAN RUANGAN BELAJAR YAYASAN
Download Surat Pernyataan Jual Beli Tanah
Download Laporan Pertanggung Jawaban
Dowload Silabus Pembelajaran SMA
Download Laporan Kegiatan PKK
Panduan Acara Pernikahan
DOWNLOAD LAPORAN KEGIATAN PELAYANAN DI POSYANDU
Panduan Acara Pernikahan
DOWNLOAD LAPORAN KEGIATAN PELAYANAN DI POSYANDU
Download LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
Download Proposal Bumdes
PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN DANA PEMBANGUNAN RUANG KELAS
Download Makalah :
Download Makalah Uang
Download Makalah Sumber Hukum Islam
Download Makalah Pembuatan Tempe
Proposal Pencairan 1
Proposal Pencairan 2
Proposal Pencairan 3
Proposal Pencairan 4
Proposal Pencairan 5
Proposal Pencairan 6
Proposal Pencairan 7
Proposal Pencairan Meubeler
Proposal Pencairan Gor
Proposal Pencairan Kinerja
Proposal Pencairan BBGRM
Download PROPOSAL PEMBANGUNAN RUANGAN BELAJAR YAYASAN
Download Surat Pernyataan Jual Beli Tanah
Download Laporan Pertanggung Jawaban
Dowload Silabus Pembelajaran SMA
Download Laporan Kegiatan PKK
Panduan Acara Pernikahan
DOWNLOAD LAPORAN KEGIATAN PELAYANAN DI POSYANDU
Panduan Acara Pernikahan
DOWNLOAD LAPORAN KEGIATAN PELAYANAN DI POSYANDU
Download LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
Download Proposal Bumdes
PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN DANA PEMBANGUNAN RUANG KELAS
Download Makalah :
Download Makalah Uang
Download Makalah Sumber Hukum Islam
Download Makalah Pembuatan Tempe
B.
Landasan Program
1. Keputusan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor : 060/U/1993 Tanggal 23 Tentang Kurikulum Pendidikan Dasar.
2. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 11 Tahun 2009 Tanggal 4 Maret 2009
3. UU RI No. 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional SK MENPAN RI 004/2002 tentang Dewan
Pendidikan dan Komite Sekolah.
4. Kalender Pendidikan Sekolah
Dasar Negeri 1 Karangpaningal.
5. Program Pendidikan SD Negerio
1 Karangpaningal.
6. Rapat Komite Sekolah pada
tanggal Juli 2017 tentang Rencana
Kerja kepala SDN 1 Karangpaningal.
C.
Tujuan
1.
Tujuan Umum
Tujuan penyusunan program ini adalah pengembangan sekolah
yang mengacu pada pencapaian tujuan Pendidikan Nasional yang ditetapkan oleh
GBHN sesuai dengan UU Sikdiknas.
2.
Tujuan Khusus
Lembaga Pendidikan Dasar mempunyai garapan yang
fundamental, yaitu : untuk mendapatkan perhatian khusus dan serius dalam
menciptakan generasi yang memiliki SDM yang tangguh dalam mengikuti
perkembangan IPTEK maupun IMTAQ. Kepala Sekolah beserta jajaran lainnya melalui
program MBS, dengan Pilar PAIKEM serta penggunaan kurikulum Tahun 2006 yang
dikenal KTSP, memiliki komitmen menjadi pelajaran yang optimal dan akuntabel
terhadap mesyarakat serta tercapainya peningkatan mutu pendidikan dasar.
Adapun
Tujuan Khusus penyusunan program ini adalah :
a. Meningkatkan kemampuan
profesional guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar, pendidik,
pelatih, dan pembimbing.
b. Memaksimalkan proses PAIKEM
yang berkarakter serta memperoleh nilai rata-rata seluruh mata pelajaran sebesar
75.
c. Memaksinalkan pembelajaran
siswa Kelas VI lulus 100% dengan rata-rata 8.00.
d. Memaksimalkan program kegiatan
intrakulikuler dan ekstrakulikuler.
e. Meningkatkan prestasi siswa
dibidang akademik, non akademik.
f. Meningkatkan peningkatan mutu
melalui IPTEK dan IMTAQ.
g. Memaksimalkan program MBS.
h. Mengutamakan unggul dalam
prestasi santun dalam sikap yang berkarakter bangsa.
i. Melaksanakan pembiasaan.
j. Melaksanakan pendidikan
lingkungan hidup.
k. Terciptanya pengelolaan
keuangan yang transparan dan akuntabel.
l. Meningkatkan sarana dan
prasarana serta lingkungan bersih, sehat, indah dan kondusif.
m. Meningkatkan pelayanan pada
siswa masyarakat dengan program sekolah gratis.
n. Memaksimalkan peran serta
masyarakat untuk menuju tercapainya peningkatan mutu dan tujuan pendidikan umum
maupun sekolah.
3.
Tujuan Jangka Pendek 1 Tahun
a. Melaksanakan pembelajaran yang
berkarakter bangsa
b. Melaksanakan pendidikan
lingkungan hidup
c. Melaksanakan pembiasaan
d. Kesadaran mematuhi peraturan
tata tertib sekolah.
e. Memaksimalkan disiplin guru
dan murid dalam proses pendidikan di sekolah.
f. Penanganan khusus siswa yang
lambat membaca, menulis berhitung.
g. Memaksimalkan PAIKEM.
h. Membudidayakan berbahasa
Indonesia setiap hari.
i. Membudidayakan membaca
perpustakaan setiap hari sabtu jam terakhir.
j. Membudidayakan bahasa Inggris
setiap minggu 1 jam pelajaran.
k. Meningkatkan keimanan dan
ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan membiasakan Shalat Dzuhur
berjamaah, membaca Al Qur’an surat-surat pendek bersama kelas I-VI setiap
Jum’at ke I dan ke IV.
4.
Persiapan Siswa Berprestasi
a. Memberikan tambahan pelajaran
setiap guru pada sore hari.
b. Mengadakan seleksi MIPA setiap
3 bulan.
c. Mengadakan lomba mengarang
Bahasa Indonesia setiap 3 bulan siswa Kelas I-VI.
d. Mengadakan lomba menggambar
Kelas IV-VI setiap semester
e. Mengadakan lomba pidato,
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris setiap semester.
f. Mengadakan loma mewarnai Kelas
I-III tiap semester.
g. Mengadakan lomba menulis
kaligrafi, membaca/tartil Al-Qur’an setiap Hari Besar Islam.
h. Mengadakan pameran hasil karya
pendidikan setiap tahun sekali.
5.
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
a.
Kurikulum 2006
No
|
Mata Pelajaran
|
Kelas
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
1
|
Pendidikan Agama Islam
|
||||||
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
||||||
3
|
Bahasa Indonesia
|
||||||
4
|
Matematika
|
||||||
5
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
||||||
6
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
||||||
7
|
Seni Budaya dan Keterampilan
|
||||||
8
|
Penjas dan Orkes
|
||||||
9
|
Mulok :
|
||||||
Wajib : 1. Bahasa Sunda
|
|||||||
2.
PLH
|
|||||||
Pilihan 1 : Karawitan
|
|||||||
Pilihan 2 : Bahasa Inggris
|
No comments:
Post a Comment